Custom Domain Blogger

Penipuan via SMS Transfer Bank Masih Ada

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Penipuan via SMS Transfer Bank Masih Ada
Penipuan via SMS Transfer Bank Masih Ada. Waspadalah!

Maaf uang'nya mau di transfer pakai BANK apa? tolong di smskan No rekening'nya bisa sms saya ke No yang ini saja 081546774989  

Demikian isi pesan singkat (SMS) yang saya terima siang ini dari Nomor  +6285882525604.

Reaksi pertama saya adalah "kirain udah gak musim lagi ni penipuan sms model begini, ternyata masih saja usaha".

Setahu saya, sindikat penipuan via sms model beginian sudah diberantas polisi, termasuk modus penipuan sms "Mama Minta Pulsa" atau "Papa Minta Pulsa" yang dilu marah banget.

Baca Juga: Penipuan Online > Dapat Uang dari FanBox


Ada juga modus penipuan vis SMS dan WhatsApp (WA) berupa meminta 'kode rahasia' yang diklaim salah kirim ke nomor korban.

Umumnya kode transaksi atau verifikasi yang merupakan hal privasi tak akan salah kirim. Namun justru itu modusnya, di mana pelaku akan menyebut bahwa nomornya mirip dengan nomor korban hingga pihak operator bisa salah.
 Sindikat penipuan via SMS pernah dibekuk Polda Metro Jaya dua tahun lalu. Anggota sindikat penipuan ini berjumlah 13 orang ditangkap di dua tempat berbeda, yakni di Cianjur dan di Bandung Barat. (Kompas)

Menurut polisi, yang jadi orban rata-rata kelas menengah ke bawah.

Modus operandi para pelaku yakni mengirim sms penipuan berupa hadiah dari bank atau mengirimkan nomor telepon sebelum meminta ditransfer. Setelah itu, korban pun akan dipandu untuk ke anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengirim sejumlah uang ke rekening pelaku.

Setelah korban mau diajak ke ATM melalui telepon, dipandu ke ATM kemudian disuruh mencet atau di arahkan supaya transfer ke rekening yang diperintahkan oleh tersangka.

Sebelum mengirim, biasanya pelaku menanyakan terlebih dahulu saldo di rekening korban. Setelah itu, mereka akan menyuruh korban mengirim uang dengan angka seolah-olah pin hadiah.

Minimal saldo yang ada di rekening calon korban Rp 500.000 kemdian disuruh menekan angka 0499757 kemudian kirim ke rekening tersangka.

Inti postingan ini, selalulah waspada penipuan via SMS ini. Semoga para pelaku segera bertobat. Jika tidak mau bertobat, semoga Allah SWT segera membinasakan mereka.

Jika kita Googling dengan kata kunci "Penipuan via SMS", akan tersaji banyak sekali data, fakta, atau berita tentang sms penipuan ini. Salah satunya saran:
  • Agar kita berati-hati jika menerima SMS yang meminta transfer uang dari orang yang tidak dikenal. Jangan ditanggapi atau segera hapus saja SMS-nya!
  • Ciri-ciri dari isi SMS penipuan ini: nomor HP tidak dikenal, meminta transfer uang tapi tidak menyebut nominal berapa dan untuk keperluan apa
  • Penipuan ini memanfaatkan kondisi psikologi dari orang yang sering melakukan transfer uang. Biasanya orang yang sedang / akan melakukan transfer uang itu sedang menunggu SMS dari partner bisnis / penjual resmi untuk konfirmasi no rekening Bank. Celah inilah yang dipakai oleh sang penipu untuk menjebak kita bahwa itu seolah-olah adalah no rekening yang resmi.  
Ada juga model Penipuan M-Tronik. Silakan baca: Penipuan M-TRONIK. Penipuan Pesta Hadiah Isi Ulang Pulsa M-Tronik!

Saya belum pernah menjadi korban. Alhamdulillah. Tapi, saya membayangkan bagaimana sakitnya jika kena penipuan via SMS ini. Waspadalah! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 Komentar untuk "Penipuan via SMS Transfer Bank Masih Ada"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.