Menulis

SBMPTN 2016: Jurusan Komunikasi Terfavorit di Unpad dan UPI

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Jurusan Komunikasi Favorit
JURUSAN Ilmu Komunikasi menjadi jurusan terfavorit atau terbanyak peminat dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016  Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.


Program Studi Ilmu Komunikasi Komunikasi Unpad mencapai 4.415 orang  atau tertinggi dalam jumlah pendaftar, diikuti Jurusan Ilmu Hukum (4.089) dan Pendidikan Dokter (4.020).

"Peminat paling tinggi program studi Ilmu Komunikasi mencapai 4.415 orang, diikuti Ilmu Hukum sebanyak 4.089, Pendidikan Dokter diminati 4.020 peserta,” ungkap Rektor Upad, Tri Hanggoro Achmad, seperti dikutip Berita Satu.

rogram studi favorit di kampusnya untuk kelompok saintek, masing-masing, kedokteran dengan 5.932 peminat, farmasi dengan 3.439 peminat, ilmu keperawatan sebanyak 3.045 peminat, psikologi sebanyak 2.807 peminat, dan teknik informatika sebanyak 2.052 peminat.

Tri mengungkapkan, lima program studi yang memiliki tingkat keketatan tertinggi yaitu, Televisi dan Film yang satu kursinya diperebutkan 63,37 orang, Manajemen persaingannya satu kursi diperebutkan oleh 55,77 orang, serta Teknik Informatika yang satu kursinya diperebutkan oleh 54 orang.

Secara umum, Unpad menjadi kampus dengan peminat terbanyak dalam SBMPTN 2016 di Panitia Lokal Bandung yang digelar Selasa (31/5/2016).

Pada SBMPTN kali ini, total pendaftar ke Unpad mencapai 85.596 orang untuk memperebutkan 3.074 kursi di 50 program studi.

Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 yang digelar menggunakan penilaian akademik, rogram studi favorit di kampusnya untuk kelompok saintek, masing-masing, kedokteran dengan 5.932 peminat, farmasi dengan 3.439, ilmu keperawatan 3.045, psikologi sebanyak 2.807 peminat, dan teknik informatika 2.052 peminat.

Tri mengungkapkan, lima program studi yang memiliki tingkat keketatan tertinggi yaitu Program Studi Televisi dan Film yang satu kursinya diperebutkan 63,37 orang, Manajemen persaingannya satu kursi diperebutkan oleh 55,77 orang, serta Teknik Informatika yang satu kursinya diperebutkan oleh 54 orang.

Peminat Jurusan Komunikasi juga tertinggi di UPI. Menurut Rektor UPI, Furqon, pendaftar ke kampusnya, pada pilihan satu hingga tiga mencapai 53.918 orang. Kuota yang tersedia melalui SBMPTN 2016 hanya 2.123 kursi.

UPI menerima 40% mahasiswa lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) serta jalur mandiri dengan kuota 2.264 kursi.

"Program studi dengan peminat paling banyak di UPI adalah Ilmu Komunikasi yang mencapai 2.733 pendaftar," katanya. “Ilmu komunikasi itu termasuk program studi yang baru kami buka."

Posisi berikutnya ada program studi Manajemen dengan 2.254 peminat, program studi Psikologi dengan 1.226 peminat, program studi Akuntasi sebanyak 1.675 peminat, serta program studi Teknik Sipil sebanyak 1.614 peminat.

Program studi yang peminatnya rendah masing-masing program studi Pendidikan Bahasa Prancis dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) yang peminatnya kurang dari 200 orang.

Komunikasi: Jurusan Favorit

Jurusan Komunikasi hampir selalu menjadi terfavorit atau paling bantyak diminati di Unpad. Ilmu Komunikasi menjadi prodi dengan peminat tertinggi di SNMPTN 2015 yaitu 7.496 orang, disusul dengan Manajemen 6.491, Akuntansi 5.100 orang, Farmasi 4.993, Ilmu Hukum 4.704, Keperawatan 4.481, Teknik Informatika 4343, Psikologi 4.295, Pendidikan Dokter 4.213 dan Televisi dan Film 4.051 orang (Detik).

Menurut laman BAN PT, Jurusan Ilmu Komunikasi Unpad merupakan salah satu Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik Peringkat A kedua dari 27 Perguruan Tinggi di Indonesia. Fikom Unpad berada di posisi kedua di bawah Fikom Universitas Airlangga (Unair) Surabaya (Data 2011).

Namun, dalam pemeringkatan Majalah Mix Marketing Communication, Fikom Unpad dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia Best School of Communications untuk kategori PTN Berakreditasi A selama selama empat tahun berturut-turut 2009 s.d. 2013 (Okezone).

Jurusan Komunikasi, Belajar Apa?

Terlepas dari Jurusan Ilmu Komunikasi kampus mana yang terbaik, namun fakta Jurusan Komunikasi terfavorit di Unpad dan UPI, kemungkinan juga di kampus lainnya seperti Komunikasi UIN Bandung, menunjukkan pengetahuan dan keterampilan komunikasi (communications skills) merupakan softskills dan lifeskills yang menjanjikan masa depan.

Perkembangan teknologi informasi dan teknologi, terutama internet, memerlukan SDM yang andal di bidang komunikasi, termasuk untuk internet marketing, online public relations (humas online), web content editor, admin media sosial, online custome service, corporate journalism, corporate blogging (business blogging/content marketing), wartawan, penyiar, juga SDM profesional di dunia televisi dan film.

Lalu, apa saja yang dipelajari mahasiswa jurusan komunikasi? Tergantung jurusannya. Yang jelas, semua mahasiswa komunikasi pasti belajar memahami pengetahuan dan menguasai keterampilan komunikasi, termasuk menulis (writing skills) dan berbicara (speaking skills).

Di Fakultas Ilmu Komunikasi ada Program Studi atau Jurusan Jurnalistik, Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR), Manajemen Komunikasi, Penyiaran (Broadcasting), juga --terbaru di Unpad-- Prodi TV dan Film.

Selamat belajar, adik-adik! Jadilah mahasiswa yang serius, hormati orangtua dan gurumu, biar berkah. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "SBMPTN 2016: Jurusan Komunikasi Terfavorit di Unpad dan UPI"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.