October 10, 2014

Jurnalistik Praktis untuk Pemula

By Romeltea | Published: October 10, 2014

Jurnalistik Praktis untuk Pemula
Jurnalistik Praktis untuk Pemula adalah buku pertama saya tentang jurnalistik. Diterbitkan Rosdakarya Bandung.

Jurnalistik Praktis untuk Pemula lumayan laris hingga cetak ulang 6-7 kali (setahu saya, soalnya penerbitnya gak ngasih kabar perkembangan terbaru, juga royaltinya entah ke mana :)

Setahu saya banyak mahasiswa komunikasi/jurnalistik membeli, memiliki, atau membaca buku ini.

Isi buku ini merupakan pedoman praktis membuat berita, artikel, feature, juga ada lampiran tentang jurnalistik Islami yang kemudian dikembangkan menjadi buku tersendiri: Jurnalistik Dakwah.

Jurnalistik Praktis untuk Pemula
Buku Jurnalistik Praktis untuk pemula fokus pada penulisan berita sebagai produk utama jurnalistik.

Keterampilan utama seorang wartawan adalah penulis berita, meliputi kaidah atau etika pemberitaan, elemen pemberitaan, bahasa jurnalistik, hingga teknis penulisan dengan acuan utama nilai berita (news values) dan unsur utama berita 5W+1H.

Jurnalistik hakikatnya adalah proses pemberitaan atau produksi dan publikasi informasi peristiwa aktual (berita) melalui media massa.

Wartawan atau jurnalis harus mematuhi kaidah, prinsip, dan kode etik jurnalistik dalam pemberitaan, tidak bisa seenaknya. Wartawan adalah "orang yang melaporkan" (jurnalis) peristiwa aktual kepada publik.

Buku ini saya susun berdasarkan pengalaman dan studi literatur seputar dunia jurnalistik. Sangat praktis dan memang untuk pemula. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Jurnalistik Praktis untuk Pemula

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *