Menulis

Cara Menulis Berita (News Story)

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Cara Menulis Berita (News Story) Panduan untuk Pemula.

SAYA sudah berkali-kali menulis tips cara menulis berita sesuai dengan kaidah dan teknik jurnalistik. Kali ini saya kembali berbagi tips menulis berita yang baik berdasarkan sebuah video di Youtube berjudul Creating a News Report berikut ini:

video

Pengertian Berita

Cara Menulis Berita (News Story)
Berita adalah laporan peristiwa. Berita menjelaskan sebuah peristiwa nyata. Berita menyajikan banyak informasi, namun tidak menggunakan banyak kata-kata alias ringkas.

Berita merupakan produk utama jurnalistik. Menulis berita merupakan keterampilan dasar (basic skills) yang wajib dimiliki wartawan dan praktisi humas.

Menulis berita tidak bisa seenaknya, teu bisa sakadaek atau kumaha aing, tapi harus mengikuti kaidah penulisan berita sebagaimana tertuang dalam ilmu jurnalistik yang disusun para ahli, akademisi, praktisi, agar berita enak dibaca dan mudah dipahami.

Berita hakikatnya adalah komunikasi, yakni penyampaian pesan. Pesan harus disampaikan secara efektif dan efisien.

Karakteristik Berita
  • Faktual & Informational -- Disusun berdasarkan fakta, peristiwa yang benar-benar terjadi (faktual), dan bertujuan memberikan informasi.
  • Short Paragraph -- Ditulis dengan menggunakan alinea pendek atau 1-2 kalimat per paragraf.
  • Plain Languange -- Berita menggunakan bahasa umum, jelas, lugas, sederhana, mudah dimengerti pembaca dengan berbagai latar belakang pendidikan dan tingkat intelektualitas.
  • 5W+1H -- Berita diawali dengan dengan unsur 5W+1H di alinea pertama dan kedua.
  • Kutipan -- Berita memasukkan kutipan langsung atau tidak langsung dari narasumber yang menjadi bagian  atau saksi peristiwa yang dilaporkan. Fungsi kutipan sebagai penegas atau penguat fakta dalam berita.
PENTING!
Gunakan rumus ini sebagai standar penulisan berita:
WHO WHAT WHEN WHERE WHY HOW
(SIAPA melakukan APA, KAPAN, DI MANA, KENAPA, dan BAGAIMANA)

Struktur Naskah Berita

1. Headline - Judul Berita. Bagaian teratas naskah berita yang menarik perhatian pembaca. Minimal terdiri dari Subjek dan Predikat, misalnya: Umat Islam Gelar Aksi Bela Islam

2. Gambar -- Foto peristiwa atau ilustrasi yang relevan atau berkaitan dengan peristiwa yang diberitakan.

3. By Line -- Penulis berita atau nama wartawan. Bisa juga diletakkan di akhir naskah berita.

4. Placeline -- Tempat menulis berita atau tempat kejadian. Disebut juga Dateline, yakni tanggal berita dibuat atau peristiwa terjadi.

5. Lead - Teras atau alinea pertama yang berisi fakta terpenting sebagaimana digambarkan dalam judul. Lead merupakan bagian terpenting dalam berita.

Menulis Lead Paragraph harus memasukkan minimal unsur 4W:
  • Who = Siapa yang terlibat dalam peristiwa --pelaku, korban, saksi, panitia, pembicara, audiens, dll.
  • What = Apa yang terjadi, peristiwa apa.
  • Where = Di mana kejadiannya, tempat peristiwa
  • When = Kapan kejadiannya, waktu, minimal hari dan tanggal.

Urutan penempatannya 4W umumnya dimulai dengan WHO, diikuti WHAT lalu WHEN dan WHERE. Bisa juga dimulai dengan WHEN, bahkan WHY atau unsur lain dalam rumus berita 5W+1H.

6. Body - Isi berita atau penjabaran peristiwa yang diringkas dalam judul dan lead. Biasanya berisi unsur WHY dan HOW, yakni penjelasan atau detail peristiwa.

7. Kutipan -- yaitu kutipan narasumber, baik kutipan langsung maupun tidak langsung.

Di bagiann akhir naskah berita dapat ditambahkan informasi lain yang memperjelas atau menambah informasi terkait bagi pembaca (background information).

LATIHAN
WHO = Umat Islam
WHAT = Aksi Bela Islam
WHEN = Jumat 2 Desember 2016
WHERE = Monas, Jakarta
WHY = Menuntut penahanan penista Islam
HOW = Orasi, Shalat Jumat, Dzikir, Doa


Jutaan Umat Islam Gelar Aksi Bela Islam


RT Media, Jakarta -- Umat Islam menggelar Aksi Bela Islam, Jumat 2 Desember 2016, di kawasan Monas Jakarta, guna menuntut penahanan penista Islam.

Aksi diikuti jutaan umat Islam dari berbagai daerah di Indonesia. Massa berdatangan ke Jakarta sejak Kamis dengan menggunakan bus, kereta api, pesawat, mobil pribadi, bahkan berjalan kaki. 

Baca Juga:
Demikian cara menulis berita, standar, untuk pemula. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*




Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
0 Komentar untuk "Cara Menulis Berita (News Story)"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.