Pengertian & Perbedaan Pembawa Acara, MC, Protokol, Protokoler

Follow @romel_tea
SETIAP acara membutuhkan pemandu acara , pembawa acara, master of ceremony (MC, emcee, emsi), protokol, dan protokoler.

mc pembawa acara

Mari kita lihat pengertiannya secara bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  1. Pemandu Acara artinya adalah orang yang memandu atau memimpin acara
  2. Pembawa Acara = pengacara; pewara. Pewara artinya adalah pembawa acara dalam suatu upacara, pertemuan, dan sebagainya.
  3. Protokol artinya adalah peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara dan sebagainya; tata cara (upacara dan sebagainya) yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik; orang yang bertugas mengatur jalannya upacara; aturan yang mengatur peraturan pesan dalam jejaring komunikasi atau antara dua atau lebih peranti.
  4. Protokolèr artinya hal-hal yang berhubungan (berkaitan) dengan protokol; bersifat keprotokolan.
MC, Emcee, atau Emsi belum masik atau tidak ada di KBBI. 

Dalam bahasa Inggris, menurut Merriam-Webster, MC artinya "orang yang bertindak sebagai "tuan rumah" (host) di acara formal atau program hiburan (seperti di televisi).

Dari pengertian di atas, maka Pemandu Acara, Pembawa Acara, dan MC memiliki pengertian yang sama. Istilah yang paling umum digunakan adalah Pembawa Acara (PA) dan MC.

Perbedaan Pembawa Acara dan MC

PA dan MC sama-sama pemandu atau pembawa acara.

Bedanya, istilah PA lazim digunakan untuk acara formal yang melibatkan protokol dan protokoler, sedangkan MC “hanya” digunakan untuk menyebut pembawa acara dalam kegiatan non-formal (tidak resmi), seperti acara hiburan, konser musik, perayaan ulang tahun, dan acara tidak resmi lainnya.

Istilah untik pembawa acara di radio dan televisi lain lagi.

  • Pembawa acara radio disebut “penyiar” (Inggris: radio announcer, radio host, radio presenter, radio DJ). 
  • Pembaca acara televisi disebut “presenter” (arti harfiyahnya: “penyaji”).

Ada juga orang yang bertugas menjadi pemandu jalannya pertandingan, misalnya balapan mobil atau motor, yang dalam bahasa disebut “announcer”.

Istilah yang sama (announcer) digunakan untuk menyebut orang yang bertugas “ngomong” di audio land sebuah mal atau ruang pameran –menyambut kedatangan pengunjung, mengumumkan acara, memanggil orang, mengumumkan kehilangan anak, dan sebagainya.

Anggap saja kita sudah paham pengertian dan perbedaan Pembawa Cara dan MC. Kini kita bahasa pengertian dan perbedaan protokoler dan protokol.

Pengertian Protokoler & Protokol

Protokoler adalah tata acara, khususnya acara resmi yang melibatkan pejabat, yaitu pengaturan keseluruhan kegiatan dari awal hingga akhir.

Orang yang bertanggungjawab menangani protokoler dinamakan protokol.

Jadi, protokoler itu konsep atau kegiatan, yakni pengaturan acara. Protokol adalah orang yang melakukannya (pelakunya, subjek).

Ruang Lingkup Protokoler melipui

  1. Tata ruang 
  2. Tata upacara 
  3. Tata tempat 
  4. Tata busana
  5. Tata warkat (surat-menyurat)

Secara formal, protokol dan protokoler datur dalam UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan dan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1987 tentang Protokol.

Dalam kedua UU tersebut, hanya ada istilah PROTOKOL dan KEPROTOKOLAN, tidak ada istilah PROTOKOLER.

Dalam UU No. 8/1987 disebutkan, Protokol adalah serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Dalam UU No. 9/2010 disebutkan, Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.
Jadi, di kedua UU tentang Protokol yang masih berlaku tersebut, protokol dan keprotokolan (protokoler) merupakan dua istilah dengan pengertian yang sama.

Lebih jelas dan lengkap tentang Protokol dan Keprotokolan, silakan klik kedua UU di atas. Lebih jelas tentang MC, silakan klik label Teknik MC. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Buku Panduan MC & Moderator: Kiat Memandu Acara
Dapatkan di nuansa.co

Buku Panduan MC & Moderator: Kiat Memandu Acara

Thanks for reading Pengertian & Perbedaan Pembawa Acara, MC, Protokol, Protokoler | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

0 komentar on Pengertian & Perbedaan Pembawa Acara, MC, Protokol, Protokoler

Post a Comment

Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.