Menulis

Tiga Daya Tarik Radio

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

radio
Daya tarik radio adalah hal yang menarik dari radio sehingga radio didengarkan oleh masyarakat. Menurut romeltea.com, minimal ada tiga hal yang menjadi alasan pendengar mendengarkan sebuah radio. Jika salah satunya tidak ada, maka radio itu tidak akan didengarkan alias dicuekin!

Tiga daya tarik radio menurut blog romeltea itu adalah:
1. Lagu
2. Penyiar
3. Informasi

Dari tigal alasan mendengarkan radio itu, salah satunya harus bagus. Kalau ketiganya bagua, mantap banget! Kalau jelek semuanya.........? Habislah riwayat radio itu. Bagaimana tidak bangkrut, kalo lagu jelek, penyiar jelek (siarannya jelek maksudnya), dan informasinya juga tidak aktual dan tidak menarik?

LAGU
Mendengarkan lagu adalah alasan utama mayoritas pendengar menyalahan radio mereka. Lagu memang identik dengan radio. Radio identik dengan musik. Radio gudangnya lagu. Jadi, kalo masyarakat ingin dengerin lagu, ya pastinya setel radio selain memutar lagu sendiri di HP atau di Komputernya (pasti hasil bajakan atau download ilegal tuh, wkwkwk....!)

Jadi, radio harus memutarkan lagu yang enak, lagu hits, jika ingin didengarkan radio. Ada triknya lho dalam menyusun list lagu untuk diputar. Mau tau? Stay tune di blog ini ^_^

PENYIAR
Kalau lagunya jelek, baik jelek karena kualitas audio maupun memang "gak enakeun", maka penyiarnya harus bagus, artinya gaya siarannya harus menarik, memikat, memukai, mengesankan, bikin gemes dan gregetan pendengar!

Penyiar yang baik harus bersuata baik, teknik vokal baik, teknik pernapasan baik, dan bersikap baik juga --istilahnya  "on air attitude"-nya harys OK! Ramah, friendly, hangat, bersahabat, ceria, de el el.

INFORMASI
Kalau lagu jelek, penyiar juga jelek siarannya, maka minimal informasinya bagus deh! Aktual! Penting! Coba aja, kalau ada acara penting, lalu tidak disiarkan TV, tapi disiarkan radio, maka pastinya radio itu didengarkan banyak orang! Gak ada pilihan 'kan?

Pendengar juga butuh informasi, butuh menambah wawasan, makanya orang radio juga harus berwawasan dan bisa menyebarkan informasi, baik berupa acara khusus berita, maupun berita di sela-sela siaran, misalnya "News Insert" atau ada "Breaking News" gitu deh.

Ok, sekian dulu share admin tentang Tiga Daya Tarik Radio yang menjadi alasan pendengar mau mendengarkan radio kita.*


Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Tiga Daya Tarik Radio"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.