Menulis

Menulis Berita SEO Friendly ala CNN & Daily Mail

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

CNN dan Daily Mail menggunakan story highlight yang "memanjakan pembaca". Pengunjung web yang biasa "terburu-buru" saat membaca berita online sangat menyukai gaya penyajian berita model keduanya --sangat user friendly! What a Good News!!!
 

good news
DUA situs berita terkemuka di Amerika Serikat dan Inggris, CNN dan Daily Mail, memiliki gaya penulisan berita yang relatif sama untuk pengoptimalan mesin pencari (SEO Friendly).

Kedua situs ini menulis judul berita plus eye catchy-lead yang memungkinan mesin pencari mengindeks dan menempatkannya di peringkat atas halaman hasil pencarian (SERP).

Beberapa situs berita di Indoensia juga tampak mulai "meniru" gaya penulisan berita ramah mesin telusur (SEO Friendly) ini.

Gaya penulisan berita CNN & Daily Mail bukan saja ramah mesin pencari, tapi juga ramah pengguna (User Friendly). Kita ambil contoh dua berita di bawah ini:




gaya berita cnn


gaya berita daily mail


CNN dan Daily Mail menggunakan story highlight yang "memanjakan pembaca". Pengunjung web yang biasa "terburu-buru" saat membaca berita online sangat menyukai gaya penyajian berita model di atas --sangat user friendly!

Keduanya menghindari gaya "jurnalisme clickbait", yaitu penulisan judul berita yang semata-mata berorientasi klik (jumlah kunjungan) namun sifatnya "menjebak" dan "mengesalkan" pembaca.

Media Berita Online Indonesia tidak usah malu meniru gaya penulisan berita seo friendly ala CNN dan Daily Mail ini. Sajian berita keduanya sama sekali jauh dari "jurnalisme sampah" (garbage journalism) ala "umpan klik" (clickbait) yang menyembunyikan substansi berita di judul dengan harapan diklik pengguna.

Pembaca sering dibuat kesal dengan judul-judul berita berupa umpan klik, seperti "Inilah...", "Ini dia...", "Wow...", "Heboh...!" dan sebagainya.

Yang seharusnya bilang "heboh", "menakjubkan", dan "wow" itu pembaca, bukan wartawan yang menulis berita!

Sekali lagi, Teknik Menulis Berita SEO Friendly ala CNN & Daily Mail patut diapresiasi. Sangat ramah pengguna! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Menulis Berita SEO Friendly ala CNN & Daily Mail"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.