Arti Kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea!

Follow @romel_tea
Arti Kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea!
KATA-kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, sering kita ucapkan atau dengar dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, masa sih? Toh itu kan sama? Ah masa! Oh...! Ih, kamu! Lho... kok gitu? Romel tea... atuh!

Apa artinya kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea? Pengertian kata-kata tersebut bisa kita temukan atau cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Arti kata "sih"
Sih adalah bahasa percakapan. Sih merupakan (1) kata penambah atau penegas dalam kalimat tanya, menyatakan masih bimbang atau belum pasti benar; gerangan: siapa sih yang mengambilnya?; (2) memang; sebenarnya: bagus sih bagus, tetapi harganya selangit. 

Arti kata "kan"
Kalo yang ini singkatan dari kata "bukan" dan/atau "akan".

Mereka tidak mau 'kan? = Mereka tidak mau bukan? 
Ke mana pun kau kan kubawa = ke mana pun engkau akan kubawa

Tapi, bagaimana dengan yang ini: Itu 'kan dosenmu? Nah loh... apa arti kan  di sana?

Arti kata "tuh"
[Maaf, kata tuh tidak ada dalam kamus!] Nggak ada di kamus euy! Mungkin yang benar (baku): tu, tanpa h. Singkatan dari "itu". Tuh kan... apa kata saya! Itu tuh... yang itu...! > Tu kan.... itu tu....!

Arti kata "ah"
Kata seru yang menyatakan perasaan kecewa, menyesal, keheranan, tidak setuju: ah, jangan marah dulu, nanti akan saya terangkan duduk perkaranya; ah, mengapa itu yang kau ambil 

Arti kata "ih"
Kata seru untuk menyatakan heran (kecewa dsb). Ih, saya  gak mau; Jangan gitu ih!

Arti kata "oh"
Kata seru untuk menyatakan rasa kecewa, haru, yakin, dsb. (Bikin contoh sendiri aya ya...! :) )

Arti kata "masa"
Kata untuk menyatakan ketidakpercayaan dan sifatnya retoris: masa, dia sudah pergi?

Arti kata "dong"
Kata yang dipakai di belakang kata atau kalimat untuk pemanis atau pelembut maksud: kalau bukan kamu, siapa dong yg harus membiayai adikmu? 

Arti kata "toh"
Kata afektif sebagai penguat maksud: walaupun begitu, Tuan toh harus hadir; biarpun ia tidak bekerja, gajinya toh dibayar juga 

Arti kata "lho"
[Maaf, kata lho tidak ada dalam kamus!]

Arti kata "loh"
Papan bertulis.  Nah loh....?!

Arti kata "kok"
(1) cak kata yangg digunakan untuk menekankan atau menguatkan maksud: bukan aku kok yang menyuruh; (2) mengapa; kenapa: kok dia tidak datang? 

Apa kata "Tea" (Sunda)
Apa artinya Romeltea atau Romel tea = Romel + Tea?
Saya cek kata "tea" di Kamus Bahasa Sunda. Hasilnya:

tea (Indonesia): [Maaf, kata tidak ditemukan].
tea (Sunda): téa menunjuk kepada sesuatu yang sudah diketahui

Jadi, Romel tea artinya "Romel yang itu", "The Romel", atau "Ar-Romel" kalo dalam bahasa Arab (isim ma'rifat, nama yang sudah diketahui). Romel saja = bisa Romel mana saja. Kalo "Romel tea", maka artinya "Romel yang itu", yakni Asep Syamsul M. Romli.

Romel is taken from my last name Romli. Ditambahin kata "tea" sejak menjadi penyiar radio (2000) untuk menegaskan bahwa saya urang Sunda. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Thanks for reading Arti Kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea! | Tags: | Follow @Romeltea on Twitter

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

5 komentar on Arti Kata Sih, Toh, Kan, Ah, Oh, Ih, Lho, Masa, Tea!

  1. Paling unik yang terakhir.. Pantes guru saya yang orang Sunda suka bilang "tea". Ternyata begitu artinya...

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut ku kata "lho" sebagi penekanan kata untuk mencoba meyakinkan seseorang.
    Ex :
    Iya lho, nanti kamu sakit lho.

    Atau mengungkapkan perasaan kebingungan
    Ex : lho? Kok gitu ..

    Hahahah hanya .. Itu opiniku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya Lho = Loh? yg membuat meyakinkan dari tanda serunya.
      Iya loh! nanti kamu sakit loh! ada tanda seru.
      Loh? kok gitu?

      Delete
  3. Kuring menyakiti sareng haté ngejat mun aya dina masalah anu ageung lumangsung dina perkawinan abdi tujuh bulan ka tukang, di antara kuring jeung salaki kuring. jadi pikasieuneun pisan yén anjeunna nyandak hal ieu ka pangadilan pikeun cerai. anjeunna nyarios yén anjeunna moal resep deui sareng abdi, sareng anjeunna moal bogoh ka abdi deui. Anjeunna anjeunna dipak kaluar-bumi sareng ngajantenkeun abdi sareng murangkalih abdi ngaliwat nyeri parna. Abdi nyobian sadaya cara anu tiasa waé pikeun nyayogikeun deui, teras nyuhunkeun, tapi sadaya teu ngeakeun.in anjeunna parantos nyarios yén anjeunna parantos nyieun kaputusan, sarta anjeunna henteu pernah hoyong ningali kuring deui. Janten dina hiji sore, nalika abdi ucing deui tina pagawean, abdi pendak sareng sobat guna anu sanés nanyakeun ka salaki kuring. Ku kituna abdi ngécéskeun unggal hal manéhna, jadi anjeunna ka kuring yén hiji-hijina cara anu tiasa nampi ku salaki deui, nyaeta ngadatangan caster mantra, sabab estu digawé pikeun anjeunna teuing.So abdi pernah percanten ngeja, tapi abdi teu boga pilihan sejen, ti turutan nasihat-Na. Lajeng anjeunna masihan abdi Email alamat tina mantra mantra anu ngadina. Janten isuk-isuk anu sanés, abdi ngirimkeun surat kana alamat anu anjeunna masihan ka abdi, sareng mantra mantra ngajénkeun yén abdi bakal nampi salaki kuring dina poé saterusna. Naon hiji pernyataan endah pisan !! Kuring pernah percaya, ku kituna anjeunna nyarios sareng abdi, sareng ka abdi sadayana anu kedah abdi lakukeun. Mukang isuk-isuk isuk-isuk, surprta héran, salaki kuring anu henteu nyambung kuring kanggo 7 bulan terakhir, masihan kuring telepon pikeun nginpokeun ka kuring yén anjeunna nuju balik. Jadi Endah pisan Ku kituna ieu pisan kumaha anjeunna parantos sumping deui dina dinten anu sami, kalayan seueur kaasih sareng kabagjaan, sarta hapunten hapana, sareng ka nyeri anu anjeunna disababkeun abdi sareng barudak urang. Lajeng ti dinten éta, hubungan kami ayeuna leuwih kuat batan kumaha sateuacanna, ku bantuan Dr. WEALTHY. Ku kituna, abdi bakal saran anjeun kaluar upami anjeun ngagaduhan masalah ngahubungan anjeunna, abdi masihan abdi 100% jaminan anu anjeunna bakal nulungan anjeun .. Surélék anjeunna dina: wealthylovespell@gmail.com, atanapi anjeun Whatsapp anjeunna. + 2348105150446 Hatur nuhun asoooo teuing !!!

    ReplyDelete
  4. Yang bener tuh ( kan ) atau ( 'kan )?

    ReplyDelete

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.