June 19, 2015

Ramadhan Momentum Kaderisasi MC & Khotib

By Romeltea | Published: June 19, 2015

Ramadhan Momentum Kaderisasi MC & Khotib
Contoh Naskah MC Ceramah Tarawih Ramadhan

DALAM perspektif komunikasi praktis, Ramadhan merupakan momentum kaderisasi Pembawa atau Pemandu Acara (MC) bahkan Khotib Jumat.

Pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) atau pengurus masjid hendaknya memberikan kesempatan kepada anak-anak muda (remaja masjid) untuk menjadi MC sebelum ceramah tarawih.

Biasanya, sebelum shalat tarawih dilaksanakan, pihak DKM menyampaikan pengumuman, termasuk mengumumkan nama imam dan penceramah tarawih. Nah, kesempatan itu hendaknya dimanfaatkan oleh pihak DKM untuk kaderisasi MC dan Khotib.

Maksudnya, anak-anak muda (remaja masjid), diberi kesempatan untuk mengasah Keterampilan Public Speaking mereka dengan menjadi MC. Dari "latihan" itu, nantinya anak-anak muda remaja masjid itu akan terbiasa berbicara di depan umum, jadi MC, bahkan seiring meningkatkan wawasan keislaman meraka, suatu saat mereka menjadi khotib Jumat.

Jadi, para pengurus DKM yang biasanya "kaum tua" (maaf ya...), hendaknya "legowo" memberikan kesempatan kepada anak-anak muda untuk tampil di podium. Gak lama kok, paling sekitar 5 menit doang, untuk menyampaikan pengumuman sebelum shalat tarawih.

Contoh Naskah MC Ceramah Tarawih

Assalamu'alaikum Wr Wb. 
Hadirin Jamaah Masjid yang sama-sama mengharap ridho Allah SWT....

Saya --Ahmad Fulan-- atas nama DKM, akan menyampaikan beberapa informasi sebelum kita mendengarkan ceramah dan melaksanakan shalat tarawih.

Pertama, penerimaan kotak amal atau kencleng malam kemarin sebesar dua juta rupiah. Total penerimaan sedekah kotak amal tarawih hingga hari ke... Ramadhan ini sebesar 6 juta rupiah.

Kedua, penceramah dan imam tarawih malam ini adalah Bapak Ustadz Saha, dengan tema ceramah "Puasa Bukan sekadar Menahan Lapar Dahaga".

Informasi ketiga atau terakhir, penceramah dan imam tarawih besok adalah Ustadz Fulan, dengan tema ceramah "Syukur Nikmah Membuka Pintu Rezeki".

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Nah, ringkas 'kan? MC gak usah berlama-lama! Jangan sampai durasi ngemsi lebih lama dari durasi ceramah tarawih yang biasanya sekitar 15 menitan.

Tugas MC itu mengantarkan pemateri, bukan menjadi pemateri. Dalam konteks shalat tarawih, tugas MC adalah mengenalkan imam dan penceramah atau pemateri (introducing the speaker) dan menyampaina info penting dari DKM untuk jamaah masjid. Semoga bermanfaat. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Ramadhan Momentum Kaderisasi MC & Khotib

  1. inspiratif, thanks ilmunya.. semoga barokah..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *