June 28, 2014

Arti Kata Takjil dan Tarawih

By Romeltea | Published: June 28, 2014


Arti Kata Takjil dan Tarawih
Arti Kata Takjil dan Tarawih

DUA kata ini, takjil (ta'jil) dan tarawih (tarwiyah, taraweh) sangat populer dalam bulan Ramadhan. Takjil artinya buka puasa. Tarawih itu shalat sunat setelah Isya --shalat malamnya bulan Ramadhan.

Penulisan yang benar tajil apa takjil? Penulisan yang bakunya sih takjil. Kata ini ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):  takjil /tak·jil/ v Isl mempercepat (dl berbuka puasa).

Arti Kata Takjil

Menurut para ahli bahasa (Arab), asal kata takjil dari bahasa Arab, 'ajjala– yu'ajjiluta’jilan yang berarti "menyegerakan" atau "cepat-cepat".

Dalam konteks puasa Ramadhan, segera berbuka, tidak menunda-nunda buka puasa jika sudah waktunya berbuka. Menyegerakan berbuka termasuk amalan sunah yang berpahala.

"Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, penulisan aslinya adalah ta'jil, pake koma, lalu diadopsi ke dalam bahasa Indonesia dan dibakukan menjadi takjil.

Jangan artikan takjil sebagai makanan-minuman untuk berbuka karena takjil itu kata kerja (verb), yakni bersegera dalam berbuka puasa.

Arti Kata Tarawih

Tarawih juga dari bahasa Arab, tarwihu atau tarwiyah, lalu diadopsi ke dalam bahasa Indonesia menjadi tarawih dan "dikacaukan" pengucapannya oleh lidah kita menjadi taraweh.
KBBI: Tarawih /Ta·ra·wih/ n salat sunah pd malam hari (sesudah Isya, sebelum Subuh) pd bulan Ramadan (bulan puasa);

Menurut para ahli, kata tarawih berasal dari bahasa Arab dan merupakan bentuk jamak dari kata at-tarwiihu yang artinya "penganginan" (proses mengangin-anginkan). Maksudnya, istirahat, santai.

Kata dasar tarawih, masih menurut para ahli, adalah rahah’ santai, istirahat, tidak tergesa-gesa’.

Kata ustadz saya, istilah tarawih menjadi nama lain dari shalat malam (qiyamul lail) Ramadhan atau Qiyamu Ramadhan, yaitu minimal delapan rakaat usai shalat Isya.

Any other opinion or views tentang Arti Kata Takjil dan Tarawih? (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Arti Kata Takjil dan Tarawih

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *