October 12, 2015

Cara Menulis Artikel: Mulai dengan Baca!

By Romeltea | Published: October 12, 2015

Cara Menulis Artikel: Mulai dengan Baca!
BAGAIMANA cara menulis artikel? Pertanyaan "umum" yang sering kita dengar. Jika pertanyaan soal teknik menulis itu diajukan ke saya, maka jawabnya: menulis saja (just write), namun sebelumnya membaca dulu!

Membaca? Ya.. membaca! Baca dulu, baru nulis. Makin banyak baca, kian banyak pula data dan referensi di kepala sebagai bahan tulisan. Pengembangannya dengan opini pribadi karena artikel adalah tulisan berisi opini subjektif penulis tentang suatu masalah atau peristiwa.

Nulis apa? Baca apa? Tulislah yang kita kuasai, kita sukai. Jangan paksakan menulis jika tidak ada yang mau disampaikan ke pembaca.

"You don't write because you want to say something, you write because you have something to say," kata F. Scott Fitzgerald seperti dikutip BrainyQuote.com.

Dalam kalimat lain, "Write because you have something that somebody really wants to read."  Kita menulis karena punya sesuatu yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Nah, "sesuatu" itu harus "dipancing" dengan membaca. Makin banyak baca, akan kian banyak "sesuatu" yang ingin disampaikan itu.

Jadi, sebelum menulis, bacalah! Iqro! Anda akan "mandeg" saat menulis, mungkin di alinea pertama sudah "finished", jika tidak banyak baca referensi. Ide dikembangkan dengan perbanyak data, referensi, alias baca!

Menulis, untuk Apa?
Ilmu itu harus diikat dengan tulisan. Maka, bacalah, lalu tulislah! Tuliskan hasil bacaan itu dengan kata-kata sendiri, sebagai bukti pemahaman, sekaligus berbagi dengan orang lain. Jika harus mengutip, sebutkan sumbernya.

Kutipan berikut ini merupakan favorit saya saat memberikan motivasi dan inspirasi menulis di kelas ataupun saat pelatihan.

  • "Ikatlah ilmu dengan tulisan" “Qoyyidul ‘ilma bilkitabi”. (HR. Thabrani dan Hakim). 
  •  "Ikatlah ilmu dengan menuliskannya” (Ali bin Abi Thalib)
  • “Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”. (Imam Al-Ghazali). 
  • "Pengetahuan ibarat binatang buruan. Yang harus diikat dengan dicatat. Lekas ikat erat-erat. Satu kebodohan, berburu rusa di hutan. Setelah dapat dilepaskan" (Imam Syafi’i)
  • "Membaca tanpa menulis, ibarat memiliki harta dibiarkan menumpuk tanpa dimanfaatkan. Menulis tanpa membaca, ibarat mengeduk air dari sumur kering. Tidak membaca dan juga tidak menulis, ibarat orang tak berharta jatuh ke dalam sumur penuh air.” (Gordon Smith)

Let's Start! Go Blogging!
Just Write!
"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”. (J.K. Rowling). Selamat menulis! (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Menulis Artikel: Mulai dengan Baca!

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *