Persiapan Materi Public Speaking

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Persiapan Materi Public Speaking
Persiapan Materi adalah bagian penting dalam persiapan sebelum Public Speaking. Persiapan materi dilakukan bersamaan dengan persiapan lainnya --yaitu persiapan mental (psikis) dan persiapan fisik sebagaimana sudah diposting di blog ini.

PERSIAPAN MATERI PUBLIC SPEAKING
Penguasaan materi, tema, atau topik pembicaraan merupakan kunci untuk membuat Anda percaya diri dan tampil meyakinkan di depan hadirin.

Lakukan persiapan materi dengan cara sebagai berikut:

1. Pahami!
Baca literatur dan cari sumber data sebanyak mungkin. Semakin banyak pengetahuan dan wawasan, Anda pun kian percaya diri.

2. Write!
Tuliskan, jika berupa menjadi naskah lengkap pidato (Complete Text, Speech Script) dan lakukan latihan dengan menggunakan naskah tersebut. Bawa saat public speaking berlangsung.

3. Write!
Tuliskan poin-poin penting materi public speaking Anda. Pointers atau garis besar (Outline) materi bisa dibawa ke podium sebagai "contekan".

EMPAT CARA MENGUASAI MATERI
Ini dia empat cara menguasai materi dalam public speaking sekaligus model public speaking dari segi format penyampaian materi:

  1. Reading from complete text. Bad! Cara buruk dalam public speaking karena akan kurang kontak mata dan gesture. Fokus perhatian akan tertuju ke naskah, bukan ke hadirin. Ini gaya pidato pejabat yang "membosankan" (boring).
  2. Using Notes – Outline. Great! Ini cara terbaik, menggunakan catatan sebagai contekan. Isinya berupa poin penting yang akan disampaikan.
  3. Memorize. Worst! Ini cara public speaking terburuk. Berupa hafalan. Intonasi tidak akan terjaga. Konsentrasi akan pada ingatan (hafalan). Mata Anda akan melihat ke atas, sebagaimana orang mengingat-ingat sesuatu.
  4. Using Visual Aids as Notes. Good! Ini cara terbaik dan trend public speaking, terutama dalam pelatihan-pelatihan. Menggunakan infokus atau OHP sebagai alat bantu penyampaian materi, bisa dilihat oleh hadirin dan Anda. (Sumber: Buku "Lincah Menulis Pandai Bicara" karya Asep Syamsul M. Romli, penerbit Nuansa Cendikia, Bandung).*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

0 Komentar untuk "Persiapan Materi Public Speaking"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.