March 24, 2015

Kiat Mengatasi Writer's Block & Blogger's Block

By Romeltea | Published: March 24, 2015

 Blogger's Block
DI dunia tulis-menulis, ada istilah "hambatan/kendala menulis" alias Writer's Block, yaitu kondisi yang dialami seorang penulis sehingga tidak bisa menulis apa-apa, seperti "kehabisan ide". Hambatan menulis yang utama adalah "gak niat" alias "males".

Cara mengatasi Writer's Block sudah saya share di posting Cara Mengatasi Hambatan Menulis.

Di dunia blogging (ngeblog) pun ada istilah serupa, yakni Blogger's Block. Sama dengan Writer's Block, "hambatan ngeblog" (kendala menulis di blog) yaitu kondisi yang menyebabkan sang blogger tidak bisa memposting apa pun di blognya, utamanya karena "kehabisan ide" dan "males".

Jika kendalanya adalah rasa malas (not in the mood of updating or writing), maka Anda perlu "motivasi diri" atau "memaksakan diri" atau "minta dipaksa". 

Jangan katakan kendala blogging Anda adalah "tidak bisa menulis". Pasalnya, menulis itu layaknya berbicara. Selama ada hal yang mau dibicarakan, maka kita juga bisa menuliskannya. Hanya butuh "nawaitu" (niat) berupa willingness to write) untuk menjadi penulis atau blogger.

Jika Blogger's Bloknya berupa "tidak ada ide" atau "bingung mau posting apa", maka banyak sekali blogger luar sana yang sudah berbagi soal mengatasinya.

Link Posting Tips Mengatasi Blogger's Block

Berikut ini sejumlah posting yang memberikan tips atau kiat mengatasi hambatan update blog:
  1. Inspiration for Blog Posts and overcoming Writers Block.
  2. 26 Tips for Overcoming Bloggers Block.
  3. 9 Ideas to Break Through Blogger's Block.
  4. 23 Cara Mengatasi Hambatan Menulis di Blog.
  5. Memerangi Blogger's Block.
Di antara tips mengatasi Writer's Blokc dan Blogger's Block adalah banyak baca, baik berita aktual, misalnya melalui Google Alerts seuai dengan niche blog, memantau Google Trends, memantau status Facebook dan "jutaan" cuit di twitter, serta tontotan televisi dan film/video. Wasalam. (http://www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Kiat Mengatasi Writer's Block & Blogger's Block

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *