Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula

January 17, 2018 Follow @romel_tea
Cara Membuat Website - Panduan untuk PemulaCara Membuat Website - Panduan untuk Pemula, Termasuk Memilih Web Hosting Terbaik.

Tutorial membuat website berikut ini fokus ke platform wordpress. Ada juga panduan membuat website berbasis Blogger.

Intinya, membuat web itu mudah. Dalam hitungan menit, Anda sudah bisa punya website untuk blog pribadi ataupun untuk website organisasi, instansi/perusahaan, bahkan situs berita.

Pengertian Website

Website (Indonesia: Situs Web) adalah halaman web berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi (Wikipedia).

Dalam KBBI, Situs Web diartikan sebagai program komputer yang menjalankan peladen (server) yang menyediakan akses kepada beberapa laman.

Secara praktis, Website atau Situs Web --biasa disebut Web saja atau  Situs saja-- dapat diartikan suatu kumpulan halaman di internet (pages) yang menampilkan berbagai macam informasi dalam bentuk teks (naskah/tulisa/artikel), gambar, grafis, suara, video, ataupun gabungan dari semuanya (multimedia).

Pengertian praktis juga, website adalah halaman di internet yang biasa kita buka melalui aplikasi internet/web browser Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera, misalnya
detik.com, Republika.co.id, kompas.com, atau romelteamedia.com.

Sebagai "praktisi", saya tidak telalu memikirkan definisi atau pengertian website karena saya tidak sedang menyusun skripsi atau karya ilmiah.

Dalam postingan ini saya akan berbagi pengalaman saja tentang cara membuat website, baik website pribadi (blog) maupun website instansi/perusahaan ataupun web toko online.

Alasan Harus Punya Website

Di era internet atau era "zaman now", memiliki website merupakan keniscayaan. Saat ini orang mencari informasi "apa saja" melalui internet dan mencari atau menemukannya di website.

Kalau akan membeli jam tangan, misalnya, orang "zaman now" biasanya akan akses dulu internet untuk cek merek, model, dan harga, bahkan membelinya secara online (online shopping).

Saya sudah merasakan manfaat website, dalam hal ini website pribadi (blog) seperti romelteamedia.com ini, antara lain jadi lebih banyak orang mengenal saya, bahkan kemudian mengundang saya untuk menjadi pemateri atau pembicara di sebuah pelatihan.

Website adalah kantor online bagi perusahaan/instansi yang buka 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu, alias nonstop, di hari libur sekalipun.

Bagi individu (perorangan), website (blog) adalah "CV Online" atau "Biodata Online" sekaligus media eksistensi dan ekspresi. Baca deh: 20 Manfaat Blogging

Pengangguran (jobless) seperti saya bahkan menjadi website/blog sebagai media mencari nafkah, yakni dengan menjadi Blogpreneur.

Memilih Nama Domain & Hosting

Anggap saja Anda sudah termotivasi untuk membuat website, misalnya membuat website pribadi atau stus web organisasi.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih nama domain dan hosting. Jika belum mengerti apa itu domain dan hosting, berikut ini penjelasan singkatnya.

Pengertian Domain
Domain adalah alamat website ataub URL (Uniform Resource Locator) yang diakhiri dengan ekstensi domain .com, .co.id, .org, .info, .co, co.id, dsb.

Misalnya detik.com, republika.co.id, change.org, dll. Kalau blog saya yang sedang Anda kunjungi ini nama domainnya romelteamedia dengan ekstensi .com sehingga menjadi romelteamedia.com.

Nah, itu pengertian domain, secara praktis lho ya, bukan "ilmiah". Domain itu diibaratkan seperti alamat rumah, dalam hal ini "rumah maya" atau "alamat rumah di internet".

Pengertian Domain

Pengertan Hosting atau Web Hosting
Secara praktis juga, hosting/webhosting yaitu "rumah" tempat menyimpan nama domain dan data-data website, mulai aplikasi atau program yang membangun website hingga penyimpanan data --tulisan, foto, video, dll.

Dengan demikian, untuk membuat website, kita harus lebih dulu memilih domain dan hostingnya.

Memilih Domain & Hosting

Sekarang, silakan Anda memilih domain dan hosting dulu, sebelum mengikuti panduan membuat website yang saya share ini.

Untuk website pribadi (blog), Anda bisa gunakan nama asli Anda atau nama panggilan/nama populer Anda.

Saya, misalnya, memilih nama domain romeltea dan romeltea media. Romel adalah nama panggilan saya. Romeltea adalah nama onair saya ketika jadi penyiar tadio lalu saya jadikan nama online --nama website dan nama akun media sosial.

Di mana memilih domain dan hosting? 
Silakan Anda buka saja panduannya di laman Web Hosting Terbaik.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Cara membuat website yang akan saya share ini adalah tutorial membuat website dengan menggunakan CMS WordPress, platform web terpopuler di dunia.

Cara Membuat Website wp


Berikut ini langkahnya.

1. Install WordPress

Setelah Anda membeli/menyewa Domain & Hosting di salah satu provider domain-hosting terbaik yang ada dalam daftar link Hosting Terbaik di atas, Anda akan diberi akses ke Cpanel akun domain-hosting Anda.

Nah, silakan buka atau login ke akun hosting Anda untuk menginstal WordPress.
  • Login  ke Akun Hosting Web Anda
  • Cari dan klik halaman Control Panel (Cpanel)
  • Klik Web Aplication (App) > Softaculous Apps Installer  
  • Klik WordPress

Cara Membuat Website dengan WordPress

Akan muncul halaman seperti di bawah ini. Silakan diisi dan klik INSTALL.

Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula



Catatan:
Cara membuat website dengan wordpress umumnya seperti di atas di webhosting mana pun. Masing-masing webhosting atau provider domain-hosting punya panduan khusus instal wp. Anda tinggal minta linknya.

2. Ganti Tampilan & Pasang Plugin
Setelah instalasi selesai, website Anda sudah jadi. Langkah berikutnya antara lain:
Untuk mengganti tampilan, tinggal klik Tema di Dashboard WP dan pilih tema yang ada atau upload hasil download.

pasang tema wordpress
pasang tema wordpress


Setelah proses instalasi selesai, silakan untuk aktifkan template dengan menekan tombol Activate.

Demikian cara membuat website dengan mudah.

Cara Membuat Website dengan Blogger / Blogspot

Untuk membuat website berbasis blogger --hosting di Blogger-- silakan buka Cara Membuat Situs Berita Berbasis Blogger.


Untuk membuat blog di blogger, silakan buka Cara Membuat Blog di Blogger.

Itu dia tips cara membuat website dari saya, berdasarkan pengalaman. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.