Menulis

Tiga Kesalahan dalam Membuat Slide Presentasi PowerPoint

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

SETIDAKNYA ada tiga kesalahan yang lazim kita lakukan dalam membuat slide presentasi PowerPoint. Ketiga pantangan ini sering kita langgar. Akibatnya, slide powerpoint dan presentasi kita kurang bahkan tidak menarik.

1. Terlalu banyak teks. 
2. Huruf (teks) terlalu kecil.
3. Berisi teks yang akan kita katakan.

Ketiga kesalahan tersebut saling terkait. Kesalahan 2 dan 3 akibat dilakukannya kesalahan 1 atau kesalahan 1 dan 2 akibat dilakukannya kesalahan 3.

Slide Presentasi PowerPoint


Slide PowerPoint adalah "alat bantu" dalam presentasi, bukan presentasi itu sendiri. Dalam teknik komunikasi public speaking, slide powerpoint itu sefungsi dengan catatan (note) yang berisi ponters atau garis besar materi pembicaraan.

Nah, kalo si slide itu berisi "semua teks" yang akan kita sampaikan, biarkan saja audiens membaca sendiri, 'gak usah kita bacakan. Tul gak...?

Membacakan tiap kata yang ada dalam slide (Reading Off Each Word) adalah kesalahan yang lazim dilakukan presenter, kecuali presenter berita televisi yang memang SEHARUSNYA membacakan semua teks (naskah berita) yang disediakan dalam teleprompter.

Presentasi yang baik, kata para ahli nih, bukan membacakan teks yang ada dalam slide, tapi menjelaskan atau menguraikannya. Yang kita katakan/ucapkan, sebaiknya berbeda dengan yang ditampilkan di slide. Kalau sama, itu artinya "membacakan" isi slide buat audiens --kecuali jika memang audiensnya tidak bisa baca :)

Slide Presentasi PowerPoint yang Baik

Sebaiknya, slide powerpoint itu berisi pointer, kata kunci, sistematika, atau ringkasan materi presentasi. Idealnya satu slide hanya berisi TIGA POIN. Istilahnya, dalam teknik presentasi, adalah Rule of Three.

Dengan begitu, ukuran huruf (font size) pun bisa memenuhi ukuran ideal slide powerpoint, yakni minimal 30 poin sebagaimana dikemukakan Guy Kawasaki dalam The 10/20/30 Rule of PowerPoint.

Tips ini saya share ke Anda sekaligus ngingetin diri sendiri juga nih yang "sering" malas membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan benar. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Tiga Kesalahan dalam Membuat Slide Presentasi PowerPoint"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.