Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Google membayar penayang iklannya dengan dua cara, yaitu Biaya Per Klik (BPK/CPC) dan Biaya Per Seribu (BPS/CPM).

Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher
Postingan ini khususnya buat penayang iklan Google pemula. Yang belum mengerti bagaimana Google menghitung komisi buat blogger yang menjadi publisher AdSense.

Bagi Anda yang belum diterima menjadi penayang iklan Google, silakan simak Cara Agar Blog Diterima Google AdSense.

Cara pembayaran yang saya maksud di postingan ini bukan cara Google mengirimkan pembayaran atau menyerahkan penghasilan yang kita dapat, tapi cara perhitungan komisi. Sistem pembayaran AdSense kepada publisher a.l. via Cek dan Western Union. Saya pilih yang kedua.

Secara garis besar, Google AdSense akan membayar penayang iklan (publisher) dengan dua cara, yaitu jika ada pengunjung yang klik iklan dan jika iklan tampil seribu kali.

Jadi, jika iklan AdSense tidak ada yang klik pun, penayang iklan masih tetap dibayar atau mendapatkan penghasilan dari jumlah tampilan halaman atau jumlah kunjungan, minimal seribu tampilan atau seribu kali halaman dibuka pengunjung.

Dengan demikian, jumlah penghasilan AdSense tetap ditentukan oleh jumlah kunjungan atau trafik. Makin banyak pengunjung, makin sering blog atau website penayang AdSense dibuka pengguna internet, maka kian tinggi potensi pendapatannya.

Tugas kita sebagai publisher Google AdSense adalah terus berusaha meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan cara rajin upate, membuat konten berkualitas, dan menerapkan teknik Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO).

Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher

Berikut ini pejelasan ringkas tentang Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher. Secara garis besar ada dua perhitungan pendapatan:

1. Biaya Per Klik (PPK) atau Cost Per Click (CPC)

Biaya per klik (BPK) adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.

2. Biaya Per Seribu (BPS) atau Cost per Mille (CPM)

Publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.

BPS adalah singkatan dari "biaya per seribu tayang". Pengiklan yang menjalankan iklan BPS menetapkan harga yang diinginkan per 1000 kali penayangan iklan, memilih penempatan iklan tertentu untuk menampilkan iklan, dan membayar setiap kali iklan tampil.

Iklan BPS dapat berupa iklan teks atau gambar, dan selalu bertarget penempatan. Iklan teks BPS akan diperpanjang untuk menempati seluruh unit iklan. Iklan teks diperpanjang ini dapat ditampilkan pada laman Format Iklan.

Dari dua jenis cara Google membayar penayang iklan itu, ada pula turunannya yang disebut Click Through Rate (CTR) dan Revenue Per Thoushand Impression (RPM).

CTR yaitu jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan.

Misalnya, jika iklan Google ditayangkan di sebuah blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali, maka CTR-nya adalah 12/1500 = 0,008 = 0,8%

RPM yaitu pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara US$1 – 5 tergantung wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan.

Selengkapnya tentang Perhitungan Google AdSense atau Cara Google Membayar Publisher bisa disimak di Glosarium Bantuan AdSense.

Saya sendiri "tidak terlalu peduli" atau "tidak ambil pusing" soal bagaimana Google menghitung komisi atau penghasilan AdSense saya.

Yang saya lakukan adalah berusaha membuat konten berkualitas sebagaimana dianjurkan Google agar pengunjung blog saya banyak. Makin banyak pengunjung, kian tinggi potensi pengasilan AdSense saya.

Kata Google, prinsip dasar konten berkualitas atau postingan berharga itu adalah sebagai berikut:
  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"
  • Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.
Google Fesh Content

Ulasan ringkas tentang Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher di atas juga memberi gambaran, betapa besar penghasilan AdSense situs-situs berita yang trafiknya tinggi banget, mencapai jutaan pengunjung per hari.

Saya sudah mengulasnya di penghasilan situs berita dari AdSense karena konten dibagikan gratis kepada pengunjung atau pembaca.

Karena orientasinya trafik yang identik dengan pendapatakan, maka tak heran jika banyak wartawan atau media siber (media online) yang "melacurkan diri" dengan menganut jurnalisme umpan klik. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

0 Komentar untuk "Perhitungan Google AdSense: Cara Google Membayar Publisher"

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.