October 31, 2013

Syarat Jadi Penyiar Radio

By Romeltea | Published: October 31, 2013

Penyiar Radio
Penyiar Radio adalah seorang entertainer sekaligus reporter. Ia menghibur pendengarnya, sekaligus memberi pendengar pengetahuan, wawasan, dan informasi baru. Broadcaster kenamaan dari Amerika, Larry King, mengatakan, setiap kali ia masuk ruang siaran, maka yang dipikirkannya adalah "to entertain" dan "to inform", menghibur dan menyampaikan informasi.

Artinya, penyiar harus punya jiwa penghibur, termasuk humoris, juga berwawasan luas. Biar berwawasan luas, penyiar radio harus banyak banya biar banyak tahu dan lebih dulu tahu ketimbang pendengar. Penyiar radio yang jarang baca, siarannya akan "garing", kering pengetahuan, dan tampak "blo-on"!

Bagaimana dengan suara? Tentu saja, memiliki suara bagus atau "suara emas" (golden voice) adalah syarat utama penyiar radio. Suara bagus berasal dari "suara standar", lalu dibentuk oleh Teknik Vokal dan Teknik Pernapasan yang baik.

Syarat Jadi Penyiar Radio

Berikut ini syarat jadi penyiar radio selengkapnya.
1. Memiliki kualitas suara standar
2. Humoris
3. Berwawasan luas
4. Menguasai teknik vokal
5. Menguasai teknik pernapasan
6. Memahami dunia radio
7. Menguasai peralatan siaran radio
8. Ceria!
9. Pandai bergaul, supel
10. Bisa bekerja sama dengan tim (orang lain)
11. Good looking!

Good looking? Iya, good looking jadi syarat menjadi penyiar juga, tapi sengaja ditempatkan di nomor terakhir karena "penampakan penyiar radio" tidak terlalu penting. Toh pendengar gak bisa melihat dia, kecuali kalo pendengar datang ke studio.

Good looking masuk syarat juga, karena jangan sampai terjadi "Suara Mendayu Wajah Menipu", he he... Pizzzzz ah!!!! Wasalam.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Syarat Jadi Penyiar Radio

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *