Menulis

Syarat Jadi Penyiar Radio

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Penyiar Radio
Penyiar Radio adalah seorang entertainer sekaligus reporter. Ia menghibur pendengarnya, sekaligus memberi pendengar pengetahuan, wawasan, dan informasi baru. Broadcaster kenamaan dari Amerika, Larry King, mengatakan, setiap kali ia masuk ruang siaran, maka yang dipikirkannya adalah "to entertain" dan "to inform", menghibur dan menyampaikan informasi.

Artinya, penyiar harus punya jiwa penghibur, termasuk humoris, juga berwawasan luas. Biar berwawasan luas, penyiar radio harus banyak banya biar banyak tahu dan lebih dulu tahu ketimbang pendengar. Penyiar radio yang jarang baca, siarannya akan "garing", kering pengetahuan, dan tampak "blo-on"!

Bagaimana dengan suara? Tentu saja, memiliki suara bagus atau "suara emas" (golden voice) adalah syarat utama penyiar radio. Suara bagus berasal dari "suara standar", lalu dibentuk oleh Teknik Vokal dan Teknik Pernapasan yang baik.

Syarat Jadi Penyiar Radio

Berikut ini syarat jadi penyiar radio selengkapnya.
1. Memiliki kualitas suara standar
2. Humoris
3. Berwawasan luas
4. Menguasai teknik vokal
5. Menguasai teknik pernapasan
6. Memahami dunia radio
7. Menguasai peralatan siaran radio
8. Ceria!
9. Pandai bergaul, supel
10. Bisa bekerja sama dengan tim (orang lain)
11. Good looking!

Good looking? Iya, good looking jadi syarat menjadi penyiar juga, tapi sengaja ditempatkan di nomor terakhir karena "penampakan penyiar radio" tidak terlalu penting. Toh pendengar gak bisa melihat dia, kecuali kalo pendengar datang ke studio.

Good looking masuk syarat juga, karena jangan sampai terjadi "Suara Mendayu Wajah Menipu", he he... Pizzzzz ah!!!! Wasalam.

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Syarat Jadi Penyiar Radio"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.