Manajemen Media Online: Desain, Konten, SEO

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Manajemen Media Online: Desain, Konten, SEO
Manajemen Media Online: Desain, Konten, SEO

Manajamen Media Online idealnya sudah menjadi mata kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi guna menemani atau melengkapi mata kuliah Jurnalistik Online dan dua mata kuliah sebelumnya --Manajemen Pers dan Manajemen Media Massa.

Manajemen Media Online --disebut juga Manajemen Media Daring, Manajamen Media Siber, atau Manajemen Website-- adalah cara mengelola media berbasis internet atau cara mengelola situs web, mulai dari situs web pribadi (blog) hingga situs web organisasi, instansi, perusahaan, dan media massa online  (situs berita/majalah online), dan meliputi desain, konten, dan SEO.

Manajemen Media Sosial bagian dari Manajemen Media Online.

Secara umum, manajemen media dibagi dalam tiga bagian atau departemen: redaksi (editorial department), pemasaran (marketing/busines department), penerbitan (publishing department).

Ketiga bagian itu pun berlaku di media online, minus publishing yang "diambil alih" oleh "departemen teknis" (IT) yang diisi webmaster, programmer, atau desainer web.

Di bagian pemasaran juga ditambah divisi khusus Online Marketing, termasuk mengelola media sosial.

Di School of Journalism University of Missouri sudah ada jurusan atau program studi Online Media Management.

Program akademik atau jurusan manajemen media online ini dirancang agar para mahasiswa memiliki pengalaman profesional di bidang media online.

Progam manajemen media online ini juga ditujukan bagi mahasiswa yang ingin berkarier di bidang manajamen penerbitan (suratkabar atau majalah), mengelola agensi periknanan (advertising agency), atau terjun di bidang media penyiaran online (broadcast or cable network or station).

Materi program Manajemen Media Online ini antara lain

  1. Communications Law
  2. Investigative Reporting
  3. Participatory Journalism
  4. Changing Media Business Models
  5. Media Management and Leadership
  6. Theory of Mass Communication
  7. Communication in Media Organizations
Manajemen Media Online juga mencakup:
  • Online Media Strategy
  • Planning and Buying
  • Social Media
  • Mobile
  • SEO  (Search Engine Optimization)
  • SEM (Search Engine Marketing)
Saya sering menjadi pemateri pelatihan dengan tema Manajemen Media Online. Permintaan praktisnya sih, bagaimana mengelola situs web dengan baik, baik situs pribadi (blog), situs web instansi/perusahaan, maupun situs berita atau situs komersial.

Saya sampaikan tiga besar pokok bahasan sebagai berikut:
  1. Desain Web
  2. Content Writing
  3. SEO
Di sub-materi desain web, saya tidak ngajarin cara desain website, wong saya aja baru bisa dikit doang modifikasi tema blogger atau wordpress --dasar CSS dan HTML.

Saya hanya berbabagi soal jenis-jenis tampilan website atau blog, termasuk:
  • Simple
  • Magazine Style
  • News Style
  • Portfolio
  • eCommerce/Online Store
Jenis-jenis tampilan atau desain web demikian sangat mudah ditemukan di situs-situs penyedia tema blog atau website, semacam Themeforest.

Tren desain web atau media online juga masuk dalam bahasan, termasuk tren "mobile-friendly website" atau situs web ramah seluler. Google bahkan mengeluarkan algoritma khusus bernama MobileGeddon

Di bagian penulisan konten, saya berbagi soal teknik menulis karya jurnalistik, utamanya menulis berita, artikel opini, dan feature, termasuk cara mengupload foto yang baik dan benar sesuai dengan dua target utama audiens media online: mesin pencari (robot) dan manusia (pengguna/pengunjung/pembaca).

Penulisan konten website itu hendaknya:
  1. Ramah Mesin Telusur (SEO Friendly)
  2. Ramah Penggguna (User Friendly)
Sub-tema SEO atau Pengoptimalan Mesin Pencari dibagi dalam dua bagian besar: SEO On-Page dan SEO Off-Page, plus Social Engine Marketing (SEM), Social Media Optimization (SMO), dan Social Media Marketing (SMM).

Itu dia draft konsep atau apa ya namanya.... mungkin garis besar (outline) tentang Manajemen Media Online, meliputi Desain, Konten, dan SEO. Itu saja dulu. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

0 Komentar untuk "Manajemen Media Online: Desain, Konten, SEO"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.