Menulis

9 Kesalahan Public Speaking (Pidato) yang Harus Dihindari

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

9 Kesalahan dalam Public Speaking yang Harus Dihindari
PUBLIC Speaking adalah aktivitas berbicara di depan umum, seperti pidato, ceramah, khotbah jumat, dan presentasi.

Public Speaking sering diindonesian dengan istilah "pembicaraan publik" atau "berbicara di depan publik".

Setidaknya ada sembilan pantangan, kesalahan, atau hal yang harus dihindari saat public speaking alias berbicara di depan umum atau pidato.

Kesalahan atau pantangan berikut ini harus dihindari agar pidato Anda menarik, memukau, disukai hadirin (audiens), dan mudah dimengerti.

9 Kesalahan Umum dalam Public Speaking


1. Membaca naskah pidato kata demi kata.

Reading a speech word for word.  Membaca naskah pidato secara utuh (script reading) merupakan satu dari empat teknik penyamapain pidato, selain menghafal teks pidato (memorizing), menggunakan alat bantu visual (using visual aids), dan menggunakan catatan (using notes).

Membaca naskah pidato kata demi kata dalam public speaking dinilai sebagai "pidato terburuk" karena tidak ada orang yang suka kepada pembicara yang berbicara sambil menunduk. Kalo mau baca naskah, kasih aja naskah itu ke hadirin --mereka bisa baca sendiri kok! 'Ner gak?


Solusi: gunakan catatan garis besar, outline, atau pointer.

2. Posisi Tangan

Setiap kali dipercaya menjadi trainer pelatihan public speaking, saya selalu memulainya dengan pretes. Peserta satu per satu tampil berpidato apa saja, misalnya sekadar mengenalkan diri dan menjelaskan hobi.

Kebanyakan mereka bermasalah dengan posisi kedua tangan yang merupakan pantangan dalam pidato: menyilangkan tangan di depan, disilang belakang (gendong tuyul), memasukkan tangan ke saku celana, lengan disedekapkan, atau meremas-remas tangan.

Solusi: saat memulai pidato, posisikan kedua tangan di samping dan mulai pergunakan gestur tangan saat mengatakan "saya". Bisa juga dengan meniru posisi tangan presenter televisis seperti dalam gambar berikut ini:

posisi tangan presenter tv

 3. Menggunakan Gaya Bahasa Teknis-Ilmiah

Kecuali presentasi atau orasi ilmiah atau mengajar di kampus, hindari penggunaan bahasa teknis-ilmiah yang hanya bisa dimengerti kalangan akademis atau kalangan tertentu (jargon).

Solusi: gunakan bahasa yang umum digunakan dalam sehari-hari atau yang dimengerti audiens.
 
4. Tidak fokus

Not having a point. Pembicaraan melebar atau "ngelantur" ke mana-mana. Selain pidato jadi bisa panjang atau lama, bikin kesel hadirin, pesan utama jadi terlupakan.

catatan pointer

Solusi: siapkan catatan ponters sebagai panduan. Ketahui juga yang ingin didengarkan audiens.

5. Mumble

Komat-kamit. Bersuara pelan, tidak jelas, kurang terdengar. Pastikan Anda bersuara lantang dan proporsional saat pidato. Anda harus bersuara pelan di depan audiens sedikit dan sebaliknya. Don't "ngagerenyem" when you're speaking before the public :)

6. Tidak Senyum

Kecuali public speaking dalam suasana duka, senyum wajib dilakukan, bahkan saat Anda memulai pidato. (Baca: Tips Mengawali Public Speaking).

7.  Melihat ke Atas. Mata ke mana-mana.

Poor use of eye contact. Jangan lihat ke atas, ke samping, ke dinding, atau ke arah lain selain hadirin. Hadapkan wajah kepada hadirin. Tatap mata mereka secara bergantian, putar kepala Anda secara perlahan pisan.

Jika gugup, grogi, kurang percaya diri, arahkan tatapan mata Anda ke atas kepala hadirin! This is great way to avoid nerveous. Silakan coba.
 
8. Monoton. 

Suara datar. Vokal tidak variatif. Monoton: mono = satu, tone = nada. Satu nada. Gak enak didengar! Variasikan nada bicara tinggi, rendah, pelan, keras, mungkin sesekali perlu "berteriak" sampil mengepalkan tangan.

9. Tempo  

Terlalu cepat = susah ditangkap, sukar dimengerti. Terlalu lambat = bikin kesel, ngantuk, boring! Maka, atur tempo atau kecepatan (speed) pembicaraan Anda. Ini perlu Latihan Napas dan Teknik Vokal.

Demikian "catatan kecil" tentang kesalahan atau pantangan dalam pidato (public speaking) yang mesti dihindari. Untuk teknik presentasi yang baik, silakan buka Top 10 Tips Presentasi Memukau. Wasalam (www.romelteamedia.com).*

Sumber
  • Nine Public-Speaking Mistakes. http://www.slideshare.net/mprofs/nine-publicspeaking-mistakes-you-need-to-stop-making-now  
  • 5 Public Speaking Mistakes To Avoid. http://www.realmenrealstyle.com/public-speaking-mistakes/ 
  • The 10 Biggest Public Speaking Errors (and How to Avoid Them). http://www.genardmethod.com/blog/bid/155719/The-10-Biggest-Public-Speaking-Errors-and-How-to-Avoid-Them

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "9 Kesalahan Public Speaking (Pidato) yang Harus Dihindari"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.