7 Cara Menulis Artikel SEO Berkualitas untuk Website/Blog

Follow @romel_tea

Cara Menulis Artikel SEO Berkualitas untuk Website/Blog.

Artikel SEO Berkualitas adalah tulisan atau postingan yang ramah mesin telusur (SEO Friendly) dan ramah pengguna (User Friendly).

Cara Menulis Artikel SEO Berkualitas

Artikel SEO Berkualitas disebut juga penulisan konten web/blog ramah mesin pencari (SEO Content Writing).

Menurut Google, dalam Pedoman Konten Webmaster, artikel berkualitas adalah konten yang bermanfaat bagi pengunjung, unik, dan tidak menipu.

Prinsip dasar penulisan konten berkualitas buat website/blog menurut Google sebagai berikut:
  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. 
  • Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. 
  • Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"
  • Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik. 
  • Buatlah situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.

Cara Menulis Artikel SEO Berkualitas

Untuk pengoptimalan mesin pencari (SEO), agar postingan mudah terindeks dan tampil di halaman pertama Google, lakukan hal-hal berikut ini.

1. Kata Kunci.

Tentukan kata kunci (keywords) yang dibidik. Misalnya, Artikel SEO Berkualitas. Gunakan kata kunci terdiri dari dua-tiga kata (long-tail keywords) karena kata kunci satu kata didominasi sites ternama atau website berita.

Masukkan kata kunci tersebut di awal, tengah, dan akhir naskah, serta di subjudul (subheading) atau heading tags. Ulang penulisan kata kunci maksimal 2% dari jumlah kata yang ditulis.

2. Panjang Artikel

Panjang tulisan minimal 300 kata. Idealnya antara 800-1500 kata. Namun, jika topik tulisan Anda langka, unik, belum ada di blog/web lain, hanya dua-tiga alinea pun sudah cukup, karena tidak ada saingan.

3. Asli, Bukan Copas.

Tulis artikel karya sendiri, asli, orisinal, bukan konten salinan (hasil copy paste). Konten hasil copas memang bisa juga tampil di halaman depan Google, namun jika pemikin artikel mengetahuinya dan mengadukannya ke Google DMCA, maka tamatlah riwayat web/blog Anda kena penalti Google.

4. Internal Link/Inbound Link


Buat minimal satu "tautan kedalam" (Internal Link), yaitu tautan ke tulisan yang sudah dibuat sebelumnya. Di situs berita kita sering menemukan link judul berita yang diawali dengan "Baca Juga" atau "Baca".

5. External Link/Outbound Link

Buat minimal satu tautan keluar (external link), yaitu link ke website/blog lain terutama yang relevan dan menjadi sumber/rujukan.

Contoh terbaik artikel yang sarat link internal dan eksternal adalah artikel di laman Wikipedia, misalnya informasi tentang Blog.

6. Heading Tags

Heading memegang peran penting dalam membuat artikel SEO Berkualitas untuk Website/Blog. Heading adalah pemberitan Subjudul dalam artikel dengan ukuran huruf yang lebih besar.

Di Blogger, saat menulis postingan, ada pilihan Heading Tags seperti dalam gambar berikut ini untuk membuat subjudul: Heading (H2), Subheading (H3), dan Minor Heading (H3).

Heading Blog Post

Selain menjadi SEO Friendly, postingan blog atau arikel web akan lebih mudah dipindai dan dicerna dengan adanya Heading Tags.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel Ramah Pengguna (User Friendly) di Web/Blog.

7. SEO Image

Jangan asal upload gambar (image/foto) untuk ilustrasi. Kasih nama dulu file gambar dengan kata kunci yang dibidik. Setelah diupload, jangan lupa kasih Deskripsi.

Di Blogger, setelah gambar dimasukkan kedalam naskah, klik gambar sekali, lalu klik link "Properties" untuk mengisi Title dan Alt Text yang merupakan deskripsi gambar.

Properties Gambar



Deskripsi Gambar

Itu saja dulu tips tentang Cara Menulis Artikel SEO Berkualitas untuk Website/Blog agar mudah terindeks Google, ada di peringkat atas halaman hasil pencarian, dan banyak pengunjung. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Sumber:
https://yoast.com/blog-post-length/
https://blog.alexa.com/blog-seo-tips-writing-seo-friendly-posts/

Thanks for reading 7 Cara Menulis Artikel SEO Berkualitas untuk Website/Blog | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.