Pengertian Jurnalistik Online - Perbedaannya dengan Jurnalisme Cetak & Penyiaran

January 29, 2018 Follow @romel_tea
Pengertian Jurnalistik Online - Perbedaannya dengan Jurnalisme Cetak & Penyiaran
Pengertian Jurnalistik Online dan Perbedaannya dengan Jurnalisme Cetak dan Penyiaran.

Jurnalistik Online (Online Journalism) adalah bentuk jurnalisme masa kini yang menggunakan situs web di internet sebagai saluran publikasi.

Dengan kata lain, jurnalistik online adalah pemberitaan di internet melalui situs web. Dalam bahasa Indonesia, Online Journalism disebut Jurnalisme Daring atau jurnalistik dalam jaringan, yakni jaringan internet.

Istilah Lain Jurnalistik Online 

Jurnalistik Online disebut juga:
  • Jurnalistik Daring --daring adalah bahasa Indonesianya online.
  • Jurnalistik Digital --karena aksesnya menggunakan jari-jemari (click and/or tap, klik dan/atau sentuh) mouse, keyboard, dan layar monitor (screen).
  • Jurnalistik Internet --karena tersaji secara online di internet.
  • Jurnalistik Website --karena tersaji di situs web, dalam hal ini situs berita atau media siber.
  • Jurnalistik Multimedua --karena bisa menyajikan berita dalam format teks, gambar, audio, dan video sekeligus.
  • Jurnalistik Maya (Cyber Journalism) karena hadir di jaringan komputer dan internet.
  • Selengkapnya

Di buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online terbitan Nuansa (2012) saya menyebutkan Jurnalistik Online adalah jurnalisme generasi ketiga setelah jurnaistik cekat (print journalism) dan jurnalisme elektronik atau jurnalistik penyiaran radio & televisi (broadcast journalism).

Pengertian Jurnalistik Online - Perbedaannya dengan Jurnalisme Cetak & Penyiaran

Perbedaan Utama Jurnalistik Online dengan Jurnalisme Konvensional

Pembeda utama jurnalistik antara jurnalistik online dan jurnalisme konvensional (cetak/penyiaran) adalah terkait akses, ruang, tautan, interaktivitas, dan multimedia.
1. Distribusi Global

Akses dan distribusi global tanpa batasan geografis (global distribution). Semua orang di belahan dunia mana pun bisa mengakses informasi yang tersaji selama ada perangkat (komputer/smartphone) dan koneksi internet.

Media cetak hanya bisa diakses oleh yang berlangganan atau yang pinjam ke teman. Radio dan TV juga terbatas jangkauan siarannya, kecuali Online Streaming. Itu pun --kalu online streaming siaran berita-- bagian dari jurnalistik online juga.
2. Ruang Tak Terbatas

Jurnalistik Online memiliki ruang tak terbatas (unlimited space). Jurnalistik cetak dibatasi halaman atau ruang/kolom. Jurnalistik Penyiaran dibatasi waktu (durasi). Jurnalistik Online tanpa batasan-batasan tersebut.
3. Tautan

Tautan (link) atau hypertext ke konten atau berita lain. Link ke informasi lain dengan topik terkait merupakan keunggulan jurnalistik online yang tidak dimiliki jurnalistik cetak dan penyiaran.

Link ini jadi pembeda utama sekaligus keunggulan jurnalisme online yang tidak bisa ditemukan di jurnalisme cetak dan elektronik.
4. Interaktivitas.

Interaktivitas dalam jurnalistik online adalah pengguna (pembaca) bisa terlibat aktif berkomentar (comments), menyukai (like), membagikan (share), dan mengoreksi (corrections) bahkan merisak (bully) informasi atau berita yang tersaji.
5. Multimedia

Jurnalistik Online bisa menyajikan berita dalam format multimedia –teks, grafis, audio, dan video sekaligus dalam satu halaman.

Jenis-Jenis Situs Web Jurnalistik Online

Jenis-jenis jurnalistik online berdasarkan media atau situs web yang menjadi sarana publikasinya sebagai berikut:
  1. Edisi Online. Situs berita yang merupakan versi atau edisi online media cetak atau penyiaran, misalnya republika.co.id, pikiran-rakyat.com, kompas.com, serta radio dan tv streaming.
  2. Murni Online. Situs berita yang hanya ada di internet, misalnya detik.com, viva.co.id, antaranews.com.

Format Penulisan Jurnalistik Online

Karena berbeda media, penulisan berita dalam jurnalistik online berbeda gaya dengan cara menulis di media konvensional (cetak).

Berita online harus mengikuti standar penulisan website sebagaimana sudah saya share di posting Cara Menulis di Media Online.

Demikian Pengertian Jurnalistik Online - Perbedaannya dengan Jurnalisme Cetak & Penyiaran. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Pengertian Jurnalistik Online - Perbedaannya dengan Jurnalisme Cetak & Penyiaran | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.