June 29, 2015

Menulis Berita SEO Friendly ala CNN & Daily Mail

By Romeltea | Published: June 29, 2015

CNN dan Daily Mail menggunakan story highlight yang "memanjakan pembaca". Pengunjung web yang biasa "terburu-buru" saat membaca berita online sangat menyukai gaya penyajian berita model keduanya --sangat user friendly! What a Good News!!!
 

good news
DUA situs berita terkemuka di Amerika Serikat dan Inggris, CNN dan Daily Mail, memiliki gaya penulisan berita yang relatif sama untuk pengoptimalan mesin pencari (SEO Friendly).

Kedua situs ini menulis judul berita plus eye catchy-lead yang memungkinan mesin pencari mengindeks dan menempatkannya di peringkat atas halaman hasil pencarian (SERP).

Beberapa situs berita di Indoensia juga tampak mulai "meniru" gaya penulisan berita ramah mesin telusur (SEO Friendly) ini.

Gaya penulisan berita CNN & Daily Mail bukan saja ramah mesin pencari, tapi juga ramah pengguna (User Friendly). Kita ambil contoh dua berita di bawah ini:




gaya berita cnn


gaya berita daily mail


CNN dan Daily Mail menggunakan story highlight yang "memanjakan pembaca". Pengunjung web yang biasa "terburu-buru" saat membaca berita online sangat menyukai gaya penyajian berita model di atas --sangat user friendly!

Keduanya menghindari gaya "jurnalisme clickbait", yaitu penulisan judul berita yang semata-mata berorientasi klik (jumlah kunjungan) namun sifatnya "menjebak" dan "mengesalkan" pembaca.

Media Berita Online Indonesia tidak usah malu meniru gaya penulisan berita seo friendly ala CNN dan Daily Mail ini. Sajian berita keduanya sama sekali jauh dari "jurnalisme sampah" (garbage journalism) ala "umpan klik" (clickbait) yang menyembunyikan substansi berita di judul dengan harapan diklik pengguna.

Pembaca sering dibuat kesal dengan judul-judul berita berupa umpan klik, seperti "Inilah...", "Ini dia...", "Wow...", "Heboh...!" dan sebagainya.

Yang seharusnya bilang "heboh", "menakjubkan", dan "wow" itu pembaca, bukan wartawan yang menulis berita!

Sekali lagi, Teknik Menulis Berita SEO Friendly ala CNN & Daily Mail patut diapresiasi. Sangat ramah pengguna! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Menulis Berita SEO Friendly ala CNN & Daily Mail

  1. Your website is terribly informative and your articles are wonderful. What are messenger bots

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *