Custom Domain Blogger

Pengertian Public Speaking

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Public Speaking adalah aktivitas berbicara di depan umum. Webster’s Third New International Dictionary memberikan pengertian Public Speaking sebagai berikut:

a. The act of process of making speeches in public (proses pembuatan pidato di depan publik)
b. The art of science of effective oral communication with an audience (seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif dengan para pendengarnya).
Menurut David Zarefsky dalam Public Speaking Strategic for Success, public speaking adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan dan lambang terus berinteraksi, di antara pembicara dan para pendengarnya.
“Public speaking is a continous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners.” 
Menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi, public Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu.

Karena sifatnya yang dinamis, maka Public Speaking juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan asosiasi kata perubahan (change). Melalui Public Speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Kita juga dapat mengetahui perubahan seperti apa yang digagas atau direncanakan oleh seseorang.

Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika) yang mencakup diskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC dan presenter, serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan.*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 Komentar untuk "Pengertian Public Speaking"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.