Pengertian Taqobbalallahu Minna wa Minkum Minal 'Aidin wal Faizin

Follow @romel_tea
Pengertian Taqobbalallohu Minna wa Minkum Minal 'Aidin wal Faizin dalam Ucapan Selamat Idul Fitri.

Pengertian Taqobbalallahu Minna wa Minkum Minal 'Aidin wal Faizin
UCAPAN Taqabbalallahu Minna wa Minkum (تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ) dan Minal 'Aidin wal Faizin (من العائدين والفائزين) biasa diucapkan atau ditulis dalam pesan whatsapp pun status update media sosial dalam suasana lebaran untuk mengucapkan Selamat Idul Fitri.

Biasanya, ucapan/tulisan Taqabbalallahu Minna wa Minkum & Minal Aidin wal Faizin tersebut disertai kata-kata indah, puitis, baik bikinan sendiri maupun --kebanyakan sih-- copas dari ucapan yang sudah ada atau yang diterima sebelumnya.

Banyak juga yang ditambah dengan doa lainnya.

Saya sendiri biasanya mengirimkan ucapan selamat lebaran via WhatsApp (WA) cukup dengan Taqobbalallahu Minna wa Minkum dengan copas tulisan Arabnya.

Jika menjawab kiriman ucapan selamat lebaran yang berisi doa tersebut, saya cukup menjawabnya dengan "Amin". Jika ada ucapan mohon maaf lahir dan batin, saya jawab: sama-sama. Ringkas ya?

Arti Taqobbalallahu Minna wa Minkum

Kata ustadz saya, Taqabbalallahu Minna wa Minkum itu artinya "semoga Allah menerima ibadah dari kami dan dari kalian" atau "semoga Allah menerima amal ibadah kita". 

Taqobballalahu Minna wa Minkum

Karena berupa doa, maka jawabannya adalah "Amin..." yang artinya "kabulkanlah" atau "terimalah doa ini".

Masih kata ustadz saya, ucapan Taqobbalalloohu minnaa wa minkum itu adalah ucapan para sahabat Nabi Muhammad Saw dalam suasana lebaran/idulfitri. 

Para sahabat Nabi Saw juga biasa menambahkan kata-kata shiyamana wa shiyamakum yang artinya "puasa kami dan puasa kalian" atau "puasa kita".

Ucapan para sahabat itu aslinya begini: Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima dari kami dan darimu), jadi bukan minkum, melainkan minka.

Minkum artinya "dari kalian". Minka artinya "dari kamu". Beda dikit sih. Kalian mah buat banyakan alias jamak. Kamu mah sendiri, tunggal, sama dengan Anda.

Demikian asal-usul sekaligus pengertian Taqabbalallaahu minna wa minkum. Simple saja ya para sahabat Nabi Saw mah dalam ucapan selamat Idul Fitri-nya, gak kayak kita, cenderung "lebay", he he...

Pengertian minal ‘aidin wal faizin

Kalimat minal 'aidin wal faizin (من العاءدين و الفاءيزين) --perhatikan cara penulisannya ya, 'aidin (pake D) dan faizin (pake Z)-- artinya "bagian dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang" atau "kembali dan pemenang".

minal ‘aidin wal faizin

Selama ini dipahami, kata-kata minal ‘aidin wal faizin itu maksudnya "semoga kita kembali ke fitrah dan menjadi pemenang usai berakhirnya Ramadhan".

Kata ustadz saya, kalimat itu tidak diucapkan para sahabat saat Idul Fitri. Para sahabat Nabi Saw hanya mengucapkan kalimat pertama tadi --taqobbalallahu minna wa minka/minkum.

Lalu, dari mana asalnya kalimat minal ‘aidin wal faizin? Apa pula artinya? Bagaimana cara menjawabnya?

Kata ustadz saya, kalimat minal ‘aidin wal faizin adalah penggalan doa ja’alanallaahu minal ‘aidin wal faizin (semoga Allah menjadikan kita bagian dari mereka yang kembali dan menang) atau Allahummaj 'alna minal 'aidin wal faizin (Ya Allah jadikanlah kami kembali dan pemenang).

Masih kata ustadz saya, doa tersebut diucapkan sahabat Nabi Saw saat menyambut atau mendengar pasukan kaum Muslim yang dipimpin Nabi Muhammad Saw kembali ke Madinah usai menang dalam Perang Badar melawan pasukan Kafir Quraisy dari Makkah.

Nah, para sahabat yang nggak ikut perang, ingin juga berstatus dan mendapatkan pahala seperti para sahabat yang berperang: kembali dengan kemenangan.

Dengan demikian, jelas ucapan itu bukan doa atau ucapan saat lebaran. Bukan pula artinya "mohon maaf lahir dan batin".

Bagaimana cara menjawabnya? Sama seperti ucapan taqobbalallahu minna waminkum yang berupa doa, maka menjawab ucapan minal 'aidin wal faizin juga sama, yakni "Amin" atau "Amin Ya Rabbal 'Alamin", bukan "sama-sama".

Kalo "sama-sama" mah buat menjawab ucapan "mohon maaf lahir batin". Btw, maaf-maafan tidak dikhususkan di hari lebaran lho! 

Minta maaf wajib dilakukan saat berbuat salah, kapan saja, dan memaafkan juga dilakukan jika ada yang minta maaf --itu juga kalo memang bener-bener maafin :) Gak ada tuh dalilnya maaf-maafan saat lebaran atau sebelum Ramadhan.

Kesimpulan

Pengertian Taqobbalallahu Minna wa Minkum - Minal Aidin wal Faizin adalah "semoga Allah menerima amal ibdah kita - semoga Allah menjadikan kita bagian dari mereka yang kembali dan menang".

Demikian Pengertian Taqobbalallahu Minna wa Minkum Minal Aidin wal Faizin. Sekadar berbagi.  Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Pengertian Taqobbalallahu Minna wa Minkum Minal 'Aidin wal Faizin | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.