November 2, 2013

Enam Tipe Pembicara (Public Speaking)

By Romeltea | Published: November 2, 2013

Dalam literatur Public Speaking ada tipe- tipe pembicara yang diklasifikasikan menjadi enam tipe pembicara:

1. Penghindar. Orang yang selalu menghindar, selalu berusaha dengan segala cara untuk tidak perlu berbicara di depan orang lain.

2. Panik. rang yang akan panik apabila di minta untuk berbicara di depan umum. Mereka berbicara dengan gagap, berkeringat, kemudian terdiam cukup lama dan lupa terhadap apa yang akan disampaikan.

3. Penerima. Mau saja berbicara di depan umum, tapi tanpa gairah.

4. Pencari. Selalu mencari tantangan dan menghargai setiap kesempatan berbicara. Mereka akan membangun kemampuan mereka berbicara di depan umum.

5. Pembicara publik (Public Speaker) berkualitas tinggi. Pembicara seperti ini biasa disebut pakar karena sudah berpengalaman. Mereka bisa datang dari kalangan politisi, akadenisi atau selebritas. Mereka kerap diminta untuk berbicara dan selalu siap.

6. Pembicara public yang piawai. Umumnya adalah pakar pada bidang masing-masing. Dari kalangan ahli teknik, ahli kedokteran, atau ahli komputer, atau ahli di bidang lainnya pasti ada tokoh yang biasa tampil sebagai pembicara publik untuk bidangnya bahkan melebarkan sayap dan berbicara di bidang umum.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Enam Tipe Pembicara (Public Speaking)

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *