Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog - Romeltea Media

Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis
Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog

BLOG itu penting, tak bisa diperdebatkan. Saya sudah share 20 Manfaat Blog mulai dari mengasah keterampilan menulis hingga bisnis online dan membangun jaringan.

Bagaimana jika malas menulis atau "tidak bisa" menulis, apa harus membuat blog juga? Lalu, diisi apaan dong itu blog jika gak bisa nulis?

Sebenarnya, semua orang bisa menulis. Jika ada yang mengaku tidak bisa menulis, maka sebenarnya bukan tidak bisa, tapi tidak minat dan niat. Soalnya, syarat menulis atau jadi penulis itu ya cuma satu: niat!

Oke deh, anggap saja Anda tidak bisa menulis, lalu bagaimana mengisi blog?

Kita mulai dulu dengan membuat blog. Silakan ikuti dulu Cara Membuat Blog.

Anggap saja blognya sudah jadi. Jangan dulu memikirkan tampilan, desain, atau mau tampilan blognya bagus menurut Anda. Langsung saja fokus ke konten, isi blog, yang disebut posting atau postingan (blog post).

Ketahuilah, isi blog itu tidak harus selalu berupa tulisan. Makanya, isi blog disebut KONTEN dan POSTING. Yang namanya konten atau posting, bisa berupa tulisan (writing), bisa juga berupa FOTO, GAMBAR, dan VIDEO.

Phlog - Photo Log (Blog Foto)

Phlog - Photo Log (Blog Foto)
Bagi Anda yang mengaku tidak bisa menulis, isi saja blog itu dengan foto atau gambar. Anda punya HP 'kan? Pastinya ada fitur kamera dong? Gunakan itu untuk memotret objek menarik atau momen kenangan, lalu posting atau publikasikan di blog Anda.

Maka, jika blog Anda berisi mayoritas atau semuanya foto, jadilah blog Anda bernama PHLOGGING, photo logging, atau Photography Blogging, Phlog, alias Blog Foto.

Contoh Blog Foto: romelteafoto.blogspot.com

Saya sering menyarankan orang yang hobi fotografi untuk membuat blog, yakni blog foto, untuk mempubliksikan hasil jepretannya.

Bisa jadi dut gak? Bisa banget! Dengan blog foto, Anda bisa dikenal orang sebagai fotografer andal, profesonal, bisa diundang, bahkan foto karya Anda di blog itu bisa dibeli, dijual.

Lihat saja situs penyedia foto seperti Shutter Stock atau 123rf. Mereka sediakan foto gratis dan premium. Contek saja konten mereka dengan foto asli karya Anda.

Vlog - Video Logging (Blog Video)

Video Logging (Blog Video)
Selain Blog Foto (Phlog), Anda yang malas menulis untuk mengisi blog juga bisa membuat Blog Video yang dikenal denga Vlog. Video Blogging, atau Video Logging (Vlog).

Anda bisa membuat blog khusus video. Contoh blog video: romelteavideo.blogspot.com. 

Vlog saya itu isinya bukan video karya sendiri. Sekadar contoh saja.

Buatlah video menarik, bermanfaat, unik, lalu posting di Youtube, dan ambil kode tempelnya untuk dimuat di blog Anda. O iya, Vlog juga bisa di Youtube ya, namanya Youtuber.

Bisa jadi duit? Bisa banget. Di  Blogger dan Youtube, Anda bisa melaukan monetisasi. Baca deh: Cara menghasilkan uang dari video.

Demikian inspirasi saya soal blogging, khususnya bagi Anda yang malas menulis, tapi mau punya blog. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

0 Komentar untuk "Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.