Cara Mempercepat Loading Blog

Follow @romel_tea
Cara Mempercepat Loading Blog - Untuk Tingkatkan SEO dan Percepat Indeks Google

Kecepatan tampilan (fast loading) menjadi perhatian utama para blogger. Pasalnya, Google dan mesin pencari lainnya menegaskan pentingnya kecepatan (speed) ini untuk indeks.

Cara Mempercepat Loading Blog



Penentu utama kecepatan loading blog ada dua:
  1. Gambar (Image/Foto)
  2. Kode/Script
Karenanya, untuk mempercepat loading blog, gunakan gambar ukuran kecil (file size) dan minimalkan penggunaan kode/script, termasuk minimalkan pemasangan widget di sidebar blog.

Untuk mengecilkan ukuran gambar, kita bisa gunakan onlinte tool Image Optimizer. Pilih gambar dengan ukuran paling kecil, namun pertimbangkan juga kecerahan gambar. Jangan pilih yang buram (blur).

Untuk mengurangi script, minimalkan pemasangan widget. Hindari pemasangan widget yang tak perlu. Widget yang perlu a.l. Recent Post, Popular Post, dan Label. Bisa ditambah dengan widget Page Facebook.

Cara Mempercepat Loading Blog

1. CSS Minify

Selain cara di atas, mempercepat loading blog bisa dengan cara merapikan kode CSS. Kita bisa gunakan CSS Minifier. Copas kode dari template ke sana dan copas balik.

2. Memasang Javascript Lazyload

Kode ini untuk menunda tampilan gambar sehingga blog akan tampil lebih cepat. Kode lazyload banyak beredar di kalangan blogger. Tinggal Googling aja dengan kata kunci "memasang lazyload".

3. Kurangi Render-blocking

Kode JavaScript and CSS yang disimpan di hosting lain --selain blogger, misalnya di yourjavascript.com-- akan melambatkan loading blog. Sebaiknya simpan langsung kode-kode tersebut di template.

Desain template blog yang cepat, ringan, atau fast loading biasanya sederhana (simple). Template gaya majalah (magazine style) dipastikan berat karena berisi kode-kode yang membangun tampilan gaya majalahnya.

Anda bisa cek Koleksi Template Blog Simple Fast Loading.

Fakta mayoritas pengguna internet menggunakan mobile devices (HP/SmartPhone) juga menjadi pertimbangan utama. Seindah apa pun desain template, jika dibuka di HP, akan "begitu-begitu" aja, sesuai dengan ukuran layar HP.

Untuk mengecek kecepatan loading bisa gunakan Google PageSpeed Insight.

Cara Mempercepat Loading Blog


Demikian sekadar berbagi tentang cara mempercepat loading blog. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Cara Mempercepat Loading Blog | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.