Menulis

Berita Sensasi: Caleg Cantik Peluk Mesra Gubernur

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

berita sensasi - hot news
"Caleg Cantik Tepergok Peluk Mesra Gubernur Sulawesi Selatan". Demikian judul berita Tribunnews yang diposting Minggu, 4 Mei 2014 21:21 WIB. Sang wartawan --dan editornya tentu-- sukses membuat pembaca tertarik dan membaca berita sensasi itu.

Namun, alangkah kecewanya para pembaca, ternyata sang caleg cantik dan gubernur adalah anak dan ayah! Wajar dong pelukan kasih sayang... Heuuhh! But... that's hot news too.. ^_^

Ini kutipan beritanya: "Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, tepergok tengah dipeluk mesra dari belakang oleh perempuan calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN), Indira Chunda Thita. Tapi, jangan salah, pelukan mesra yang terjepret kamera wartawan itu wajar karena Indira merupakan anak kandung dari Syahrul."

Judul berita sensasional memang merupakan salah satu "trik" agar menarik perhatian pembaca. Istilahnya, agar judul "eye cacthing" (menarik perhatian mata pembaca).

Judul berita sensasi biasanya dibuat oleh media-media "marginal" dan "koran kuning". Dalam literatur jurnalistik, media yang suka bikin sensasi dalam judul-judul beritanya disebut "jurnalisme kuning" (yellow journalism). Konten media demikian biasanya didominasi berita kriminalitas dan seks (sex and crime journalism).

Sebutan lainnya buat "media kuning" tadi adalah "jurnalisme got" (gutter journalism), yaitu jurnalistik yang fokus memberitakan "hal-hal kotor seperti air got" alias berita "dunia hitam".

Per definisi, berita sensasi adalah berita yang gaya bahasa dan isinya bertujuan untuk menarik perhatian dan seringkali terjadi manipulasi fakta, dramatisasi, dan pleonasme (menggunakan kata-kata secara. berlebihan) di dalamnya. Judul beritanya sering menggunakan kata-kata yang "bombastis".

Dalam kamus bahasa, "sensasi" dan "sensasional" diartikan sebagai berikut: 
sen·sa·si /sénsasi/ n 1 yg membuat perasaan terharu; yg merangsang emosi: surat kabar ini selalu memuat kabar --; 2 yg merusuhkan (menggemparkan); kegemparan; keonaran: di samping film yg baik, banyak pula dijumpai film -- yg asal ramai

sen·sa·si·o·nal /sénsasional/ a 1 bersifat merangsang perasaan (emosi dsb): penggantian jabatan gubernur hendaknya ditanggapi secara wajar, tidak diterima secara --; 2 bersifat menggemparkan

Berita dan judul berita sensasi bisa menjadi "negative trend" di tengah persaingan ketat media saat ini, terutama persaingan media online. Salahkah? Tidak juga, selama kode etik jurnalistik tetap dipegang erat, seperti kejujuran, verifikasi fakta (cek dan ricek), tidak mencampuradukkan fakta dan opini dalam berita, dan tidak menipu pembaca. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Berita Sensasi: Caleg Cantik Peluk Mesra Gubernur "

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.