February 18, 2015

Top 10 Situs Berita Paling Populer versi Alexa

By Romeltea | Published: February 18, 2015

detik.com kompas.com terpopuler
DETIK.COM masih bertahan di "puncak klasemen" situs berita terpopuler di Indonesia versi situs pemeringkat website dunia, Alexa. Pelopor memang sulit dikalahkan. Portal berita yang resmi didirikan pada 9 Juli 1998 ini termasuk situs berita atau meda online pertama di Indonesia.

Kompas.com berada di posisi kedua, lalu Liputan6, Viva, Merdeka, Tribunnews, Jpnn, Suara, Kapanlagi, dan Tempo di posisi 10. Data per 18 Februari 2015.

Yang menarik, situs berita Suara yang relatif baru mampu merangsek ke Top 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia. Menurut profilnya, situs ini pertama kali terbit pada 11 Maret 2014, menjelang Pemilu 2014. (Salut buat tim IT Suara.com dengan kemampuan SEO-nya!).

Top 10 Situs Berita Paling Populer versi Alexa

1. Detik.com
2.Kompas.com
3. Liputan6.com
4. Viva.co.id
5. Merdeka.com
6. Tribunnews.com
7. Jpnn.com
8. Suara.com
9. Kapanlagi.com
10. Tempo.co

Di luar 10 besar itu ada Republika.co.id di posisi 11, Okezone (12), dan Metrotvnws.com (13). Meski mengklaim sebagai "media online berita dan hiburan No 1 di Indonesia" dalam Meta Deskripsinya, Okezone.com yang gencar dipromosikan MNC Grup (RCTI, Global, MNCTV) ternyata belum mampu menembus posisi 10 besar versi Alexa.

Top 10 Situs Terbanyak Dikunjungi

Secara keseluruhan, hanya Detik.com dan Kompas.com yang masuk 10 besar situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Di posisi pertama ada Google.com yang terus bersaing dengan Facebook.com di posisi 2. Youtube dan Blogspot di posisi berikutnya.

1. Google.com
2. Facebook.com
3.Youtube.com
4. Blogspot.com
5. Yahoo.com
6. Google.co.id
7. Kaskus.co.id
8. Detik.com
9. Wordpress.com
10. Kompas.com

Ngapain saya "iseng" menyusun posting Top 10 Situs Berita Paling Populer versi Alexa ini? Pengen tau aja, situs mana yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia, minimal buat referensi kalo ada yang tanya: situs berita atau media online paling populer di kita apa ya Kang?

Top 10 Situs Berita Paling Populer versi Alexa tentu saja tidak berarti "terbaik", terutama dari sisi konten dan/atau kualitas berita. Banyak lho media online yang memburu trafik pengunjung dengan menjadi "koran kuning" (yellow papers). Baca deh: Banyak Media Online Jadi Koran Kuning.

alexa rank romelteamediaDi dunia media online, salah satu faktor penentu popularitas adalah Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) dengan tiga pilar utama: konten, link, dan sosial media, selain faktor promosi off line.

Peringkat Romelteamedia
Bagaimana dengan peringkat romelteamedia.com? Data Alexa per 18 Februari 2015 menunjukkan, Global Rank-nya "masih guede": 202,167 dan Rank in Indonesia: 4,598. Lumayan lah.... Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Top 10 Situs Berita Paling Populer versi Alexa

Contact Form

Name

Email *

Message *