April 5, 2014

Apakah Breadcrumbs bagus untuk SEO Blog?

By Romeltea | Published: April 5, 2014

Breadcrumbs merupakan navigasi SEO sebaris dengan tautan internal yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi balik ke bagian sebelumnya atau ke halaman depan dengan cepat. Breadcrumbs biasa ada di atas judul posting. Tapi, apakah Breadcrumbs bagus untuk SEO Blog? Kita tanya Google.

Katanya, breadcrumbs itu akan membantu user (pengguna, pembaca) untuk memahami dan menavigasi hierarki blog. Google akan mengidentifikasi breadcrumbs dan menggunakannya untuk memahami dan menyajikan informasi tentang page blog di hasil pencarian.

"When you mark up breadcrumb information in the body of a web page, Google can identify it and use it to understand and present the information on your pages in our search results." (Google).

Di Webmaster Google Support sendiri terpasang Breadcrumb. Ini screenshotnya:

Breadcrumbs


TAPI... TAPI... 
Banyak pakar SEO menyatakan Breadcrumbs tidak perlu . Namun, ada juga yang menyatakannya bagus untuk SEO blog. Halah... jadi bingung!

SEN misalnya, mengatakan manfaat Breadcrumbs untuk mesin pencari dan user.

For Search Engines: They provide another mechanism to highlight important keywords for the search engines to note in your navigation. They add content relevancy to your pages because they are all now keyword-intensive. They provide added on-page SEO emphasis that highlights specific anchor text rich linking to internal pages.

For Site Visitors: Breadcrumbs provide a visual keyword guide to what they may be seeking. They provide a convenient, keyword-rich way to navigate a site internally. They encourage higher CTR from searchers when seen within search results

Manfaat Breadcrumbs juga dikemukakan Usability Geek.

Jadi, gimana dong? Template blog yang saya pakai ini "katanya" SEO Friendly, tapi gak ada breadcrumbs-nya tuh... Jadi, kesimpulan saya mah.... Breadcrumbs tidak terlalu perlu dalam SEO Blog! Bagaimana dengan blog Anda?

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Apakah Breadcrumbs bagus untuk SEO Blog?

  1. Template saya ada Breadcrumbs nya tapi justru saya tidak memakainya...
    find2 aja menurut saya tanpa Breadcrumbs ... ya ngga sih ??

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *