Menulis

28 Tips Bisnis Online - Panduan bagi Pemula

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

28 Cara, Tips, atau Ide Bisnis Online - Panduan bagi Pemula untuk menghasilkan uang dari internet (blog).

Bisnis Online - Panduan bagi Pemula
BISNIS online adalah usaha mencari penghasilan dengan memanfaatkan internet. Bisnis Online bisa dijalankan dengan blog/website atau media sosial.

Syarat utama melakukan bisnis online adalah memiliki blog dan/atau akun media sosial, terutama Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunci suksesnya adalah banyak pengunjung (blog) dan follower/liker (medsos).

Posting ini mengulas tips bisnis online dengan menggunakan blog atau website. Bisnis Online terpopuler via blogging (make money blogging) adalah menjadi publsiher Google AdSense dan Program Afiliasi (Affiliate Marketing).

Blog yang bisa menghasilkan uang adalah blog yang dikunjungi banyak user, ribuan visitor, atau punya banyak pembaca.

Untuk itu, blog yang kita bikin dengan tujuan bisnis ini mesti SEO Friendly, User Friendly, dan berisi posting yang asli tulisan sendiri, unik, aktual, menarik, update, bermanfaat, dan dibutuhkan user.

28 Tips Bisnis Online - Panduan bagi Pemula

Tips atau cara bisnis online berikut ini dikemukakan blogger sukses Daniel Scocco, pemilik Daily Blog Tips. Ia membagi 28 cara bisnis online ini dalam dua kategori:  
  1. Direct Methods - Metode Langsung
  2. Indirect methods. - Metode Tidak Langsung

Bisnis Online Metode Langsung

1. PPC Advertising Networks -- Jaringan Periklanan Pay Per Click. 

Dibayar jika iklan yang tampil di blog diklik user. Jaringan iklan terpopuler di jenis ini adalah Google AdSense. Kita harus mendaftar, konfirmasi, dan pasang kode-kode iklan di blog kita. Selain Google Adsense, ada Yahoo! Publisher Networks (YPN), BidVertiser, Chitika, Clicksor, dll.

2. CPM Advertising Networks – Jaringan Periklanan Cost per Mille (CPM).

Dibayar per 1.000 kali tampil. Jika blog Anda dibuka oleh seribu orang per hari, maka per hari itu pula blog kita menghasilkan uang.

Misalnya, blog kita dibaca 100.000 orang per bulan, maka dengan bayaran US$1 CPM, blog kita menghasilkan US100 dolar per bulan.

Popular CPM Advertising Networks: Casale Media, Burst Media, Value Click, Advertising.com, Tribal Fusion, Right Media.

3. Direct Banner Advertising – Iklan Banner Langsung. 

Blog kita terima pasang iklan. Orang lain pasang iklan di blog kita dengan harga yang kita tentukan sendiri. Ukuran terpopuler iklan banner di blog: 728×90 leaderboard, 120×600 skyscraper, 300×250 rectangle, dan 125×125 pixel.

4. Text Link Ads –iklan link teks.

Jenis iklan ini sudah memudar setelah Google menyatakan situs yang menjual text link tanpa tag “nofollow” akan kena penalty. Jaringan iklan jenis ini antara lain DigitalPoint Link Sales Forum, Text-Link-Ads, Text-Link-Brokers, TNX, dan LinkWorth.

5. Affiliate Marketing – Pemasaran Afiliasi

Terjemahan gampangnya: “jadi sales”.  Blog kita memasang iklan dan menjual produk orang lain dan dapat komisi. Sebutan lain bisnis online jenis ini adalah CPA (Cost Per Action) atau CPL (Cost Per Lead). Terpopuler: Commission Junction, ClickBank, Azoogle Ads, Link Share.

6. Monetization Widgets – Monetisasi Widget

Kita “menduitken” widget dengan skema PPC ataupun afiliasi. Blog kita dipasangi iklan, misalnya, dari Widgetbucks, ScratchBack, dan SmartLinks.

7. Sponsored Reviews – Ulasan Bersponsor

Dipelopori PayPerPost. Kita mereview (sebut saja: “meresensi”) sebuah produk atau website. Postingnya jadi sama dengan atau mirip “advertorial”.  Terpopuler: PayPerPost, Sponsored Reviews, ReviewMe, BlogVertise, dan Smorty.

8. RSS Feed Ads – Iklan yang “nebeng” di RSS Feed. 

Related links: Feedburner, BidVertiser, dan Pheedo.

9. Sponsors for Single Columns or Events

Mencari sponsor untuk kolom atau event tertentu, misalnya survei bulanan, wawancara khusus, atau konten spesial lainnya. Blog yang menjalankan bisnis ini antara lain Mashable dan Problogger.

10.Premium Content – Menyediakan konten berbayar. 

User yang ingin mengaksesnya harus bayar. Bisa juga dengan menjual layanan khusus seperti perangkat eksklusif. Contohnya SEOMoz. Wordpress.com juga menyediakan layanan premium berupa “upgrade” dan “jualan domain”.

11. Private Forums – Forum Privat

Membuat forum private yang hanya bisa diakses oleh member yang membayar iuran. SEO Blackhat, misalnya, mematok tarif $100 per bulan bagi anggotanya dan blog ini punya ribuan member! Contoh lainnya: vBulletin, Simple Machines Forum, phpBB, dan Vanilla.

12. Job Boards – Bursa kerja atau pasar lowongan kerja. 

Anda tinggal mendaftar dan akan mendapatkan laman domain bursa kerja. Anda menentukan tarif sendiri bagi pemasang iklan lowongan kerja dan bagi pencari kerja. List of popular job board software: JobThread, Web Scribe Job Board, SimplyHired Job-o-matic, Jobbex.

13. Marketplaces – Pasar Online. 

Anda membuat blog untuk memfasilitasi transaksi user, seperti EasyWordpress dan Mashable. Terpopuler di Indonesia Kaskus, OLX, Bukalapak, Tokopedia, dll.

14. Paid Surveys and Polls

Menggelar survei atau polling di blog Anda. Provider survei terpopuler di dunia misalnya Vizu Answers.

15. Selling or Renting Internal Pages

Menjual atau menyewakan internal page (halaman internal) blog Anda. Blog Anda harus populer dulu dan populer banget. Contoh yang gratis: kompasiana dan blogdetik. Contoh internasional: Million Dollar Wiki.

16. Highlighted Posts from Sponsors

Menampilkan posting dari para sponsor. Ini semacam “advertorial”. Contohnya di Techmeme. Intinya, menerima iklan dalam bentuk posting atau tulisan untuk dimuat di blog Anda.

17. Donations – menyediakan form atau tombol “donasi”. 

Pembaca blog yang dermawan akan memberi sumbangan langsung kepada Anda. Bisa disertai pengantar, seperti “Konten blog ini gratis! Jika Anda mau membantu pendanaan bagi kelangsungan blog ini, silakan donasi”. Bisa berupa donasi via PayPal, bisa pula dengan langsung mencantumkan nomor rekening.

18. In-text Adverting

Iklan dalam teks seperti Kontera dan Vibrant Media. Nanti ada “sponsored links” dalam postingan (inside your text).

19. Pop-ups and Pop-unders

Iklan model ini cukup mengganggu kenyamanan pembaca, tapi boleh dicoba. Intinya sih sama dengan Adsense, tampilannya doang yang beda, berupa “Pop-ups” itu. Jaringan iklan yang menggunakan metode ini a.l. Tribal Fusion, PayPopup, PopupAd, dan Adversal.

20. Audio Ads

Disebut juga PPP (Pay Per Play), Anda dibayar jika Anda pembaca yang mendengarkannya. Jenis iklan ini diperkenalkan Net Audio Ads. Istilah mudahnya, “iklan audio”.

21. Selling the Website

Menjual website. Anda sewa domain+hosting, populerkan, lalu jual. Tempat untuk menjual website antara lain DigitalPoint dan Sitepoint.

Indirect Methods: Bisnis Online Tidak Langsung

22. Selling an Ebook --  Menjual e-book. 

Bisnis online jenis ini sudah banyak dilakukan blogger Indonesia. Contohnya SEOBook.com. Anda bisa juga bikin e-book sendiri lalu promosikan dan jual di blog Anda. Cara bikin e-book gampang banget. Sudah banyak software-nya. Bisa juga di MS Word, tinggal save as “Pdf File”.

23. Selling a Hardcover Book – Jualan buku di blog. 

Bisa buku Anda sendiri, bisa pula buku orang lain. Kerja sama dengan penerbit, nanti dapat komisi. List of self publishing and publishing services: Lulu, Self Publishing, iUniverse, dan WordClay.

24. Selling Templates or WordPress Themes

Jualan template (Blogspot) atau tema (Wordpress). Contohnya? Tinggal ketik “premium theme” atau “premium blog template” di Google. Di sana banyak desainer blog yang menjual kreasinya. Anda tidak harus menjadi web desainer karena bisa juga ikut program afiliasi para webdesainer, misalnya di Studio Press atau Press Junkie.

25. Offering Consulting and Related Services

Menawarkan jasa konsultan atau sejenisnya. Anda posting banyak artikel tentang, misalnya desain web, maka akan terbangun citra diri Anda sebagai desainer web progesional. Tiap akhir tulisan, tampilkan saja “Hire Me!”.

Contoh lain, Anda bikin blog fotografi, isinya hasil jepretan Anda, lalu promosikan diri Anda, misalnya: “Butuh Fotografer? Butuh Foto Kualitas Tinggi? Call Me!”.

26. Creating an Email List or Newsletter

Membuat daftar email atau newsletter. Sediakan “RSS Subsribe Form” di blog Anda. Jika posting Anda menarik, mereka akan memasukkan email ke sana dan berlangganan posting Anda.

Anda bisa memadukannya dengan newsletter. Di sini pula yang dinamakan “pemasaran via email” (email marketing). List of software to manage email newsletters: AWeber, SendStudio NX, PHP Autoresponder, dan Constant Contact.

27. Mentoring programs

Contohnya, menggelar kursus online, sekolah menulis online, atau kursus apa pun secara online.

28. Creating a conference around the website

Membuat konferensi di website. Bisa memasang tarif bagi peserta, bisa pula mencari sponsor. Di Amerika mah sudah ada Search Engine Land dan Search Marketing Expo.

Itulah 28 Cara Bisnis Online. Banyak juga ya? Bagaimana memulainya?
  1. Bisnis Online memanfaatkan blog tentu saja langkah awalnya membuat blog dulu atau membuat toko online.
  2. Isi blog dengan konten berkualitas. Baca: 12 Ide Posting Blog untuk Pemula
  3. Terapkan Tips SEO Blog untuk mendatangkan banyak pengunjung. 

Jujur, saya baru melaksanakan beberapa saja, seperti nomor 1-5 dan 25. Bisnis Online saya selama ini adalah menjadi publisher Google AdSense, jasa pembuatan blog, dan nomor 25.

Bisnis Online nomor 25 saya jalanan dengan banyak menulis posting tentang jurnalistik, public speaking, humas, teknik mc, media online. Berdatanganlah email berjudul “Undangan Menjadi Narasumber” atau “Undangan Menjadi Trainer”. Alhamdulillah. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Online

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "28 Tips Bisnis Online - Panduan bagi Pemula"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.