Menulis

Mayoritas Warga Amerika Gunakan Media Sosial untuk Mendapatkan Berita

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Media Sosial untuk Mendapatkan Berita
MAYORITAS warga Amerika Serikat (AS) mendapatkan berita lewat media sosial.

Hasil survei terbaru Pew Research Center menunjukkan, 62% atau 6 dari 10 warga AS menjadikan media sosial sebagai sumber utama informasi ketimbang langsung membuka situs berita (news portal, media online).

Hasil survei yang dirilis laman Journalism menyebutkan, untuk pertama kali dalam survei pendapat umum, mayoritas rakyat Amerika mengatakan mereka sekarang memperoleh berita melalui media sosial.

Survei PEW Research Center menunjukkan, 62 persen responden mengaku menggunakan situs-situs media sosial, seperti Facebook, Reddit, dan Twitter, untuk memperoleh berita.

Situs media sosial yang paling popular untuk mendapatkan berita adalah Facebook dan Twitter, diikuti  Linkedln, YouTube, dan Reddit.

Media Sosial untuk Mendapatkan Berita

Media Sosial untuk Mendapatkan Berita


Peneliti mendapati situs media sosial yang paling popular untuk berita adalah Facebook, dengan 66 persen pengguna yang terdaftar, hampir dua pertiga membuka situs itu untuk informasi yang dipasang oleh para sahabat.

Twitter menunjukkan hampir sama baik dengan 59 persen pengguna mencari berita di situs; Linkedln, YouTube, dan Reddit juga memiliki pengguna yang sangat besar yang mencari berita di sana.

Dari mereka yang menggunakan media sosial untuk memperoleh berita, mayoritas 64 persen hanya menggunakan satu situs, yang paling sering adalah Facebook. 26 persen memperoleh berita mereka melalui dua situs, dengan hanya 10 persen menggunakan tiga atau lebih sumber media sosial.

Media Sosial Kian Dominan

Hasil survei di atas memperkuat temuan sebelumnya tentang dominasi media sosial sebagai sumber informasi. Survei Inside ID misalnya, menunjukkan media yang digunakan untuk mencari berita didominasi media sosial (81%).

Baca: Masa Depan Situs Berita Mulai Suram

Informasi yang dirilis New York Times, Nieman, dan Observer seperti dikutip Onpoint WBUR menunjukkan sejumlah situs berita (news online) kini mulai goyah --mem-PHK karyawan, memangkas anggaran, bahkan berhenti online.

"Masa depan jurnalisme-media online dibayangi ketidakpastian," tulis Onpoint. "Pebisnis media online kini berjuang menemukan model bisnis agar tetap bertahan karena iklan --yang menjadi sumber utama pendapatan-- disedot media sosial Facebook dan Google."

Aplikasi mobile dan media sosial mulai mengambil alih peran situs berita sebagai sumber utama informasi. Orang mulai beralih ke media sosial untuk menemukan informasi terbaru. Terlebih, informasi di media sosial sering lebih aktual dan orisinal ketimbang hasil liputan wartawan situs berita. Wasalam. (http://www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Mayoritas Warga Amerika Gunakan Media Sosial untuk Mendapatkan Berita"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.