May 10, 2015

Downworthy - Software Penghapus Judul Berita Clickbait

By Romeltea | Published: May 10, 2015

 Plugin Chrome Penghapus Judul Berita Clickbait
ANDA "muak" dengan judul-judul berita "umpan klik" (clickbait) yang bombastis, sensasional, berlebihan, dan kadang "nyebelin"? Pasang saja ekstensi plugin Downworthy di browser Google Chrome Anda!

Clickbait adalah judul-judul berita di media online sebagai "modus" agar pembaca meng-klik berita tersebut. 

Judul berita "umpan klik" alias "jebakan klik" sering menipu dan memanipulasi pembaca karena bertujuan "mengundang klik" demi menaikkan traffic situs beritanya. (Baca: Pengertian dan Contoh Clickbait).

Begitu diaktifkan, plugin ekstensi Downworthy di Chrome akan bekerja "membunuh" kata-kata berbau clickbait dalam judul berita. 

Dalam uji coba saya, salah satu kata yang dihilangkan oleh plugin ini adalah kata seru "wow". Jika  ada sebuah judul berita clickbait berisi kata "wow", maka akan berubah menjadi “Oh GOD This is SO Boring. Please Kill Me”.

Ini contohnya:

Sebelum Downworthy Diaktifkan:

Judul berita clickbait


Setelah Downworthy Diaktifkan:

Judul berita clickbait


Dilansir The Telegraph, plugin itu diciptakan seorang program yang sudah merasa “muak” terhadap judul-judul berita clickbait yang bombastis, berlebihan, dan sensasional. Software plugin ekstensi Chrome ini dibuatnya guna menghadang kemunculan clickbait journalism di layar komputer pengguna.

Replaces hyberbolic headlines from bombastic viral websites with a slightly more realistic version. Downworthy replaces hyberbolic headlines from bombastic viral websites with a slightly more realistic version. "Literally" becomes "figuratively", "Will Blow Your Mind" becomes "Might Perhaps Mildly Entertain You For a Moment", and so on. Visit the website at downworthy.snipe.net for more info.

Kehadiran plugin ini mesti menjadi "warning" bagi kalangan praktisi media online atau situs-situs berita yang menganut "clickbait journalism". Judul-judul berita clickbait yang bisa dikatakan bentuk "degradasi jurnalistik" itu harus segera dihindari. 

Ayo, perangi clickbait journalism! Aktifkan plugin Downworthy dan Abaikan Judul Berita Clikcbait yang merupakan "jurnalisme gak bermutu" itu! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Downworthy - Software Penghapus Judul Berita Clickbait

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *