Menulis

Jumlah Pengguna Internet Indonesia

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

 Pengguna Internet
JUMLAH pengguna (user) internet atau media online di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai angka 70 juta lebih. 

Sebuah survei menyebutkan, hampir separuh "masyarakat internet" di Indonesia itu berusia di bawah 30 tahun, 16,7 persennya berusia di atas 45 tahun. 

Kebanyakan masyarakat internet mengakses dunia online melalui smartphone (86 persen) dan menghabiskan Rp 50.000 dan Rp 100.000 tiap bulannya untuk mengakses internet.

Informasi yang paling sering dicari di internet adalah berita (54,2 persen), hiburan (16,3 persen), film (10,2 persen), olahraga (8,7 persen), dan musik (8,5 persen). 

Situs atau aplikasi online yang paling banyak digemari di Indonesia adalah media online (Detik, Kompas, dan Yahoo), Toko online (TokoBagus, Kaskus, Facebook), Internet Banking (KlikBCA, Mandiri, dan BRI), serta Aplikasi Chatting (BBM, WhatsApp, dan Line). (Sumber: Tech in Asia).

Data lain dikemukakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).  Seperti diberitakan Antara News, jumlah pengguna internet pada tahun 2013 mencapa 71,19 juta, meningkat 13 persen dibanding tahun 2012 yang mencapai sekitar 63 juta pengguna.

Sesuai dengan MGDs, pengguna internet di Indonesia mencapai 107 juta pada tahun 2014, dan 139 juta pengguna pada 2015.

Anda dan saya juga termasuk pengguna internet 'kan? Pertanyaanya, apakah Anda hanya menjadi user, konsumen, audiens, atau pembaca tanpa aktif menjadi pelaku?

Semua orang memiliki peluang yang sama untuk menjadi user sekaligus "provider" atau penyedia informasi yang diburu para user. Kita bisa menjadi:
  1. Blogger dengan Membuat Blog
  2. Menjadi penyiar radio dengan Membuat Radio Online
  3. Menjadi programmer sekaligus presenter televisi dengan Membuat TV Online Streaming.
  4. Menjadi OnlinePreneur atau wirausahawan online dengan Membuat Toko Online.
Dengan menjadi "user aktif" internet, kita bisa berbagi (share) wawasan atau sedekah ilmu, ekspresi diri, branding, pencitraan, jualan, dan yang terpenting adalah mewarnai jagat dunia maya dengan hal-hal positif. Awali saja dengan go blogging! Just write and speak up! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Jumlah Pengguna Internet Indonesia "

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.