Menulis

Pengertian Mangkus dan Sangkil

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Pengertian Mangkus dan Sangkil
ANDA pernah mendengar atau membaca kata MANGKUS dan SANGKIL? Kalau saya... rasa-rasanya belum pernah tuh. Baru hari ini, malam ini (5/8/2014), saya membaca kata mangkus dan sangkil itu, saat Googling soal mengatasi website yang error karena CPU resource berlebih. Itu tuh... blog www.romeltea.com yang sudah jarang saya update karena sering error. Makanya, kini saya fokus di www.romelteamedia.com ini.

Kata mangkus biasa digunakan untuk mengganti kata efektif. Kata sangkil untuk kata efisien. Ringkasnya:

  1. mangkus = efektif = berhasil guna
  2. sangkil = efisien = berdaya guna

Misalnya, "Kita harus bekerja secara efektif dan efisien". Itu biasa. Coba kita ganti: "Kita harus bekerja secara mangkus dan sangkil". Halah.... terdengar asing dan "aneh" 'kan?

Pengertian Sangkil dan Mangkus

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mangkus artinya mustajab, mujarab, manjur, berhasil guna.
  • mang·kus a mustajab; mujarab; manjur; berhasil guna.
  • efek·tif /éféktif/ a 1 ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 2 manjur atau mujarab (tt obat); 3 dapat membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan); mangkus; 4 mulai berlaku (tt undang-undang, peraturan).
Sangkil artinya sampai, kena, berdaya guna.
  • sang·kil v 1 sampai: perahu kecil itu -- dng selamat ke tempat tujuan; 2 kena; mengenai: bidikannya tepat -- sasaran; 3 berdaya guna; efisien.
  • efi·si·en /éfisién/ a 1 tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dng tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya); 2 mampu menjalankan tugas dng tepat dan cermat; berdaya guna; bertepat guna; sangkil.

Kata Mangkus dan Sangkil mungkin akan punah karena jarang digunakan. Kita lebih suka kata "berbau asing (Barat)" --efektif (effective) dan efisien (efficient).

Kata Biduan

Kata lain yang naga-naganya mau punah adalah biduan. Pernah dengar? Minimal ada lagunya deh:
  • Aku seorang biduan... Biduan dari Melayu... Tugasku menghibur Tuan... Agar gembira selalu...(Biduan, Rhoma Irama). 
  • Oh biduan pujaan... Pujaan tua muda... Kau ditaburi cahaya... Dan sinar kekaguman... Dan riuhnya tepukan... (Balada Seorang Biduan, Bimbo).

Apa artinya biduan? Menurut KBBI, bi·du·an n penyanyi (terutama yg diiringi musik).

Maka, seorang biduan pun harus bernyanyi secara mangkus dan sangkil. Jangan pula sampai kamse upay, lebeh, dan cupu :) Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
1 Komentar untuk "Pengertian Mangkus dan Sangkil"

Halo, salam kenal. Membaca definisi "sangkil" di posting ini, rasanya menurut saya tidak bisa dipadankan dengan efisien. Arti kata sangkil masih lebih condong ke tepat sasaran (efektif), belum ke seberapa irit atau cepat sampai ke sasaran tersebut (efisien).

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.