Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary - Romeltea Media

Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary
Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary.

Jurnalistik Online adalah pemberitaan atau publikasi peristiwa dan informasi aktual melalui situs web di internet. Media publikasinya disebut media online atau meda siber (cyber media).

Kamus bebas Wikipedia mendefinisikan jurnalisme online atau digital journalism sebagai ”pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan melalui internet” (reporting of facts produced and distributed via the Internet).

Disebutkan juga, jurnalisme online adalah bentuk jurnalisme terkini berupa penyebarluasan konten editorial melalui internet (online journalism is a contemporary form of journalism where editorial content is distributed via the Internet).

Karakteristik junalistik online yang tidak dimiliki media lainnya ada dua: Link dan Multimedia.
  1. Link (tautan) atau hyperlinks adalah tautan ke berita atau informasi lain yang mendukung berita yang disajikan. Umumnya diawali dengan teks "Baca Juga", "Berita Terkait", atau "Lihat" diikuti judul atau kalimat berupa anchor teks dan url sehingga bisa diklik.
  2. Multimedia. Jurnalistik online bisa menyajikan informasi atau berita dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dan grafis sekaligus dalam satu judul atau halaman web (web page).
Karakteristik Jurnalistik Online liannya, seperti kecepatan, kesegaran, dan interaktivitas masih bisa dilakukan jurnalistik radio dan televisi (broadcast journalism).

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online

Berikut ini Daftar Istilah Penting dalam Jurnalistik Online.

User (Pengguna)
User (pengguna) adalah sebutan bagi pembaca media online. Secara umum, user adalah sebutan bagi pengguna internet atau orang yang mengakses internet dan membuka, mencari, dan membaca informasi di situs web yang tersaji di internet.

User dalam konteks media atau jurnalistik identik dengan pembaca (media cetak), pemirsa atau penonton (media televisi), dan pendengar (media radio).

Visitor (Pengunjung)
Pengertian visitor sama dengan user, yaitu orang yang membuka, membaca, atau mengunjungi media online.

Unique Visitors (UV, Pengunjung Unik)
Pengunjung unik yaitu orang yang baru pertama kali membuka sebuah website, termasuk situs berita.

Pengunjung unik berbeda dengan pengunjung reguler, yaitu pembaca setia atau orang yang berulang-ulang membuka sebuah sebuah situs.

AdSense
AdSense adalah sumber utama pendapatan atau penghasilan media online.

AdSense adalah singkatan dari Google AdSense atau Iklan Google, yaitu program periklanan Google yang melibatkan para pemilik situs web atau blog sebagai penayang (publisher).

Iklan AdSense muncul secara otomatis di halaman tertentu sesuai dengan tempat pemasangan kode iklan yang disediakan Google.

Iklan yang diklik pengunjung dan/atau tampil seribu kali akan menghasilkan komisi bagi penayang.

AdWords
AdWords adalah program periklanan dari Google bagi pemasang iklan. Jika kita memasang iklan di Google, maka iklan kita akan tampil di berbagai situs web dengan konten yang relevan dengan materi iklan kita.

Search Engine Optimization (SEO)

Google SEO
SEO dalam bahasa Indoensia disebut Pengoptimalan Mesin Telusur atau mesin pencari (search enginze).

Mayoritas pengguna, pengunjung, atau pembaca membuka situs web dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing dengan menggunakan penjelajah internet seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera di komputer atau telepon seluler pintar (smarthone).

Bersaing dengan media lain yang menulis berita atau menyajikan informasi serupa, kalangan jurnalis atau manajemen media online harus melalukan teknik SEO agar berita atau medianya terindeks dengan cepat dan mudah sehingga tampil di peringkat teratas halaman pertama hasil pencarian (SERP, Search Engine Results Page).

Teknik SEO secara umum meliputi keunikan dan keaslian berita (bukan salinan/copy paste), kelengkapan (detail), dan dukungan elemen lain seperti gambar dan video.

Teknik SEO juga meliputi tampilan situs web yang harus ramah seluler (mobile-friendly) dan ringan atau tampil cepat (fast loading).

Social Marketing Optimization (SMO)
Bagian dari teknik SEO, yaitu pemasaran atau promosi melalui media sosial, baik dengan cara mencari followers sebanyak-banyaknya, upate status, dan membuat konten unik dan menarik sehingga dibagikan (share), disukai (like), dan dikomentari (comments).
 

Social Media Marketing (SMM)
Pemasaran melalui Media Sosial, yaitu promosi berupa pemasangan iklan di Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya.

Stand-Alone Journalism
Istilah ini dikemukakan guru besar jurnalistik Jay Rosen dan Chris Nolan. Stand-Alone Journalism atau "Jurnalis Mandiri" merujuk pada wartawan profesional yang membuat situs web atau media online sendiri.

Di Indonesia kayaknya belum ada "Jurnalis Mandiri" seperti Rafat Ali, Nick Denton, Om Malik, Jason Calacanis, atau Josh Marshall di luar sana.

Keywords (Kata Kunci)
Kata kunci bisa dikatakan sebagai TEMA atau TOPIK dalam pemberitaan media online.

Berita media online atau media siber akan banyak dibanyak jika menyajikan berita dengan kata kunci yang menjadi trending topic atau viral di media sosial.

Kata kunci juga merupakan bagian dari SEO, yaitu dengan cara menempatkannya di judul (head), teras (lead), isi (body), dan di akhir tulisan.

Tags
Tag yaitu kata kunci yang menggambarkan konten atau isi sebuah situs web. Tags biasanya ditampilkan di bawah naskah berita sehingga memudahkan pembaca untuk membuka info lain dalam tema yang sama.

Category

Kategori mirip dengan tags. Di media cetak kita mengenal rubrikasi atau rubrik, yaitu halaman khusus yang memuat berita-berita dalam satu tema, misalnya rubrik ekonomi, politik, olahraga, dan sebagainya.

Di media online, rubrik ini namanya kategory yang biasanya ditampilkan di atas atau di bawah judul berita dalam bagian yang dikenal dengan istilah breadcrumbs.

Clickbait (Umpan Klik)
Saya sudah sering pisan menulis tentang umpan klik di blog ini. Apa itu clickbait atau umpan klik, silakan buka ClickBait.

Catatan pentingnya, umpan klik adalah "modus" wartawan atau media online untuk mendatangkan trafik atau pengunjung sebanyak-banyaknya. Judul Umpan Klik bukan jurnalistik yang baik, bahkan merusak kaidah jurnalistik.

Demikian Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online (Online Journalism Glossary). Tentu belum atau tidak lengkap. Anda bisa menambahkannya di kolok komentar. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

0 Komentar untuk "Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.