November 2, 2013

5 Cara Mempengaruhi Publik dalam Public Speaking

By Romeltea | Published: November 2, 2013

5 Cara Mempengaruhi Publik dalam Public Speaking
Ada 5 cara mempengaruhi publik dalam public speaking:

1. Hiburan. Memberikan hiburan bagi publik, bisa berupa humor, anekdot, dan gesture yang bisa menarik perhatian audiens.

2. Berbagi. Membagi informasi dengan mereka, apakah akan dikenang atau cepat terlupakan, tergantung pada relevansi isu yang disampaikan kepada seseorang pendengar dan implementasi isu tersebut.

3. Pengalaman. Memeberikan pengalaman yang menimbulkan motivasi. Pengalaman yang disampaikan tersebut harus bisa  memotivasi orang lain dan benar-benar harus dialami oleh pembaca. Sehingga pembicara yang menyampaikannnya bisa bergairah, yakin dan berkredibilitas agar audiens bisa mendengar, menyaksikan, dan merasakan pesan tersebut.

4. Inspirasi. Memberikan inspirasi, bisa berupa cerita, kata mutiara, atau pemaparan suatu masalah secara mendalam dan mengandung hal baru yang tidak terpikirkan oleh hadirin.

5. Transformasi (melaksanakan perubahan). Pembicara berusaha untuk menyentuh hati para pendengarnya. Ia akan tersambung dengan hadirin sehingga pesan yang ia sampaikan memberikan suatu pengalaman hidup.

Persepsi Public
Persepsi Publik yang positif ibagi menjadi :

  1. Perspektif positif jangka pendek : kemampuan pembicara untuk tampil prima dan positif yang dapat memberikan persepsi selama ia bicara di depan public.
  2. Persepsi positif jangka panjang : konsistensi pembicara untuk secar teratur mempertahankan kualitas presentasinya setiap kali ia tampil di depan publik.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 5 Cara Mempengaruhi Publik dalam Public Speaking

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *