Menulis

25 Inspirasi Blogging untuk Blogger Pemula

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

inspirasi blog
ANDA punya blog, tapi bingung mau diisi apa? Anda "mau" ngeblog, tapi bingung harus blogging tentang apa? Ini dia jawabannya. Ada 25 inspirasi bagi Anda (kita) untuk mengisi blog, menentukan konten blog, atau menulis posting blog.

Yang jelas, blog adalah media berbagi, media ekspresi, juga media "berbicara" atau "teriak" kepada publik (pembaca) di seluruh dunia.

Ke-25 inspirasi blogging ini saya sadur dari The 25 Basic Styles of Blogging di Slide Share. Anda juga bisa mengunduhnya di sana dalam bentuk file Slide.

1. Berbagi Wawasan
Insight Blogging Resource. Ini ngeblog paling sulit bagi sebagian orang. Anda berbagi wawasan atau pengetahuan, ide orisinal, komentar, atau menulis tentang topik tertentu. Misal, Anda yang ahli komputer, bisa berbagi tentang tips seputar penggunaan dan mengatasi error komputer. Saya sendiri berbagi wawasan soal komunikasi praktis di blog ini.

2. Blogging Ambisi.
Ambition Blogging. Ngeblog tentang sesuatu dengan tujuan berusaha mencapainya --biasanya dengan menargetkan pembuat keputusan (decision maker) melalui tulisan di blognya. Sederhananya, Anda ngeblog untuk memberi masukan terhadap --misalnya-- pemerintah atau mempengaruhi sebuah kebijakan.

3. Blog Meme.
Meme (baca: "mim") yaitu sebuah lontaran ide untuk diiskusikan atau direpons  oleh blogger lain di blog mereka sendiri. Lihat > Pengertian Blog Meme.

4. Blog Topik Hangat.
Istilah aslinya "Piggyback Blogging". Writing about a topic that is currently popular in the news media. Menulis tentang topik populer di media berita, bisa juga soal "trending topic" di media sosial.

5. Blog Pengalaman
Life Blogging. Disebut juga "reality blogging", berisi posting tentang pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. A blog post sharing the story of something that happened to you in your personal life. 

6. Blog Pencitraan.
Brand Blogging. Blog berisi review produk atau jasa. Lazimnya merupakan blog perusahaan atau afiliasainya, bisa juga karyawannya yang membantu promosi perusahaannya. Bisa pula pengalaman pribadi yang menyenangkan tentang sebuah produk atau jasa.

7. Blog "Kampanye Negatif".
Detractor Blogging. Blog pencela. Kebalikan dari blog pencitraan. Isinya berupa paparan kejelekan sebuah produk, jasa, atau instansi. (TIDAK DISARANKAN!).

8. Blog Pengumuman.
Announcement Blogging. Berisi informasi terbaru yang belum diketahui publik atau belum ada di media lain.

9. Blog Tautan.
Link Blogging. Blog berisi kumpulan link ke website, blog, atau konten online lainnya.

10. Video Blogging
Blog khusus berisi video, baik buatan sendiri maupun "embed" video Youtube, plus komentar atau ulasan tentang isi video.

11. Photo Blogging 
Blog tentang foto. Cocok pisan bagi Anda penggemar fotografi. Posting foto hasil jepretan Anda, beri caption atau keterangan foto. Ini bisa berkembang menjadi "bisnis fotografi" --jual foto atau menjadi fotografer (diminta motret).

12. Review Blogging 
Hampir sama dengan nomor 7 (Blog Pencitraan). Namun, bisa meluas menjadi resensi buku, resensi situs, resensi film, dan sebagainya.

13. Blog Keagamaan.
Evangelist Blogging. Blog berisi posting seputar keagamaan. Blog tentang Islam banyak banget tuh, bisa tulisan sendiri --misalnya hasil dengerin ceramah-- ataupun nulis sendiri tentang keagamaan.

14. List Blogging 
Mirip "blog tautan", namun ini berisi daftar sesuatu yang sekiranya menarik dan dicari user.

15. Blog Survei
Survey Blogging. Posting blog berupa pertanyaan terbuka kepada pembaca. Lebih menarik jika disediakan hadiah bagi jawaban terbaik atau terunik. Pembaca menjawabnya di kolom komentar.

16. Feature Blogging 
Blog berisi tulisan feature berbagai masalah, ide baru, atau ulasan apa saja. Ini blog yang umum ada sekarang.

17. Repost Blogging
Posting ulang (semacam "copy paste") dari blog lain, namun disertai komentar, ulasan, atau pendapat pribadi.

18. Guest Blogging 
Blog yang mengundang orang lain sebagai pengisinya atau berupa blog komunitas, kelompok, atau organisasi yang diisi oleh para anggota ataupun non-anggota.

19. Blog Wawancara.
Interview Blogging. Blog berisi hasil wawancara dengan beragam narasumber dan beragam topik. Sang blogger bertindak seperti wartawan, menyiapkan pertanyaan dan melakukan wawancara, lalu diposting di blognya.

20. Blog Acara (Agenda).
Event Blogging. Blog berisi jadwal acara seminar, konferensi, konser, atau acara apa pun. Semacam "blog iklan gratis" bagi para event organizer.

21. Live Blogging 
Biasanya berupa "mobile blogging". Upload posting, termasuk audio dan video, langsung di lokasi peristiwa via mobile device.

22. Bridge Blogging 
Blog yang mempublikasikan kejadian di wilayah terpencil atau kejadian yang tidak diketahui publik dan wartawan mdia mainstream. Blog komunitas dan jurnalisme warga bisa masuk kategori ini.

Defined as “writing for an audience outside your everyday reality” – usually posts in this category offer insight into something happening in a particular part of the world that may not be known by an international audience. 

23. Classified Blogging 
Blog iklan. Sang blogger mempersilakan user atau orang lain untuk beriklan di blognya secara gratis atau berbayar --umumnya gratis. Sang blogger memulainya dengan identifikasi produk atau jasa.

24. Response Blogging 
Blog yang merespons suatu masalah atau peristiwa. Semacam komentar atas topik hangat yang sedang berkembang.

25. Contact Blogging 
Writing about a person or blog with the intent of making contact with that person. An alternative is posts sharing the experience of meeting someone that is not an interview.

Wuih....banyak banget ya pilihannya. Saran saya sih, ngeblog itu 'kan asalnya "online diary", maka tulislah pengalaman keseharian yang sekiranya berguna bagi bangsa dan negara ^_^. Pilih "niche" blog yang kita kuasai, minimal menjadi hobi atau ketertarikan kita.

Blog juga adalah sarana "pencitraan diri" (self branding) sehingga user tahu apa keahlian, kompetensi, atau profesi kita. Wasalam.*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
4 Komentar untuk "25 Inspirasi Blogging untuk Blogger Pemula "

Tambah lagi, sering dikunjungi pasti menambah inspirasi buat seorang blogger hehe... Salam blogwalking dari Pulau Dollar

thx gan infonya sangat bermanfaat
mampir ya gan.....
http://sedotwcbandung-serdaduseptictank.blogspot.com/

permasalahan yang saya hadapi ketika mau menulis blog adalah, saya tidak pede dengan apa yang saya review, memang banyak artikel yang memberi pencerahan namun untuk merealisasikanya itulah yang susah.
apalagi untuk menentukan topik pastinya, selama saya ngeblog saya acakacakan apa yang saya bahas.
sampai sekrang masih belum menemukan pastinya saya mau menentukan topik bog saya

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.