Menulis

5 Kelebihan Menggunakan Angka di Judul Tulisan

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

angka dalam judul tulisan
Sedikitnya ada 5 kelebihan menggunakan angka, nomor, atau  lambang bilangan dalam judul tulisan (posting) blog.

MENULIS angka, nomor, atau lambang bilangan di awal kalimat dilarang oleh Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Kata EYD, lambang bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf.

Jika perlu, susunan kalimat diubah sehingga bilangan yang tidak dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata tidak terdapat pada awal kalimat.

Misalnya: 
  • Lima belas orang tewas dalam kecelakaan itu. 
  • Pak Darmo mengundang 250 orang tamu.

Angka di Judul Tulisan

Bagaimana dengan judul berita atau judul tulisan? Bolehkah menulis angka atau lambang bilangan di awal judul? Misalnya, "5 Mahasiswa Gelar Aksi Demo" atau "10 Kata Baku yang Sering Salah Tulis".

Masih menurut, EYD, sama saja... tidak boleh. EYD menyatakan, kita harus menghindari judul kalimat yang diawali dengan angka atau bila diperlukan – angka diganti dengan kata.

Jadi, judul "5 Mahasiswa Gelar Aksi Demo" menurut EYD harus diganti menjadi "Lima Mahasiswa Gelar Aksi Demo".

Lalu, mengapa banyak media, terutama media online, yang menulis angka di awal judul berita/tulisan? Apa itu melanggar?

Jelas, melanggar. Tapi masalahnya, media 'kan harus ringkas dan efektif-efisien dalam menulis berita, terutama dalam menulis judul. Lagi pula, media 'kan "sudah biasa" mengabaikan EYD. Toh melanggar aturan EYD itu bukan pelanggaran pidana, bukan kriminal.

Jadi, ya tidak apa-apa. Apalagi untuk media online, menggunakan angka dalam judul tulisan (posting) justru bagus.

5 Kelebihan Angka Dibandingkan Huruf

Setidaknya ada 5 kelebihan menggunakan angka dalam judul tulisan, baik di awal, tengah, maung akhir tulisan. Umumnya sih di awal judul, sering juga di tengah, jarang banget di akhir.

Menurut Write Direction, penggunaan angka atau nomor di judul tulisan bisa menjadi "pemicu" (trigger) untuk merebut perhatian pembaca. "Numbers are a time-honored trigger to get your readers to pay attention to your content."

Jika kita menggunakan sebuah angka di judul (headline) tulisan, baik di posting blog, baris subjek emai, maupun sebuah iklan dan sebagainya, maka pembaca akan tertarik dan "tergoda" untuk membacanya.

Angka akan secara langsung mencapai alam bawah sadar pembaca dan mengatakan "pesan ini penting". Menurut para ahli, penulisan nomor atau angka (lambang bilangan) --misalnya 5-- lebih baik dan berhasil menarik perhatian pembaca website ketimbang menuliskannya dengan hurur --lima.

Example:If you’re going to write about how to be a better sous chef, headline it with“7 Ways to be a Better Sous Chef;”because you’ll get from 12-25% more traffic than saying “How to be a Better Sous Chef”.

Cotohnya, judul "5 Kelebihan Menggunakan Angka di Judul Tulisan" bisa menghasilkan trafik 12-25% lebih banyak ketimbang judul "Kelebihan Menggunakan Angka di Judul Tulisan" (tanpa angka).

Studi membuktikan, pembaca --khususnya pembaca website-- tidak membaca semua kata. Mereka memindai (scan) teks yang ada di:
  1. Headlines. Judul.
  2. Highlighted words. Kata, frasa, atau kalimat yang ditandai --tebal, miring, warna.
  3. Bulleted lists.  
  4. Links

Ini dia 5 alasan mengapa kita sebaiknya menggunakan angka di judul tulisan untuk mengundang pengunjung dan meningkatkan trafik blog/website:

1. SUBSTANCE
Menjanjikan sesuatu yang spesifik (khusus). Banyak tulisan yang bagus di judulnya doang. Isinya minim. Dengan menggunakan angka, maka pembaca sudah bisa mengira ada berapa poin yang bisa dia dapatkan dengan membacanya.

2. STRUCTURE
Lebih mudah dibaca. Menyusun konten atau isi tulisan dalam "daftar nomor" (numbered list) menjamin pembaca tulisan yang mereka baca akan memiliki struktur, runut, sistematis.

3. CLEAR ORGANIZATION
Organisasi pesan yang jelas. Ini penting  untuk "membaca cepat" (speed reading). Pembaca yang sibuk bisa langsung menuju poin-poin yang disebutkan dalam angka di judul.

4. STICK TO THE SCRIPT
Angka dalam judul akan menjadi panduan bagi penulis, mengarahkan penulis, agar fokus ke substansi tulisan (posting), tidak "ngalor-ngidul".

5. NUMBERS ARE “BRAIN CANDY.
Otak kita tertarik kepada angka karena secara otomatis mengorganisasikan informasi kedalam urutan logis.

Selain kelima hal itu, digit atau  angka juga meningkatkan faktor scanability konten blog/web. Di media online, dengan demikian, angka lebih baik dan lebih mudah dipindai ketimbang kata-kata.

Apakah Anda juga suka dengan tampilan posting ini yang menggunakan angka di judul dan number list di "posting area"? I hope so.... Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Sumber: The Write Direction

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
1 Komentar untuk "5 Kelebihan Menggunakan Angka di Judul Tulisan"

Banyak belajar nih mas dari blog mas tentang cara-cara blogging. Apalagi blog ini lebih mengarah ke komunikasi.
Komunikasi kan berhubungan erat dengan menulis artikel, bagaimana cara secara tidak langsung "kita mengajak pembaca untuk memberi komentar", salah satunya dengan artikel yang berkualias.
Saya rasa, inilah artikel yang berkualitas. Karena sebelumnya, gak pernah ada yang menulis artikel tentang hal ini.
Sekian, wassalam :D

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.