Menulis

Prinsip Dasar Jurnalistik Online

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Prinsip Dasar Jurnalistik Online
Prinsip dasar jurnalistik online merupakan pedoman dasar bagi praktisi jurnalistik online sekaligus menunjukkan karakteristik jurnalistik online yang berbeda dengan jurnalistik cetak dan elektronik.

Prinsip dasar jurnalistik online ini dikemukakan Paul Bradshaw di Online Journalism Blog. Ia menyebutkan lima prinsip dasar jurnalistik online yang diringkas dalam kata B-A-S-I-C

  • Brevity
  • Adaptability 
  • Scannability 
  • Interactivity 
  • Community 
  • Coversation


1. Keringkasan (Brevity). 
Berita dituntut untuk bersifat ringkas, untuk menyesuaikan kehidupan manusia dan tingkat kesibukannya yang semakin tinggi. Hal ini sesuai dengan istilah umum komunikasi ‘KISS’, yakni Keep It Short and Simple.

2. Adaptabilitas atau kemampuan beradaptasi (Adaptabilty). 
Para jurnalis daring dituntut agar mampu menyesuaikan diri di tengah kebutuhan dan preferensi publik. Dengan adanya kemajuan teknologi, jurnalis dapat menyajikan berita dengan cara membuat berbagai keragaman cara, seperti dengan penyediaan format suara, video, gambar, dan lain-lain dalam suatu berita.

3. Dapat dipindai (Scannability). Untuk memudahkan para audiens, situs-situs terkait dengan jurnalisme daring hendaknya memiliki sifat dapat dipindai, agar pembaca tidak perlu merasa terpaksa dalam membaca informasi atau berita.

4. Interaktivitas (Interactivity).
Komunikasi dari publik kepada jurnalis dalam jurnalisme daring sangat dimungkinkan dengan adanya akses yang semakin luas. Pemirsa (viewer) dibiarkan untuk menjadi pengguna (user). Hal ini sangat penting karena semakin audiens merasa dirinya dilibatkan, maka mereka akan semakin dihargai dan senang membaca berita yang ada.

5. Komunitas dan percakapan (Community and Conversation). 
Media daring memiliki peran yang lebih besar daripada media cetak atau media konvensional lainnya, yakni sebagai penjaring komunitas.

Jurnalis/media online juga harus memberi jawaban atau timbal balik kepada publik sebagai sebuah balasan atas interaksi yang dilakukan publik tadi. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Prinsip Dasar Jurnalistik Online"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.