Menulis

Kiat Memandu Acara - Teknik MC dan Moderator

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Kiat Memandu Acara - Teknik MC dan Moderator
BUKU Kiat Memandu Acara - Teknik MC dan Moderator ini sudah "naik pangkat" menjadi salah satu buku nasional --materi pendukung di sekolah-sekolah di Indonesia.

Buku ini saya tulis atas "desakan" seorang mahasiswa yang merasa sulit mencari buku panduan menjadi pembawa acara atau master of ceremony (MC) dan menjadi moderator acara diskusi.

Berdasarkan pengalaman sebagai penyiar radio yang tugasnya juga memandu acara (siaran radio), sering jadi moderator, dan sesekali jadi MC, ditambah studi literatur, maka jadilah buku saku tentang teknik MC dan Moderator ini.

Buku ini kecil, buku saku, dan tipis, cocok dibawa ke mana-mana untuk dipelajari dan menjadi panduan bagi Anda yang ingin menjadi MC dan piawai melaksanakan tugas sebagai moderator.

Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) MC dan moderator dijelaskan secara detail dalam buku ini. Tugas utama MC terangkum dalam TIM:
  • TIME -- memastikan acara berlangsung sesuai jadwal, mulai dan berakhir tepat waktu.
  • INTRODUCING -- mengenalkan pembicara atau pengisi acara, termasuk menyampaikan susunan acara.
  • MOOD -- membangkitkan gairah hadirin dalam mengikuti jalannya acara.
Tugas poko moderator a.l. mengenalkan pembicara, menyampaikan tema atau isu yang didiskusikan, mengatur lalu lintas tanya jawab, "melerai" atau menjadi penengah (seuai dengan istilahnya, "moderator") jika terjadi perselihan antar-pembicara atau antara pemateri dengan hadirin.

Minat buku ini? Silakan kontak Penerbit: Nuansa Cendikia, Bandung.

Website: http://nuansa.co/
Contact: 022-7801410 / 0818638038
Email: redaksi@nuansa.co

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Kiat Memandu Acara - Teknik MC dan Moderator"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.