Menulis

Pengertian Blog dan Jenis-Jenisnya

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

pengertian blog
Apa pengertian blog? Jenisnya apa saja? Apa beda blog dengan website? Apa pula yang disebut microblog dan spam blog?

Pengertian Blog

Blog –singkatan dari web log— adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet. (Wikipedia)

Secara bahasa (Inggris), web artinya jaringan; log artinya buku harian atau catatan. Dengan demikian, blog bisa dikatakan sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui.

Dari berbagai definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata "tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)", meskipun tidak selamanya demikian. Salah satunya mengatakan:
Aa blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.

Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger:
‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas updatenya disebut blogging dan seseorang yang "ngeblog" disebut blogger.

Bedanya dengan Website

Blog itu bagian dari website (situs web). Dengan kata lain, sebuah blog sudah pasti sebuah website, tapi sebuah website belum tentu sebuah blog.

Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaratnya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu.

Satu hal yang menarik, menurut Jeff Korhan, Google menyukai blog karena konten yang dipublikasikannya itu segar, relevan, dan aktual. Jika berkualitas tinggi, justru blog yang biasanya ada di peringkat teratas hasil pencarian Google.
Google loves blogs because the content they publish is fresh. Fresh content is relevant. It’s current. If it also happens to be high quality, it quickly rises to the top of Google search. 

Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari sisi:
  1. Kepemilikan
  2. Tampilan
  3. Domain - Hosting
  4. Gaya Bahasa

Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan.

Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya --dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS Wordpress misalnya.

Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional. (Lihat misalnya: Template Blog SEO Responsif).

Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa "formal" layaknya website.

Barangkali pembeda utama blog dan website saat ini adalah dari sisi domain hosting. Blog itu situs dengan doman dan hosting gratis (free hosting), sedangkan website berbayar (sewa doman dan hosting/server sendiri).

Sejarah Blog

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi lembaga, sampai media promosi dan bisnis. (Sejarah Blog Selengkapnya).

Platform Blog

Sejak kehadiran blogger, bermunculan situs penyedia blog gratis sehingga menjadi alternatif bagi para blogger untuk membuat blog. Situs The Next Web mencatat 15 platform blog terbaik di dunia saat ini.
  1. WordPress (Wordpress.com dan Wordpress.org)
  2. Blogger (Blogspot.com)
  3. Tumblr
  4. Medium
  5. Svbtle
  6. Quora
  7. Postach.io
  8. Google+
  9. Facebook Notes
  10. SETT
  11. Ghost
  12. Squarespace
  13. Typepad
  14. Posthaven
  15. LinkedIn Influencers
Berdasarkan rangking popularitas di Alexa, ada dua platform blog teratas atau paling banyak dikunjung user di level global, yaitu:
  1. Blogger/Blogspot
  2. Wordpress

Jenis-Jenis Blog 

Berdasarkan Platform
  1. Free Blog, seperti blogger/blogspot, wordpress, dll.
  2. Self-Hosting Blog, seperti wordpress.org, joomla, drupal, dll.
  3. Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blogdetik, dll.
Berdasarkan Format Isi (Konten)
  1. Vlog. Vlog = Video Blogging = Vlogging,  yaitu blog dengan konten utama berupa video.
  2. Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto.
  3. Audioblog Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
  4. Microblog. Microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note.
  5. Niche Blog, blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, dll.
  6. General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu.

Berdasarkan Tema
Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai dari:
  1. Blog pribadi (berisi curhat atau catatan pribadi)
  2. Blog politik
  3. Blog kesehatan
  4. Blog mode (fashion blog)
  5. Blog agama
  6. Blog bisnis (toko online)
  7. Blog "asal ada" (dibuat tapi 'gak diupdate-update!).
Ada juga jenis blog lain yang menjadi "common enemy" blogger, yaitu Blog Pengganggu (Spam Blog, Splog). Blog ini hanya berisi tulisan yang "menipu" untuk kepentingan PageRank. Bloggernya sering "blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau link hidup (live link).

Wah... banyak juga ya jenis blog! Data di atas pasti masih belum lengkap, ada yang terlewat, silakan lengkapi. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Jangan lewatkan: 20 Manfaat Blog
Kunjungi Panduan Blogging bagi Newbie: Klinik Blogging

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
19 Komentar untuk "Pengertian Blog dan Jenis-Jenisnya"

Artikelnya sangat bermanfaat.

terima kasih atas informasinya

bisa menambah wawasan saya

infonya sangat bermanfaat

Penjelasan yang sangat baik. Terima kasih.

Hello Admin, thanks ya atas informasinya, dan salam kenal

informasi yang bagus

Maaf admin, saya mau nanya kalo
1. Web Hosting (Shared)
2. Virtual Private Server (VPS)
3. Shared Server
4. Dedicated Server
5. Cloud Server
6. Public Cloud
Ini termasuk jenis blogger apa?

Itu bukan jenis blog... dari namanya sudah jelas itu server

Thanks atas infonya gan :)

mantap infonya... tenkiu

mari kita berkomunikasi secara bijak dengan teknologi yang kian maju

Infonya lebih lengkap dari web lain. Good.

bermanfaat .. salam kenal gan

Alhamthulillah,jadi pingin bikin blog nih,setelah dapat penjelasan diatas,Meski ga tau mau bikin blog jenis apa hhe...thanks for the information

Thank for the information,,, jadi Pingin punya blog nihh,Meski ga tau mau diisi apa..๐Ÿ˜Š

Selamat ini, aku taunya kalau blog dengan website itu sama saja :D makasih infonya gan

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.