Custom Domain Blogger

7 Tips Agar Trafik Web (Blog) Bertahan dari Fred Update & Algoritma Google Terbaru Lainnya

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

The Best Way to Tackle Google Fred Update
The Best Way to Tackle Google Fred Update (Result First)
7 Tips Cara Agar Trafik Website (Blog) Bertahan dari Pengaruh Fred Update & Algoritma Google Terbaru Lainnya.

GOOGLE memperbaharui algoritma atau sistem indeksnya hampir tiap hari. Demikian dikatakan Webmaster Trends Analyst Google, John Muller, di akun Twitternya.

Ia menjawab pertanyaan sejumlah webmaster atau admin blog tentang sistem pemeringkat Google di halaman hasil pencarian, terkait algoritma Google terbaru, Fred Update.


"Ya, kami melakukan perubahan hampir setiap hari," tulisnya.

Pembaruan algoritma Google yang cukup besar terjadi 7 Maret 2017. Pembaruan atau updata algoritma Google yang belakangan dikenal dengan "Fred Update" ini mengakibatkan beberapa situs web mengalami penurunan trafik atau jumlah pengunjung 50 sampai 90 persen.

Sebaliknya, situs web atau blog yang lainnya justru menikmati lonjakan lalu lintas pengunjung (trafik) yang tak terduga.

Dengan kata lain, Fred Update menumbangkan banyak situs, namun juga mendongkrak situs lainnya. Jika blog Anda yang mengalami penurunan trafik secara drastis, maka blog Anda dipastikan terkena "tsunami Fred Update". Demikian pula jika tiba-tiba trafik blog Anda meroket.

Yang menurun, jelas dianggap melanggar aturan Google atau menerapkan trik "SEO Topi Hitam" (Black Hat SEO). Blog yang trafiknya menerapkan trik "SEO Topi Putih" (White Hat SEO).

Fred Update hanyalah yang terbaru dalam rangkaian pembaruan algoritma Google. Pembaruan utama lainnya, seperti Panda, Penguin, Hummingbird, Mobilegeddon, dan Possum mengguncang dunia SEO dan membuat SEO berjuang untuk bertahan dalam perubahan algoritma utama berikutnya.

Dampak Fred Update lebih dahsyat daripada dampak Update Google Panda yang juga menumbangkan banyak situs/blog.

7 Tips Agar Trafik Web (Blog) Bertahan

Berikut ini 7 Tips Dasar Agar Trafik Web (Blog) Bertahan dari Fred Update & Algoritma Google Terbaru Lainnya.

Tips berikut ini agar jika ada pembaruan algoritme terbaru tidak berngaruh buruk pada trafik situs Anda, memperbaiki lalu lintas yang jatuh setelah ada Fred Update, dan mengantisipasi pembaruan algoritma Google di masa mendatang.

1. Pantau Lalu Lintas Situs Anda


Anda perlu mengawasi jumlah lalu lintas organik Anda. Jelas. Tapi yang mungkin tidak Anda perhatikan adalah bagaimana jumlah lalu lintas Anda berkorelasi dengan pembaruan algoritme Google.

Buka Google Analytics atau perangkat lunak pelacakan peringkat Anda dan pindai riwayat terkini Anda untuk lonjakan utama dan tetes lalu lintas. Periksa tanggal perubahan tersebut terhadap tanggal update algoritma terbaru.

Bila Anda telah mengetahui pembaruan mana yang memiliki dampak terberat di situs Anda, Anda akan siap untuk memperbaiki dan menghindari penalti Google. Sekarang Anda tahu pembaruan mana yang mendatangkan malapetaka. Baca terus untuk melihat bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

2. Perbaiki Halaman Ad-heavy / Affiliate-heavy


Pastikan blog Anda nyaman dibaca pengunjung, tidak diganggu banyak iklan! Perhatikan isi atau postingan Anda berkualitas.

Fred adalah algoritma terbaru dalam hal kontrol kualitas konten. Mayoritas situs yang terkena dampak Fred adalah situs konten, seperti blog, yang mengorbankan konten berkualitas tinggi dan pengalaman pengguna (user experience) yang bagus di altar iklan dan pendapatan afiliasi.

Dengan kata lain, Fred menghukum halaman yang minim konten, namun banyak iklan, dan link program afiliasi. Sebenarnya , banyak situs yang terpengaruh oleh Fred mengklaim langsung melihat ada perbaikan segera saat mereka menghapus beberapa atau semua iklan dari konten blog mereka.

Bahkan jika Anda tidak terpengaruh oleh Fred Update, Anda harus mempertimbangkan untuk menghapus iklan yang mengganggu pengalaman pengguna Anda alias menggangu pembaca.

Iklan yang menipu yang terlihat seperti tombol unduh, iklan ditempatkan tepat di tengah artikel, dan iklan video yang diputar otomatis saat pengguna membuka laman blog Anda akan membuat Anda mendapatkan penalti Google.

3. Beef Up Thin Content

Terjemahan harfiyahnya sih "Daging sapi sampai kandungan tipis". Maksudnya, Anda tidak perlu menghapus semua iklan di blog, selama dibarengi dengan postingan berkualitas.

