Menulis

Biru Warna Favorit dan Terbaik untuk Desain Website-Blog

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Biru Warna Favorit
Biru adalah warna Favorit dan Terbaik untuk Desain Website/Blog. Hindari warna dominan terang yang menyilaukan mata.

BIRU (blue) adalah warna terpopuler, terfavorit, atau paling disukai pria dan wanita (favorite color). Oranye merupakan warna yang paling kurang disukai pria-wanita ( (least favorite). Demikian menurut survei Joe Hallock.

Dari 10 warna yang tersedia (biru, cokelat, hijau, abu, oranye, ungu, merah, putih, kuning, dan hitam), biru menempati posisi pertama warna terfavorit dengan meraih 35% (responden perempuan) dan 57% (pria).

Top 10 Warna Favorit Perempuan
  1. Biru 35%
  2. Ungu 23%
  3. Hijau 14%
  4. Merah 9%
  5. Hitam 6%
  6. Oranye 5%
  7. Kuning 3%
  8. Cokelat 3%
  9. Abu 1%
  10. Putih 1%
 
Warna Favorit Wanita
  
Top 10 Warna Favorit Pria
  1. Biru 57%
  2. Hijau 14%
  3. Hitam 9%
  4. Merah 7%
  5. Oranye 5%
  6. Abu 3%
  7. Putih 2%
  8. Cokelat 2%
  9. Ungu 2%
  10. Kuning 1%
warna favorit laki-laki


Hasil studi tentang warna yang paling tidak disukasi (least favorite), oranye menempati posisi pertama di kalangan perempuan (33%) dan posisi dua (22%) di kalangan pria --posisi pertama cokelat (27%).

Top 10 Warna Paling Tidak Disukai Perempuan
  1. Oranye 33%
  2. Cokelat 20%
  3. Abu 17%
  4. Kuning 13%
  5. Ungu 8%
  6. Hijau 6%
  7. Putih 3%
  8. Biru 0%
  9. Hitam 0%
  10. Merah 0%
warna tidak disukai wanita

Top 10 Warna Paling Tidka Disukai Pria
  1. Cokelat 27%
  2. Oranye 22%
  3. Ungu 22%
  4. Kuning 13%
  5. Abu 5%
  6. Putih 5%
  7. Hijau 2%
  8. Merah 2%
  9. Hitam 1%
  10. Biru 1%

warna tidak disukai pria

Hasil studi di atas menjadi acuan dalam desain website atau blog. Biru adalah warna dominan dan paling populer dalam desain situs web, sebagaiman diulas Kissmetrics yang juga mengemukakan data biru merupakan warna paling disukai pria dan wanita.

Biru Warna Favorit


Biru juga merupakan warna link terpopuler, sebagaimana digunakan mesin pencari Google dan Yahoo. Berdasarkan User Experience (UX), biru adalah link atau tautan.

Jika ada tulisan warna biru dalam tulisan di web, maka user menganggap itu adalah tautan yang bisa diklik (clickable link). Warna link di blog ini juga biru.

Biru adalah warna paling sejuk dan nyaman di mata pengunjung atau pengguna (user), selain warna gelap lainnya seperti hijau dan hitam.

Maka, jika Anda ingin membuat nyaman mata pembaca media online (pengunjung situs), gunakan warna dominan biru, hitam, atau hijau, dan hindari warna terang yang menyilaukan mata seperti oranye, merah, atau warna terang lainnya.

Makna Warna Biru
Btw, apa sih makna warna biru? Menurut berbagai sumber, biru adalah warna yang paling disukai secara universal. Karenanya, biru paling aman digunakan.

Biru, katanya, melambangkan kepercayaan, kejujuran, loyalitas, keandalan, dan tanggung jawab. Yang jelas, biru juga adalah warna jersey Persib, Maung Bandung, Pangeran Biru. Hidup Persib !!! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Baca Juga: Jenis Huruf Terbaik untuk Website/Blog

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Biru Warna Favorit dan Terbaik untuk Desain Website-Blog"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.