Tips Public Speaking dari Larry King

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Larry King adalah nama besar di dunia broadcasting. Ia juga dikenal sebagai public speaker hebat. Dunianya adalah dunia radio, televisi, dan public speaking. Terakhir ia menjadi presenter CNN  dalam "Larry King Live".

Bicara, kata Larry King dalam buku SENI BERBICARA, dilakukan oleh semua orang normal, tapi tidak semua orang mampu berbicara secara efektif.

Larry King memang tidak memberikan tips secara langsung dalam bukunnya. Larry King mungkin terlalu banyak bercerita tentang pengalamannya. Tapi itu bisa menjadi sumber inspirasi.

Larry King membeberkan segala pengalaman, tips dan trik, dan seni berbicara yang membuatnya menjadi terkenal seperti sekarang. “Berbicara itu seperti bermain golf, mengendarai mobil, atau mengelola toko—semakin sering melakukannya, semakin mahir Anda jadinya, dan semakin senang Anda melakukannya,” katanya.

Setiap orang bisa bicara, tapi tidak semuanya bisa berbicara dengan baik. Larry mengatakan bahwa untuk menjadi pembicara yang baik, mesti menjadi pendengar yang baik. Semua orang ingin berbicara mengenai dirinya, dan alangkah indahnya jika semua orang ingin pula mendengarkan orang lain bicara. Ini sebenarnya prinsip mutualisme dasar yang diterapkan Larry: jika ingin dihormati, hormati orang lain. Dalam buku ini ia memberi banyak resep yang akan membantu kita menguasai seni berbicara, baik itu dengan teman sejawat, kelompok tugas, lawan jenis, atasan, orang tua, bahkan selebritis, dalam berbagai situasi.

Tips Public Speaking dari Larry KingBuku dengan judul “How to Talk to Anyone, Anytime, and Anywhere” yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia (diterbitkan Gramedia) ini juga membahas kecenderungan masyarakat kita yang senang menggunakan ‘catchphrase’, ungkapan-ungkapan kosong, yang sebenarnya, menurut Larry, merusak percakapan, serta beberapa istilah-istilah trendi yang sering digunakan.

Buku yang diterjemahkan menjadi “Seni Berbicara kepada Siapa Saja, Kapan Saja, dan di Mana Saja” ini sangat berguna bagi mereka, terutama yang sering tampil di depan publik, karena ia juga memberikan rahasia untuk sukses memukau audiens. Namun, pada dasarnya, buku ini bagus untuk setiap orang, karena semua orang bicara.

Tips Public Speaking dari Larry King
Berikut ini sebagian tips public speaking yang tercantum dalam buku tersebut sebagaimana dikutip romeltea media.

1. Pidato Itu Share Pemikiran. 
“Pasti ada kekuatan mistis dalam public speaking –ilmu rahasia  yang membuat orang bisa menjadi pembicara yang baik. “Rahasia” saya sederhana saja, yaitu saya anggap public speaking tidak berbeda dengan jenis-jenis pembicaraan lain. Itu merupakan cara untuk berbagi pikiran saya kepada orang lain.”

2. Miliki Sesuatu untuk Dikatakan. 
“Dalam beberapa hal, pidato lebih mudah dari percakapan sosial, karena Anda sepenuhnya menguasai arah pembicaraan. Tapi, Anda harus mempunyai sesuatu untuk dikatakan.”

3. Kunci Pertama: Bicarakan yang Anda pahami saja.
“Kunci pertama menjadi pembicara publik (public speaker) yang sukses: Bicarakanlah hal yang Anda pahami. Jika tidak, audiens Anda akan menjadi bosan kalau mereka tahu lebih banyak dari Anda.”

“Jika Anda tidak merasa yakin dengan subjeknya, Anda bisa tidak yakin pula dengan sikap Anda. Carilah subjek (tema) yang Anda pahami benar.”

4. Sistematika: Prolog, Isi, Penutup. 
“Jika sebelumnya Anda memberi tahu audiens Anda apa yang akan Anda bicarakan, mereka akan lebih mudah mengikuti isi piato Anda. Di bagian akhir, cobalah merangkum butir-butir penting dengan kata-kata yang sedikit berbeda dengan yang digunakan dalam pembukaan”.

5. Kunci Kedua: Persiapan! 
“Jika Anda memberikan pidato dengan topik yang belum pernah Anda bicarakan, Anda harus membuat persiapan, dengan berbagai cara, yang paling cocok bagi Anda.”

“Anda dapat menulis pidato Anda, kata-demi-kata, dan membacanya dalam bentuk teks… Jika Anda pidato dengan membaca teks, pastikan sering melihat audiens. Anda juga bisa menggunakan ‘note cards’ (kart catatan), berisi pointers materi pidato, cara ini lebih spontan, tidak akan terjebak untuk menatap naskah.”

“Lakukan latihan, di depan cermin atau di depan anggota keluarga Anda. Sesuaikan dengan alokasi yang diberikan…. cari tahu berapa lama waktu yang diberikan kepada Anda.”

6. Tataplah Audiens Anda.
“Jangan berbicara kepada dinding di belakang atau jendela di samping Anda. Itu bukan audiens Anda. Tataplah audiens yang berbeda-beda, agar semua kelompok merasa diperhatikan.”

7. Pelajari pemenggalan kata dan perubahan suara yang ingin Anda gunakan.
“Anda bisa menggarisbawahi kata-kata yang ingin Anda beri tekanan. Beri tekanan pada saat yang tepat, dan jangan berbicara secara monoton.”

8. Berdirilah tegak!
“Anda tidak perlu mengambil sikap berbaris, cukup berdiri dengan enak, jangan menyandarkan diri ke mimbar. Bersandar membuat pernafasan Anda terganggu dan tiak sopan”.

9. Mikrofon.
“Kalau ada mikrofon di depan Anda, taruhlah agak di atas…. Jangan memaksakan diri membungkuk seperti burung bangau…. Jangan pula menolehkan atau membalikkan badan untuk menjawab pertanyaan dari samping.”

10. Humor.
“Jangan terlalu serius kalau tidak perlu. Meskipun Anda memilih subjek serius, sebagian besar pendengar tetap senang menerima humor kecil.”

11. Gaya Bicara Alami.
“Pembicaraan publik hanyalah suatu bentuk percakapan yang dimodifikasi…. dan Anda berbicara dengan gaya natural, audiens pasti memahami Anda. Gunakan bahasa sehari-hari…. Sesuaikan cara bicara Anda dengan karakter audiens.”

12. Kenalilah audiens Anda!
“Ini memungkinkan Anda memantapkan hubungan dengan mereka di awal pembicaraan, dengan menunjukkan pemahaman Anda akan titik pandang mereka. Pastikan Anda ingat siapa audiens Anda, apa minat mereka, dan apa yang ingin mereka dengar dari Anda.”

13. Ringkas!
“Ini hukum fundamental berbicara yang baik. Hukum ini terangkum dalam singkatan KISS, Keep It Simple, Stupid! (Bicaralah Singkat, Bodoh!). Tidak ada kata-kata murahan, kalimat rumit, istilah teknis…”.*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

0 Komentar untuk "Tips Public Speaking dari Larry King"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.