Menulis

10 Tips Menjadi Penulis

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Ada 10 tahap sederhana untuk menjadi penulis yang lebih baik (better writer)

ANDA merasa tidak bisa menulis dan ingin menjadi penulis? Ini dia 10 tips jitu yang “menjamin” Anda 100% bisa menjadi menulis dan jadi penulis! Tips ini dengan "indah" di-infografis-kan oleh Copy Blogger berikut ini:


10 Tips atau tahap untuk bisa menulis dan/atau menjadi penulis yang lebih baik itu adalah:
  1. Menulis
  2. Menulis lagi.
  3. Menulis kembali.
  4. Terus menulis lagi.
  5. Menulislah ketika Anda tidak ingin menulis.
  6. Menulis saat Anda menulis.
  7. Menulislah ketika Anda punya sesuatu (ide, informasi, pendapat) untuk disampaikan.
  8. Menulislah ketika Anda tidak punya ide.
  9. Menulislah tiap hari
  10. Teruslah menulis.
Rada lucu ya tipsnya? Tapi memang itulah tips menulis/menjadi penulis... yaitu ya... MENULIS! Just write! Menulis sajalah!

Apa yang harus dituliskan? Nulis apa? Apa saja! Yang penting POSITIF, hal baik, sekiranya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Tuliskan tentang hobi Anda. Mengapa Anda punya hobi itu. Apa serunya dengan hobi itu? Kenapa nggak hobi yang lain?

Tulislah tentang masalah yang Anda kuasai! Tulislah tema seputar bidang kompetensi atau keahlian Anda, bahkan bidang yang menjadi MINAT Anda!

Konkretnya? BLOGGING! Go blogging...! Buatlah blog sekarang juga. Buka BLOGGER. For now... blogging is the best way to be writer, even be journalist and colomnist!

Posting di sana APA SAJA yang Anda alami, rasakan, pikirkan, dengan pertimbangan asas manfaat (usability) serta madorat. Jika madorat, jangan tuliskan!

"Almost all good writing begins with terrible first efforts. You need to start somewhere. Start by getting something – anything – down on paper. (Buffer Social). Kita terjemahkan menjadi: start blogging!

Inspirasi dan Motivasi Menulis

10 tips menulis di atas bukan "bercanda". Tapi ciusss....! Enelan :) Kita simak beberapa kata mutiara tentang menulis yang saya himpun dari berbagai sumber berikut ini:
  1. “Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”. (J.K. Rowling)
  2. “Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa”. (Fatimah Mernissi)
  3. “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” (Pramoedya Ananta Toer).
  4. “Syarat untuk menjadi penulis ada tig, yaitu: menulis, menulis, menulis.” (Kuntowijoyo)
  5. “Orang-orang memiliki hambatan menulis bukan karena mereka tidak bisa menulis, tapi karena mereka merasa tidak bisa menulis dengan baik”. People have writer’s block not because they can’t write, but because they despair of writing eloquently (Anna Quindlen).
  6. “Jika saya menunggu kesempurnaan, maka saya tidak pernah menulis sepatah kata pun”. If I waited for perfection, I would never write a word. (Margaret Atwood).
  7. “Jika Anda ingin menulis, maka menulislah. Itulah aturan pertama.” If you want to write, write it. That’s the first rule. (Robert Parker).
  8. “Cara untuk menulis adalah menulis menulis menulis menulis menulis…” To write is to write is to write is to write is to write is to write is to write is to write. (Gertrude Stein).
Selamat menulis. Selamat berkarya. Go Blogging. Keep blogging. JUST WRITE! Keep writing! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "10 Tips Menjadi Penulis"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.