September 19, 2017

Jumlah #Blogger di Indonesia Saat Ini, Termasuk Anda?

By Romeltea | Published: September 19, 2017

Jumlah Blogger di Indonesia Saat Ini
BERAPA Jumlah Blogger di Indonesia Saat Ini? Pertanyaan ini sering muncul di benak saya.  Benar, saya "kepo" banget soal jumlah orang Indonesia yang ngeblog.

Saat Googling, 19 September 2017, saya menemukan data-data lama, belum ada data baru. "Jumlah blogger 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet," tulis Antara.

Itu data jumlah blogger di Indonesia dua tahun lalu! Tanggal publikasi beritanya aja Kamis, 22 Oktober 2015, 19:54 WIB.

Ini ringkasan beritanya:
  • Jumlah blogger di Indonesia hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air.
  • Kendati jumlah blogge di Indonesia tidak banyak, para blogger itu tetap bertahan dan memiliki kredibilitas.
  • Sebagaian orang rezekinya memang di blog. Blogger menggunakan sisi personal dalam menulis, misalnya dalam branding suatu produk.
  • Peran blog sebagai penyumbang konten di dunia pemasaran kian meningkat seiring bertambahnya belanja iklan korporasi di media digital.
Itu data dua tahun lalu. Data terbaru ada di laman Marketing. Tanggal publikasinya 11 Januari 2017. Lumayan baru lah dibandingkan data jumlah blogger di Indonesia sebelumnya (dari berita Antara tadi).

Ini ringkasan informasinya:
  • Saat ini terdapat 7.000 reporter, jurnalis, dan editor yang bekerja di industri media Indonesia. 
  • Sekitar 3,8% (sekitar 3 juta) dari total pengguna internet aktif di Indonesia adalah blogger.
  • Diperkirakan akan lebih banyak lagi konsumen konten digital yang menyebut dirinya “prosumer” – konsumen yang juga terlibat dalam produksi konten – yang akan berkontribusi kepada peningkatan pembuat konten digital di Indonesia.
jumlah blogger
Itu dia data tentang  Jumlah Blogger di Indonesia. Data sebenarnya bisa lebih kecil atau bahkan lebih besar dari angka 3 juta.

Sebagai tambahan, jumlah blogger (orang yang ngeblog atau membuat dan mengelola blog) tidak sama dengan jumlah blog.

Pasalnya, satu orang blogger --seperti saya-- bisa punya lebih dari satu blog, bisa sampai 100 blog dalam satu akun (kalau ngeblognya di  Blogger).

Bagaimana dengan jumlah blogger di seluruh dunia? Perkiraannya sih bisa lebih dari 200 juta. Data 2014 saja, sebagaimana dikutip dari Slide Share, dari 1,5 miliar pengguna internet di dunia, 200 juta di antaranya blogger sebagaimana gambar ilustrasi di atas.

Sekian ulasan ringkas tentang Jumlah Blogger di Indonesia dan di dunia saat ini.

Anda sudah bergabungkah dengan mereka untuk "mewarnai dunia maya"? Kalau belum, silakan Buat Blog sekarang juga. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

3 comments on Jumlah #Blogger di Indonesia Saat Ini, Termasuk Anda?

  1. Hobi atau bekerja sebagai blogger masih dianggap berbeda dan dipandang sebelah mata di dunia luar, padahal bisa dijadikan gerakan literasi menginspirasi dan bisa meningkatkan budaya membaca di semua kalangan

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *