September 22, 2017

Daftar Kata Baku: Kukuh, Bukan Kokoh!

By Romeltea | Published: September 22, 2017

Daftar Kata Baku: Kukuh, Bukan Kokoh!
Daftar Kata Baku: Kukuh, Bukan Kokoh!

KATA baku adalah penulisan kata yang benar sesuai dengan standar yang ditetapkan lembaga bahasa. Kita bisa mengecek daftar kata baku di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Misalnya, kita ingin tahu, penulisan kata yang benar (baku) itu kukuh atau kokoh? Maka, buka saja KBBI Online tadi, lalu ketik kata kukuh, maka akan muncul:

Daftar Kata Baku: Kukuh, Bukan Kokoh!

Langsung muncul tuh, kata baku dan tidak baku. Yang baku: kukuh. Yang tidak baku: kokoh.

Kukuh artinya  kuat terpancang pada tempatnya; tidak mudah roboh atau rusak, dan teguh (tentang pendirian, hati, dan sebagainya).

Ketik pula kata kokoh, akan muncul:

Daftar Kata Baku: Kukuh, Bukan Kokoh!

Jadi, jelas sudah, kata baku kukuh, bukan kokoh.

Makanya, kita menulis pengukuhan, mengukuhkan, kian kukuh, dikukuhkan, bukan pengokohan, mengokohkan, kian kokoh, dikokohkan.

Kukuh dan Kokoh hanya contoh daftar kata baku-tidak baku dalam bahasa Indonesia. Masih banyak kata yang sering salah tulis, termasuk silakan, risiko, ubah, Anda, andal, imbau, dan telantar. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Daftar Kata Baku: Kukuh, Bukan Kokoh!

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *