Cara Membuat Intro dan Outro Podcast: Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup

Follow @romel_tea
Cara Membuat Intro dan Outro Podcast: Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup

Intro dan Outro adalah elemen konten podcast di bagian awal dan akhir. Intro adalah pembuka (opening). Outro itu penutup (closing).

Berikut ini Cara Membuat Intro dan Outro Podcast: Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Podcast Anda.

Sebagaimana halnya siaran radio, siaran televisi, dan public speaking pada umumnya (pidato, ceramah), podcast juga harus dibuka dan ditutup.

Pembukaan podcast memainkan peran penting agar podcast didengarkan pendengar sampai tuntas. Penutupan berguna untuk meninggalkan kesan, follow, dan ajakan bertindak (call to action/cta). 

Setiap episode yang Anda rilis akan menjadi kesan pertama seseorang terhadap podcast Anda. Anda hanya memiliki 5 menit untuk "menggaet" sepertiga dari semua pendengar baru.

Beri tahu mereka apa yang akan Anda bahas. Beri tahu mereka apa yang akan mereka dapatkan dari mendengarkan podcast Anda.

Yakinkn pendengar bahwa ini adalah podcast untuk mereka.

Gunakan outro Anda untuk memastikan Anda mengubah pendengar baru menjadi pelanggan. Anda ingin mereka kembali lagi di episode berikutnya.

Anda punya ide untuk episode podcast Anda, tapi apa yang Anda katakan untuk memulai? Bagaimana pula cara mengakhiri podcast Anda?

Cara Membuat Intro dan Outro Podcast

Berikut ini Cara Membuat Intro dan Outro Podcast plus Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Podcast.

Tips Membuat Intro dan Outro

Dengarkan beberapa podcast, terutama dari genre yang berbeda, dan Anda akan menemukan banyak cara berbeda untuk memulai podcast. 

Tips di bawah ini dibuat bagi podcaster baru yang bingung bagaimana membuka epiosode atau memulai podcasting. 

INTRO PODCAST

Bayangkan Anda adalah pendengar baru untuk acara Anda. Video tersebut mungkin tidak dimulai dengan cuplikan atau episode pertama di mana Anda menjelaskan siapa Anda, tentang apa acaranya, atau bagaimana Anda menyusun acara. 

Jadi, Anda tentu ingin memulai podcast dengan gagasan bahwa setiap orang baru mengenal acara tersebut.

Ini mungkin berulang untuk Anda jika Anda membaca ini setiap pertunjukan, tetapi pendengar super Anda menantikannya. 

Itu sudah biasa, begitulah cara mereka tahu bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka harapkan, dan mereka akan terlempar jika tiba-tiba berubah.

Intro podcast terdiri dari ucapan selamat datang (greeting/welcoming) kepada pendengar, menyebutkan nama podcast, dan nama Anda atau nama host (podcaster).

1. Kenalkan Nama Podcast

Beberapa orang mendengarkan podcast tanpa melihat sampul atau judulnya. Mereka mungkin sudah mengetahui musik tema Anda. 

Mungkin mereka yang baru pertama kali mendengarkan podcast Anda telah melihat nama pertunjukan dan seni sampul Anda. Tapi percaya atau tidak, mendengarkan podcast tidak selalu merupakan pengalaman solo.

Pendengar mungkin sering masuk ke mobil suaminya dan sang suami memutar podcast yang belum pernah didengarkan sebelumnya. Dia mungkin sudah menyalakan podcast dan beralih ke aplikasi GPS-nya untuk mendapatkan petunjuk arah, jadi si pendengar tidak bisa begitu saja mengambil ponsel untuk melihat sampul atau judulnya. 

Jadi, ketika nama acaranya disebutkan, nama hostnya dikenalkan, pendengar akan menghargainya.

Beberapa orang juga tidak memiliki musik tema podcast. Jadi, jika seseorang mendengarkan acara Anda sebagai bagian dari playlist (yang ditawarkan beberapa aplikasi), mereka mungkin tidak dapat memeriksa ponselnya untuk melihat podcast apa yang sedang diputar. 

Mengatakan nama podcast dan topiknya sangat membantu pendengar.

Contoh Intro Podcast:

  • “Ini adalah Coffeepreneur Podcast…”
  • “Selamat datang di Coffeepreneur Podcast…”
  • "Anda mendengarkan Romeltea Podcast!" 

2. Perkenalkan Diri

Kedengarannya sangat mendasar, bukan? Percaya atau tidak, beberapa podcaster lupa memperkenalkan diri. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang tidak mau memperkenalkan diri?

Anda mungkin lupa, Anda mungkin tidak menganggapnya penting, atau Anda mungkin melupakan mereka yang merupakan pelanggan baru.

Anda mungkin khawatir tentang privasi, dalam hal ini podcaster hanya menggunakan nama depan mereka atau mereka menggunakan alias karena pekerjaan atau kehidupan mereka. 

Namun saat Anda menggunakan alias tersebut, jangan lupa untuk memberi tahu orang-orang siapa yang mereka dengarkan.

Saat mereka terus mendengarkan, mereka secara tidak sadar akan terhubung dengan Anda, tetapi bayangkan bertemu seseorang di sebuah pesta tetapi tidak mengetahui namanya. 

Apakah mereka akan menjadi sama berkesan? Tentu, Anda bisa mengatakan "pria berbaju merah", tetapi dengan audio, bagaimana seseorang bisa mendeskripsikan Anda? Mendeskripsikan suara mungkin lebih sulit, terutama bila ada lebih dari satu suara dan suara yang mirip.

Contoh:

  • Saya host Anda, Romeltea
  • Kami adalah host Anda. "Saya Rachel” “dan saya Joey.”
  • Saya Romeltea/ di episode ke-7 ini saya akan membahas tentang Podcasting.

3. Katakan untuk Siapa Podcast Anda.

Jika Anda bekerja dalam membangun komunitas, pada dasarnya Anda ingin dapat mengatakan, "Inilah orang-orang yang saya inginkan di dalam dunia saya.”

Beberapa orang memberikan julukan khusus untuk mereka seperti "Journeyers" atau "Fire Nation". Tapi yang sebenarnya Anda cari adalah orang-orang yang akan mengenali Anda dan acara Anda. 

Memberi mereka nama panggilan akan menjadi cara untuk mengindoktrinasi mereka ke dunia Anda, tetapi itu tidak selalu diperlukan.

Anda mungkin hanya ingin mengatakan titik sakit yang Anda rasakan podcast Anda jawaban untuk audiens Anda.

Contoh:

  • “The Coffeepreneur Podcast, membantu Pemasar Kopi seperti Anda…”
  • “Selamat datang di Coffeepreneur Show, pertunjukan untuk Anda Beanies di luar sana…”
  • Anda mendengarkan Romeltea Podcast, membahas topik seputar komunikasi praktis.

4. Katakan tentang Show Anda

Seseorang mungkin telah mengklik podcast Anda setelah mencari subjek tertentu. Mereka mungkin menginginkan informasi tentang subjek itu, tetapi mereka juga ingin tahu bagaimana acara Anda akan memberikannya kepada mereka.

Pikirkan tentang bagaimana Anda akan membantu mereka, apa yang akan mereka pelajari dari / tertawakan / dihibur oleh pertunjukan Anda. 

Mudah-mudahan, Anda memiliki tema yang cukup bagus dengan seni sampul dan judul Anda yang diharapkan akan memberi tahu orang tersebut tentang apa pertunjukan Anda. 

Tapi, kalau-kalau tidak ada yang memperhatikan itu, atau mereka mendengarkan di platform di mana mereka tidak dapat melihat seni sampul (cover art) dengan baik, masih merupakan ide yang baik untuk menyelidiki lebih dalam apa yang akan mereka dengar di Anda. 

Contoh:

  • “Selamat datang di Coffeepreneur Podcast, di mana para pemasar kopi akan belajar bagaimana menjual produknya…”
  • “Jika Anda seorang pemasar kopi yang mencari teknik tentang cara menjual kopi Anda ke dunia…”
  • "Romeltea Podcast bebagi tips komunikasi, mulai jurnalistik, public speaking, hingga blogging dan podcasting".

5. Katakan Apa yang Terjadi dalam Acara

Ini mungkin terdengar mirip dengan apa acaranya, tapi tidak. Ini adalah tambahan yang sangat halus untuk intro Anda. 

Beberapa pendengar menikmati wawancara, beberapa tidak. Beberapa senang belajar dari satu orang dengan pertunjukan solo. Beberapa menyukai diskusi meja bundar. Dan beberapa menyukai banyak pembawa acara melalui pertunjukan solo (monolog).

Semakin cepat Anda memberi tahu seseorang bagaimana struktur acara Anda, semakin cepat mereka tahu apakah acara itu untuk mereka atau tidak.

Anda mungkin berteriak pada ponsel / komputer Anda, “Tapi, acara saya sangat luar biasa? Saya tidak ingin seseorang pergi karena mereka bahkan belum mendengarkan! "

Namun, etidaknya akan ada satu orang di dunia ini yang mungkin bukan penggemar terbesar acara Anda. Mereka mungkin bukan pendengar ideal Anda.

Contoh:

  • “… Acara di mana kami mewawancarai para ahli di bidang pemasaran kopi.”
  • "... di mana pembawa acara Rachel dan Joey berbicara tentang pengalaman mereka menjual kopi."

6. Ajakan Bertindak (Call To Action)

Ajakan bertindak adalah apa yang Anda ingin pendengar lakukan setelah mendengarkan podcast, jadi Anda bisa secara teoritis meletakkannya di akhir, ketika mereka mendengarkan begitu lama, mereka telah duduk di jalan masuk karena terlalu bagus untuk berbelok.

Anda dapat memutuskan untuk meletakkannya di awal sebagai bagian dari intro Anda sehingga melekat di benak orang setelah beberapa episode.

Tapi, pertimbangkan ini saat memilih ajakan bertindak Anda: orang-orang kemungkinan besar mendengarkan podcast secara pasif. 

Lewatlah sudah hari-hari ketika orang berkumpul di depan radio untuk mendengarkan. Mereka sedang mengemudi, mereka berjalan-jalan dengan anjingnya, mereka melakukan pekerjaan rumah tangga, mereka berada di gym, dll.

Kemungkinan besar, mereka tidak aktif di depan komputer mereka dan dapat membuka situs web Anda untuk mendaftar buletin email Anda atau mendaftar magnet utama Anda atau mengikuti Anda di Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, sekarang juga.

Faktanya, pada saat mereka selesai mendengarkan Anda mencantumkan semua cara mereka dapat menemukan Anda, terhubung dengan Anda, mendaftar untuk sesuatu, membeli kursus Anda, membayar konsultasi Anda, melihat gambar kucing Anda ... Anda telah kehilangan mereka .

Pilih satu (atau dua, paling banyak) untuk ditambahkan ke intro dan / atau outro Anda. Buat itu mudah diingat!

Contoh:

  • “Ingin update seputar komunikasi praktis? Ikuti saya di Instagram @romeltea atau website romeltea.com. ”
  • “Ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang kita bicarakan hari ini? Kunjungi situs web kami, Katalis.net. ”

OUTRO PODCAST

Secara statistik, beberapa audiens Anda mungkin tidak akan mendengarkan saat outro Anda dimulai. 

Mereka yang akrab dengan acara Anda dan Anda mungkin sudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dari sebagian besar episode Anda sehingga mereka memutuskan untuk melanjutkan.

1. Rekap Episode

Meskipun mereka hanya mendengarkan acara utama pertunjukan, mereka mungkin perlu sedikit diingatkan tentang tujuan pertunjukan secara keseluruhan. 

Memberikan rekap atau ringkasan adalah cara yang bagus untuk memastikan mereka menyadari bahwa Anda memberikan apa yang Anda janjikan.

Ketika Anda merekap bahwa Anda telah memberi mereka apa mereka datang ketika mereka menekan putar di podcast Anda, Anda telah memberi mereka alasan untuk mempercayai Anda dan semoga mereka kembali lagi.

Ini juga dapat mencakup mengulangi siapa tamunya dan bagaimana mereka memberikan nilai pada episode tersebut.

2. TakeAways

Apa yang Anda ingin pendengar pelajari dari acara Anda? Apa yang tamu Anda katakan yang mengejutkan Anda? 

Menurut Anda, apa yang paling diingat orang dari episode ini (dan apa yang paling Anda ingin mereka ingat)?

Memasukkan beberapa poin kunci dari percakapan Anda atau takeaway akan memperkuat ide-ide itu ke dalam pikiran mereka. 

Jika Anda kesulitan membuat kesimpulan dari episode Anda, pikirkan tentang apa yang dapat Anda terapkan dari episode saat itu juga atau dalam waktu dekat.

3. Terima Kasih kepada Pendengar

Orang-orang telah meluangkan waktu dari hari mereka untuk mendengarkan podcast Anda. Mereka membawa Anda bersama mereka saat mereka mengemudi ke tempat kerja atau merawat anak mereka atau menunggu di kantor dokter.

Orang yang mendengarkan podcast mengembangkan keintiman dengan suara yang masuk melalui earbud yang terletak tepat di sebelah otak mereka. 

Anda telah diundang ke dalam hidup mereka, untuk berbagi momen yang sangat pribadi dengannya. Itu hal yang indah.

Berterima kasihlah kepada para pendengar yang meluangkan waktu untuk podcast Anda. 

Anda mungkin sendirian di ruang bawah tanah saat anggota keluarga lainnya sedang tidur merekam, tetapi meskipun tidak ada yang mendengarkan saat Anda merekam, segera setelah Anda menekan Publikasikan, orang-orang akan mulai membawa Anda ke kehidupan mereka. 

Selalu berterima kasih kepada pendengar Anda adalah salah satu cara termudah untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendengar Anda.

4. Follow up, stay connected!

Orang-orang kemungkinan besar akan berpikir, “bagaimana saya bisa belajar lebih banyak? Saya ingin terhubung dengan orang ini! ”

Jika Anda memiliki segalanya di situs web Anda --media sosial Anda, email Anda, informasi lebih lanjut, produk Anda, dll.-- Anda memiliki kemewahan untuk memberi tahu orang-orang jika mereka ingin terhubung dengan Anda atau belajar lebih lanjut tentang pertunjukan, mereka dapat mengunjungi situs web Anda. 

Sekali lagi, mereka mungkin berada di suatu tempat tidak di depan komputer atau dapat melihat ponsel mereka dengan mudah. Semakin mudah Anda membuatnya, makin besar kemungkinan mereka mengingatnya.

5. Sign Off

Beri tanda bahwa Anda akan segera mengakhiri pertunjukan. Terkadang itu akan menjadi cepat, "Bye!" atau itu akan menjadi sesuatu seperti, "Sampai jumpa minggu depan." 

Sudah tertanam dalam budaya komunikasi kita bahwa kita membutuhkan isyarat verbal tersebut ketika percakapan selesai.

Jangan biarkan orang menganggap acaranya sudah selesai karena Anda sudah selesai berbincang.

Contoh Outro Podcast

“Demikian pengertian media massa. Terima kasih telah mendengarkan episode Romeltea Podcast minggu ini. Untuk tips komunkasi praktis lainnya, atau jika Anda ingin menghubungi saya, kunjungi romeltea.com. Sampai jumpa!”


Cara Membuat Intro dan Outro Podcast: Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup

Menulis Naskah Intro Podcast

Intro adalah bagian penting podcast. Hal pertama yang Anda ucapkan dan didengakan pengguna. Maka, jangan ragu untuk membuat naskah intro atau skrip (script) pembukaan podcast.

Ada beberapa podcast hebat yang tidak menggunakan intro sama sekali. Tetapi, bagi mereka yang mencari dasar-dasarnya, skrip intro podcast yang bagus akan menampilkan elemen-elemen berikut, selamat datang, informasi acara, dan pengenalan pembawa acara. 

Naskah Intro Podcast Bagian 1: Selamat Datang (Welcome)

Sambutan kepada pendengar adalah bagian pertama dari skrip intro podcast Anda.

Ini adalah kata-kata pertama yang akan didengar pendengar Anda, jadi buatlah itu berarti. Anda telah menonton dan mendengarkan cukup banyak program di TV, radio, dan web untuk mengetahui bagaimana kelanjutannya, "Selamat datang di Romeltea Podcast." 

Ada banyak variasi pada tema ini.

  • Selamat datang di Romeltea Podcast
  • Sudah waktunya untuk Podcast Komunikasi
  • Bersiaplah untuk Romeltea Podcast
  • Anda sekarang mendengarkan Katalisnet Podcast Seri Komunikasi

Naskah  Intro Podcast Bagian 2: Informasi

Bagikan informasi tentang acara Anda di skrip intro podcast Anda. "Tentang apa podcast ini?" 

Ini adalah pertanyaan wajar yang harus Anda bahas dalam skrip pengantar podcast Anda. Beberapa podcaster benar-benar kesulitan dengan ini. 

  • "Ini adalah podcast tentang podcasting"
  • "Ini adalah podcast yang dirancang untuk membantu orang-orang memulai podcasting atau membuat peningkatan pada podcast mereka saat ini."

Jika seseorang mendengarkan podcast Anda, mereka tidak ingin mendengarkan penjelasan panjang tentang acara Anda. Mereka hanya ingin tahu, dan kemudian (semoga) mereka ingin mendengarkan acaranya.

Naskah Intro Podcast Bagian 3: Pengenalan Host

Bagian terakhir dari skrip pengantar podcast Anda adalah memperkenalkan pembawa acara.

Bagian terakhir adalah memperkenalkan pembawa acara atau pembawa acara. Bagi mereka yang sering menonton TV larut malam, di sinilah penyiar menunjukkan kehebatan vokal mereka dan sering kali memperluas nama pembawa acara menjadi versi yang hampir lucu. 

Anda tidak perlu melakukan itu. Itu hanya perlu memberi tahu pendengar siapa yang akan berbicara dan memberikan transisi yang bagus ke dalam pertunjukan. 

Ada beberapa pendekatan berbeda untuk ini, tergantung pada seberapa banyak yang perlu Anda katakan tentang diri Anda atau tuan rumah. 

Sering kali tidak apa-apa hanya menawarkan nama Anda. Di lain waktu, mungkin berguna untuk menambahkan kredibilitas dengan membagikan beberapa informasi atau kredensial tambahan. 

Ini terutama benar jika tuan rumah memiliki beberapa klaim sebagai ahli di bidangnya dan belum dikenal luas untuk itu. 

Misalnya, jika podcast Anda adalah tentang topik medis dan Anda kebetulan adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri di bidang itu, atau jika tentang pemasaran dan Anda memiliki pengalaman yang luas, ini akan menjadi hal yang baik untuk dibagikan.

  • "Dan sekarang, sambutlah host Anda, Ahmad Fulan."

Menulis Naskah Outro Podcast

Apa yang Membuat Podcast Outro Baik?

Satu atau dua menit terakhir episode Anda digunakan untuk menciptakan kesan podcast yang abadi di benak pendengar Anda.

Anda mungkin telah melakukan pekerjaan yang bagus dengan intro podcast dan isi utama, tetapi jika pertunjukan berakhir dengan buruk, itu bisa menjadi perbedaan antara pendengar baru yang menekan tombol berlangganan atau tidak.

Tugas outro pada dasarnya adalah berterima kasih kepada pendengar karena telah mendengarkan, dan mengarahkan mereka ke arah detail penting yang muncul selama episode tersebut.

Itu juga bagian di mana Anda dapat meminta sesuatu sebagai balasannya. 

Jika seseorang tetap tinggal sampai akhir, mereka mungkin menikmati episode yang Anda buat untuknya, jadi mereka mungkin bersedia menanggapi permintaan Anda untuk sesuatu seperti penilaian atau ulasan.

Apa yang Harus Saya Sertakan dalam Outro saya?

Sama seperti intro podcast, tidak ada "aturan" seperti itu, tetapi jika Anda ingin menutup episode secara efektif, Anda harus mempertimbangkan hal berikut.

  1. Berterima kasihlah kepada mereka karena telah mendengarkan. Ada ratusan ribu podcast di luar sana, dan mereka telah memilih untuk mendengarkan podcast Anda.
  2. Arahkan mereka ke catatan yang ditampilkan di situs web Anda untuk tautan ke semua yang disebutkan dalam episode ini.
  3. Jika memungkinkan, tawarkan mereka teaser tentang apa yang tersedia di episode berikutnya.
  4. Kirim mereka ke SATU tempat --situs web Anda. Tidak ada gunanya membaca alamat email Anda, akun Twitter, halaman Patreon, URL Facebook, jika Anda dapat memiliki tautan yang jelas ke semua ini di situs Anda.

Sertakan 'Ajakan Bertindak' (CTA). 

Ini adalah kesempatan Anda untuk meminta imbalan. Anda hanya boleh melakukan satu CTA per episode. 

Jika Anda memberi seseorang terlalu banyak untuk dilakukan, kemungkinan besar mereka tidak akan melakukannya, jadi pilih saja satu dan perjelas. Anda mungkin ingin meminta pendengar Anda untuk…

  • Berlangganan podcast
  • Bagikan podcast, atau beri tahu teman tentangnya
  • Beri peringkat / ulas podcast
  • Daftar ke daftar email Anda, atau unduh e-book Anda
  • Beli tiket untuk acara atau konferensi Anda

Bagaimana dengan Intro & Outro Podcast yang Direkam?

Beberapa podcast menggunakan intro dan outro yang telah direkam sebelumnya. Ini dapat dibuat oleh pembawa acara, atau direkam dan diproduksi untuk mendapatkan bakat dari artis pengisi suara profesional.

Elemen yang telah direkam sebelumnya dapat menawarkan lapisan cat tambahan, tetapi elemen tersebut harus selalu sesingkat mungkin. 

Jika Anda memutar klip berdurasi 3 menit yang sama persis di awal setiap episode, pendengar akan cepat bosan. Anda hanya akan melatih mereka untuk menekan tombol lewati ke depan.

Demikian juga, jika Anda menutup dengan rekaman outro panjang yang sama, pendengar Anda akan mematikannya sebelum akhir.

Jika Anda membuat intro dan outro podcast yang memanfaatkan banyak tip yang diberikan dalam artikel ini, cobalah untuk membuatnya berdurasi 30 detik atau kurang.

10 Skrip untuk Podcast Outro 

Jika Anda kesulitan menulis skrip untuk outro podcast Anda, berikut ini beberapa contoh skrip untuk outro. 

  • Terima kasih telah mendengarkan [Nama Podcast Anda]. Podcast ini dipersembahkan oleh sponsor kami. Kunjungi kami di [Alamat Website].
  • Anda baru saja mendengarkan Romeltea Podcast dengan pembawa acara Anda, Mike. Berlangganan podcast kami di iTunes atau Google Play. Tonton episode kami berikutnya!
  • Anda telah mencapai akhir episode lain dari Romeltea Podcast. Terhubung dengan kami di romelteamedia.com. Jangan lupa untuk mendaftar ke buletin kami untuk menerima materi gratis kami. Sampai jumpa di episode selanjutnya!
  • Terima kasih telah mendengarkan XXXX Podcast. Pastikan untuk mengunjungi XXXXX.com untuk bergabung dalam percakapan, mengakses catatan acara, dan menemukan konten bonus fantastis kami.
  • Anda telah mendengarkan .. Podcast, acara produksi audio # 1 untuk orang-orang yang ingin meningkatkan keterampilan produksi audio mereka.
  • Terima kasih telah mendengarkan Romeltea Podcast. Untuk sumber daya dan materi gratis, kunjungi romelteamedia.com.
  • Itu episode podcast MRC minggu ini. Jangan lupa untuk bergabung dengan kami minggu depan untuk episode lain. Terima kasih untuk mendengarkan!
  • Episode podcast MRC ini dipersembahkan oleh sponsor kami. Terima kasih telah menonton! Jika Anda menikmati pertunjukan hari ini, kunjungi MRCpodcast.com untuk mendapatkan akses ke sumber daya gratis kami.

Itu dia Cara Membuat Intro dan Outro Podcast: Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup. Soal waktu, sebaiknya tidak mengucapkan "selamat pagi", "selamat siang", "selamat sore", atau "selamat malam", karena kita tidak tahu kapan pendengar mendengarkan podcast kita.

Khususnya podcaster pemula atau di episode pertama, jangan "latah" dengan mengatakan "jumpa lagi dengan saya Dewi di Podcast Suka-Suka", karena kapan pertemuan pertamanya? Wasalam.

Sumber: 

  1. https://www.epodcastproductions.com/blog/podcast-intros-outros-tips
  2. https://www.provoiceguy.net/blog/writing-a-great-podcast-intro-script
  3. https://www.thepodcasthost.com/presenting-your-podcast/podcast-intro-and-outro-tips/
  4. https://producer.musicradiocreative.com/scripts-great-podcast-outro/


Thanks for reading Cara Membuat Intro dan Outro Podcast: Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Cara Membuat Intro dan Outro Podcast: Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.