Situs yang benar-benar dipatuhi Fred adalah iklan yang berat dan kontennya jarang. Blog yang terkena penalti Google dengan Fred Update adalah yang lebih banyak iklan ketimbang konten berkualitas.

Jika situs web atau blog Anda telah terpengaruh oleh Fred Update atau algoritma terbaru Google, berarti inilah saatnya untuk memeriksa ulang kualitas konten blog Anda. Semua konten Anda harus:
  • Ditulis dengan baik.
  • Teliti secara mendalam topiknya.
  • Sepenuhnya menjawab pertanyaan yang relevan.

Kualitas konten bukan dilihat dari panjang-pendek postingan. Terkadang postingan pendek tapi berkualitas serta padat-berisi justru menempati posisi pertama halaman hasil pencarian.

Baca: Panduan Konten Berkualitas Google ada di Pedoman Webmaster.

4. Prioritaskan Pengalaman Mobile

Pastikan web/blog Anda ramah seluler (mobile friendly) alias responsive sehingga mudah dan cepat diakses via HP/Smartphone. Mayoritas pengunjung membuka laman web via HP.

Berita terbaru dari Google menunjukkan, kebanyakan halaman masih kurang beradaptasi dengan dunia mobile pertama ini.

Sekitar 70 persen halaman membutuhkan waktu 7 detik yang meningkatkan tingkat bouncing pengguna sebesar 113 persen. Idealnya, Anda ingin setiap halaman Anda tampil dalam waktu 3 detik alias fast loading.

Jika situs Anda tidak mobile-friendly dan Anda tidak yakin harus mulai dari mana, pertimbangkan untuk melakukan uji mobile-friendly.

Pastikan blog Anda menggunakan tema/theme atau template responsive agar mudah diakses via seluler.

Cek: Koleksi Template Blogger SEO Friendly Responsive

5. Terlihat Terlihat di Pencarian Lokal


Pembaruan penelusuran lokal Google yang terbaru, Possum, mempermudah pengguna untuk menemukan bisnis terdekat. Sekarang, lokasi fisik pencari memainkan peran lebih besar dalam hasil apa yang mereka lihat, dan hasilnya sangat dipengaruhi oleh kedekatannya dengan bisnis lokal dan ungkapan kueri mereka.

Jika mengandalkan lalu lintas lokal, pembaruan ini bisa menjadi keuntungan besar bagi bisnis Anda. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari itu, Anda harus memastikan semua informasi pencarian geo-spesifik Anda up to date.

Dapatkan daftar di direktori lokal. Gunakan alat pembuatan tautan untuk menemukan direktori lokal dan minta mereka mencantumkan bisnis Anda.
Targetkan kata kunci lokal: Possum memungkinkan variasi yang lebih besar dalam kueri yang mirip, jadi pastikan Anda memberi peringkat untuk semua variasi. Jika Anda tidak yakin kata kunci apa yang harus ditargetkan, gunakan perangkat lunak pelacakan peringkat untuk membantu menemukan kata kunci yang relevan.

6. Hapus Link yang Berbahaya


Jenis link yang tepat - backlink berkualitas tinggi dari orang-orang yang mengutip konten Anda dan merekomendasikan blog Anda ke teman - adalah beberapa sinyal peringkat terbaik yang dapat Anda miliki.

Jenis tautan yang salah - tautan dari jaringan tautan, tautan balik dari laman yang tidak relevan, dan tautan dengan anchor teks berisi spam - dapat mengakibatkan penalti manual dari Google.

7. Berikan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik


Blog atau situs web yang membuat nyaman pengguna, ringan, cepat, berisi konten berkualitas, tidak akan terdampak pembaruan algoritme Google mana pun.

Pengalaman Pengguna (User Experience, UX) menjadi fokus algoritma Google. Pastikan:
  • Blog Anda mudah diakses di semua perangkat  -seluler, tablet, desktop.
  • Posting konten berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi pengguna sebanyak mungkin.
  • Hilangkan penghalang UX: Jaga kebersihan situs dan mudah dinavigasi. Kurangi waktu loading sebanyak mungkin. Hilangkan iklan dan elemen yang mengganggu.
  • Gunakan Umpan Peta Situs & RSS XML: Bantu Googlebot dengan mudah menemukan dan mengindeks konten Anda. Daftarkan blog Anda ke Google dan Sitemapnya. Lihat: Tips Dasar SEO Blogger.

Kesimpulan

Google, sebagaimana pengguna, fokus pada konten atau isi blog dan tampilan yang simple, ringan, mudah dinavigasi.


Hindari mendapatkan backlink secara ilegal dan tidak alami. Jangan pernah menggunakan backlink generator apalagi membeli link. Tukar link juga termasuk link tidak alami.

Demikian 7 Tips Dasar Agar Trafik Web (Blog) Bertahan dari Fred Update & Algoritma Google Terbaru Lainnya. Wasalam. (www.romelteamedia.com. Sumber: Search Engine Journal).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 Komentar untuk "7 Tips Agar Trafik Web (Blog) Bertahan dari Fred Update & Algoritma Google Terbaru Lainnya"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.