Menulis

Beda Penulis dan Blogger

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Beda Penulis dan Blogger
BLOGGER dan penulis (writter) sama-sama menulis. Perbedaan utama di antara keduanya adalah blogger menulis untuk dua audiens --manusia dan mesin-- sedangkan penulis hanya untuk manusia.

Manusia yaitu pembaca. Dalam literatur internet/blogging dikenal sebagai user (pengguna) atau pengunjung (visitor). Mesin yaitu mesin pencari (search engine), terutama Google, Bing, dan Yahoo!

Ketika menyusun sebuah tulisan --dikenal dengan sebutan post atau posting, seorang blogger tidak hanya berkomunikasi dengan pembaca (manusia), tapi juga harus mampu "berkomunikasi" dengan mesin pencari --dikenal dengan sebutan Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari).

Saat menulis posting, blogger akan atau harus menggunakan teknik/trik SEO agar tulisannya mudah & cepat diindeks mesin pencari, tampil di peringkat pertama hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page), sehingga dibaca banyak orang.

Blogger, saat menulis, memperhatikan sejumlah hal yang menjadi SOP baku konten berkualitas (Quality Content) situs web atau blog:

  1. Usability --bermanfaat, dicari dan dibutuhkan pembaca/user.
  2. Scannability --mudah dipindai, enak dilihat, mudah dibaca, enak di mata.
  3. Findability --mudah ditemukan karena bersaing dengan tulisan online lainnya.
Secara teknis, menulis di blog atau media online berbeda dengan cara menulis di media cetak dan elektronik (naskah radio/televisi). Baca deh: Teknik Menulis di Media Online.


Penulis, berbeda dengan blogger, umumnya hanya menulis untuk manusia. Tulisannya dimuat di suratkabar atau majalah, juga dalam sebuah buku.

Saat menulis, penulis berusaha "menyenangkan" redaktur atau editor media. Berbeda dengan blogger yang berusaha "menyenangkan" mesin pencari (SEO Friendly dan pengguna (User Friendly).

Perbedaan Blogger & Penulis Lainnya

Perbedaan lain antara blogger dan penulis: blogger sudah pasti punya blog. Penulis belum tentu punya blog. Bahkan, tidak sedikit penulis yang tidak punya blog dan/atau "gaptek" soal blogging.

Pembeda blogger dan penulis berikutnya adalah penulis "hanya" menghasilkan tulisan.  Blogger tidak selalu harus menulis. Bahkan, blogger tidak harus bisa menulis karena isi (konten) blog itu multimedia: teks (tulisan), gambar/foto, infografis, video, audio/musik, dan link (hyperlink).

Seorang fotografer bisa membuat blog khusus foto (phlog, photoblog). Videografer bisa membuat blog khusus video (vlog, videoblog). Desainer grafis juga bisa membuat blog khusus yang berisi gambar-gambar hasil desainnya.

Terakhir, tak kalah penting, beda blogger dan penulis adalah blogger bisa menjadi blogpreneur, onlinepreneur, atau internet entrepreneur --wirausahawan online yang menghasilkan uang dari internet/blog.

Blogger bisa "menggaji sendiri" atau menghasilkan uang dari blognya (make money blogging), misalnya dengan mengikuti program Google Adsense (Iklan Google) dan memasang iklan di blognya.

Penulis "hanya" mengandalkan duit dari honor tulisan. Itu pun kalo dimuat dan kalo media yang memuatnya menyediakan honor bagi penulis.

So, it's your choice: become a blogger, a writer, or both of them! Jadi penulis sekaligus blogger akan mantap pisan euy! Hayu ah, ngeblog!!! Create a blog now! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
2 Komentar untuk "Beda Penulis dan Blogger"

Blogger keren euy,
Sesama Blogger "tos" dulu kita :D

sepertinya blogger harus lebih ekstra kerjanya..

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.