Menulis

Arti Kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea!

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Arti Kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea!
KATA-kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, sering kita ucapkan atau dengar dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, masa sih? Toh itu kan sama? Ah masa! Oh...! Ih, kamu! Lho... kok gitu? Romel tea... atuh!

Apa artinya kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea? Pengertian kata-kata tersebut bisa kita temukan atau cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Arti kata "sih"
Sih adalah bahasa percakapan. Sih merupakan (1) kata penambah atau penegas dalam kalimat tanya, menyatakan masih bimbang atau belum pasti benar; gerangan: siapa sih yang mengambilnya?; (2) memang; sebenarnya: bagus sih bagus, tetapi harganya selangit. 

Arti kata "kan"
Kalo yang ini singkatan dari kata "bukan" dan/atau "akan".

Mereka tidak mau 'kan? = Mereka tidak mau bukan? 
Ke mana pun kau kan kubawa = ke mana pun engkau akan kubawa

Tapi, bagaimana dengan yang ini: Itu 'kan dosenmu? Nah loh... apa arti kan  di sana?

Arti kata "tuh"
[Maaf, kata tuh tidak ada dalam kamus!] Nggak ada di kamus euy! Mungkin yang benar (baku): tu, tanpa h. Singkatan dari "itu". Tuh kan... apa kata saya! Itu tuh... yang itu...! > Tu kan.... itu tu....!

Arti kata "ah"
Kata seru yang menyatakan perasaan kecewa, menyesal, keheranan, tidak setuju: ah, jangan marah dulu, nanti akan saya terangkan duduk perkaranya; ah, mengapa itu yang kau ambil 

Arti kata "ih"
Kata seru untuk menyatakan heran (kecewa dsb). Ih, saya  gak mau; Jangan gitu ih!

Arti kata "oh"
Kata seru untuk menyatakan rasa kecewa, haru, yakin, dsb. (Bikin contoh sendiri aya ya...! :) )

Arti kata "masa"
Kata untuk menyatakan ketidakpercayaan dan sifatnya retoris: masa, dia sudah pergi?

Arti kata "dong"
Kata yang dipakai di belakang kata atau kalimat untuk pemanis atau pelembut maksud: kalau bukan kamu, siapa dong yg harus membiayai adikmu? 

Arti kata "toh"
Kata afektif sebagai penguat maksud: walaupun begitu, Tuan toh harus hadir; biarpun ia tidak bekerja, gajinya toh dibayar juga 

Arti kata "lho"
[Maaf, kata lho tidak ada dalam kamus!]

Arti kata "loh"
Papan bertulis.  Nah loh....?!

Arti kata "kok"
(1) cak kata yangg digunakan untuk menekankan atau menguatkan maksud: bukan aku kok yang menyuruh; (2) mengapa; kenapa: kok dia tidak datang? 

Apa kata "Tea" (Sunda)
Apa artinya Romeltea atau Romel tea = Romel + Tea?
Saya cek kata "tea" di Kamus Bahasa Sunda. Hasilnya:

tea (Indonesia): [Maaf, kata tidak ditemukan].
tea (Sunda): téa menunjuk kepada sesuatu yang sudah diketahui

Jadi, Romel tea artinya "Romel yang itu", "The Romel", atau "Ar-Romel" kalo dalam bahasa Arab (isim ma'rifat, nama yang sudah diketahui). Romel saja = bisa Romel mana saja. Kalo "Romel tea", maka artinya "Romel yang itu", yakni Asep Syamsul M. Romli.

Romel is taken from my last name Romli. Ditambahin kata "tea" sejak menjadi penyiar radio (2000) untuk menegaskan bahwa saya urang Sunda. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
2 Komentar untuk "Arti Kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea!"

Paling unik yang terakhir.. Pantes guru saya yang orang Sunda suka bilang "tea". Ternyata begitu artinya...

Kalau menurut ku kata "lho" sebagi penekanan kata untuk mencoba meyakinkan seseorang.
Ex :
Iya lho, nanti kamu sakit lho.

Atau mengungkapkan perasaan kebingungan
Ex : lho? Kok gitu ..

Hahahah hanya .. Itu opiniku

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.